Friday, March 28, 2008

SENI RUPA MODERN


SENI RUPA MODERN

Fungsi Seni Rupa dan Strukturnya
1. Lingkup Seni
Tentang apakah seni itu sampai kini menjadi topik pembicaraan yang masih tetap menarik, dan tidak pernah habis. Seni mencakup pengertian yang sangat luas, masing-masing definisi memiliki tolok ukur yang berbeda. Definisi yang diberikan cenderung menitikberatkan pada sisi teoretis dan filosofis.
Seni bisa diartikan sebagai usaha manusia untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Bentuk-bentuk yang menyenangkan dalam arti bentuk yang dapat membingkai perasaan keindahan dan perasaan keindahan tersebut dapat terpuaskan apabila dapat menangkap harmoni atau satu kesatuan dari bentuk yang disajikan.
Seni dapat pula diartikan sebagai simbol perasaan. Seni merupakan bentuk kreasi simbolis dari perasaan manusia. Bentuk-bentuk simbolis dari transformasi pengalaman dan bukan terjemahan pengalaman melainkan formasi pengalaman emosionalnya yang bukan dari pikirannya semata.
a. Seni dan ekspresi
Memahami Kesenian itu berarti menemukan sesuatu gagasan atau pembatasan yang berlaku untuk menentukan hubungan dengan unsur nilai dalam budaya manusia. Kita harus memastikan diri bahwa tafsiran kita tentang kesenian itu adalah mampu menggambarkan kelengkapan dan keragaman yang ada di dalamnya. Ukuran kesenian itu tidak dapat ditentukan dengan metode apriori, seperti juga tak seorang pun dapat menemukan tujuan hidupnya, lepas dari proses hidup kepada apa yang harus dilakukan.
Perbatasan tentang seni adalah sasaran akhir dan bukan titik pijak, tetapi kita perlu menentukan medan yang harus kita lakukan terhadap hasil pengamatan-pengamatan sementara sebelum menemukan batasan yang mapan. Meskipun karya seni itu merupakan ungkapan, namun sebaliknya bahwa setiap ungkapan bukanlah suatu yang sebenarnya. Ekspresi atau ungkapan estetika itu merupakan cabang psikologi sepanjang yang dipelajari dengan metode objektif.
Teori kesenian dapat berpengaruh baik pada proses cipta, namun bukan berarti bahwa seorang yang memiliki teori kesenian itu mampu mengungkapkan ke dalam karya seni. Tujuan ungkapan seni dibuat dan dinilai untuk dirinya sendiri, untuk keperluan lain, dan kita selalu akrab dengannya, dan kita sengaja membuatnya dan merenunginya. Seni sebagai ekspresi merupakan hasil ungkapan batin seorang seniman yang terjabar ke dalam karya seni lewat medium dan alat.
Dialog karya seni dan penghayatnya sangat dibutuhkan selama kehadiran karya seni masih dibutuhkan oleh manusia. Terjadinya dialog antara seniman, penghayat, dan karya seni, maka seni merupakan ekspresi sekaligus sebagai alat komunikasi.
b. Hubungan antara seni
Ada hubungan di antara semua seni, terjadinya perbedaan di antara semua seni itu sebenarnya hanyalah perbedaan fisik karena adanya perbedaan medium dan material yang digunakan. Perbedaan hubungan di antara semua seni: seni lukis, patung, arsitektur, musik, puisi, fiksi, tari, film, dan lain sebagainya mempunyai masalah yang sama di dalam estetika. Medium merupakan sarana yang dipergunakan untuk menunjang terbentuknya sebuah karya seni.
Di samping perbedaan material, karakter di dalam kesenian secara fisik ditentukan juga wujud media lain yang mendukungnya, yang nantinya akan mempunyai sifat hayati yang berbeda pula. Seni audio adalah sebuah karya hayati yang dapat dirasakan dan dipahami melalui indera pendengaran. Seni visual menunjukkan pada suatu keberadaan yang pasti dan sangat tergantung dari indera penglihatan. Seni audio visual menunjukkan adanya sifat-sifat dalam jenis karya seni yang dapat dirasakan dengan dua indera, yaitu penglihatan dan pendengaran, termasuk dalam hal ini jenis cabang seni pertunjukkan.
c. Seni dan keindahan
Ide terpenting dalam sejarah estetik filsafat sejak jaman yunani kuno sampai abad ke-18 ialah masalah yang berkaitan dengan keindahan. Keindahan dalam arti yang luas, merupakan pengertian semula dari bangsa yunani, yang di dalamnya tercakup pula ide kebaikan. Keindahan dalam arti estetika murni, menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya. Jadi keindahan pada dasarnya adalah sejumlah kualitas pokok tertentu yang terdapat pada sesuatu hal. Kualitas yang paling sering disebut adalah kesatuan (unity), keselarasan (harmony), kesetangkupan (symmetry), keseimbangan (balance), dan perlawanan (contrast).

d. Nilai estetis
Istilah dan pengertian keindahan tidak lagi mempunyai tempat yang terpenting dalam estetika karena sifatnya yang bermakna ganda untuk menyebut pelbagai hal, bersifat longgar untuk dimuati macam-macam ciri dan juga subyektif untuk menyatakan penilaian pribadi terhadap sesuatu yang kebetulan menyenangkan. Teori umum tentang nilai, pengertian tentang keindahan dianggap sebagai salah satu jenis nilai. Dalam bidang filsafat, istilah nilai sering dipakai sebagai suatu kata benda abstrak yang berarti keberhargaan dan kebaikan.
Nilai adalah semata-mata suatu realita psikologis yang harus dibedakan secara tegas dari kegunaan, karena terdapat dalam jiwa manusia dan bukan lada bendanya itu sendiri. Mengenai berbagai ragam dari nilai, ada pendapat yang membedakan antara nilai subyektif dan nilai obyektif. Persoalan tentang kedudukan metafisis dari nilai menyangkut hubungan antara nilai dengan kenyataan atau lebih lanjut antara pengalaman orang mengenai nilai dengan realitas yang tak tergantung pada manusia.
Perkembangan estetika akhir-akhir ini, keindahan tidak hanya dipersamakan artinya dengan nilai estetis seumumnya, melainkan juga dipakai untuk menyebut satu macam atau kelas nilai estetis. Nilai estetis selain terdiri dari keindahan sebagai nilai yang positif kini dianggap pula meliputi nilai yang negatif. Estetika kadang-kadang dirumuskan pula sebagai cabang filsafat yang berhubungan dengan teori keindahan.
Filsuf seni dewasa ini menjawab bahwa nilai estetis itu tercipta dengan terpenuhinya asas-asas tertentu mengenai bentuk pada sesuatu benda (khususnya karya seni yang diciptakan oleh seseorang). Estetika berasal dari kata Yunani Aesthesis, yang berarti perasaan atau sensitivitas. Hampir semua kesalahan kita tentang konsepsi seni ditimbulkan karena kurang tertibnya menggunakan kata-kata seni dan keindahan.
Keindahan pada umumnya ditentukan sebagai sesuatu yang memberikan kesenangan atas spiritual batin kita. Semakin banyaknya kita mendefinisikan cita rasa keindahan, hal itu tetaplah teoretis, namun setidaknya kita akan dapat melihat basis aktivitas artistik (estetika elementer). Tingkatan basis aktivitas estetik atau artistik:
- tingkatan pertama: pengamatan terhadap kualitas material, warna, suara, gerak sikap dan banyak lagi, sesuai dengan jenis seni serta reaksi fisik lain.
- Tingkatan kedua: penyusunan dan pengorganisasian hasil pengamatan, pengorganisasian tersebut merupakan konfigurasi dari struktur bentuk-bentuk pada yang menyenangkan, dengan pertimbangan harmoni, kontras, balance, unity yang selaras atau merupakan kesatuan yang utuh. Tingkat ini sudah dapat dikatakan dapat terpenuhi. Namun ada satu tingkat lagi.
- Tingkatan ketiga: susunan hasil persepsi (pengamatan). Pengamatan juga dihubungkan dengan perasaan atau emosi, yang merupakan hasil interaksi antara persepsi memori dengan persepsi visual. Tingkatan ketiga ini tergantung dari tingkat kepekaan penghayat.
Setiap manusia mempunyai tingkat pemahaman yang berbeda tergantung relativitas pemahaman yang dimiliki. Pemahaman estetika seni dalam pelaksanaannya merupakan apresiasi seni. Penghayat yang merasa puas setelah menghayati karya seni, maka penghayat tersebut dapat dikatakan memperoleh kepuasan estetik. Penghayat yang sedang memahami karya sajian, maka sebenarnya ia harus terlebih dahulu mengenal struktur organisasi atau dasar-dasar dari susunan dasar seni rupa, mengenal tentang garis, shape, warna, tekstur, volume, ruang dan waktu.
e. Seniman, karya seni, dan penghayat
Seniman, karya seni dan penghayat merupakan tiga komponen utama pendukung kehidupan seni. Pementasan atau penyajian atau pameran seni merupakan salah satu bentuk aktivitas yang memungkinkan terjadinya interaksi tiga komponen tersebut dalam menembus keterbatasan.
f. Penghayat seni
Penghayat seni adalah penghayat makna pengalaman kehidupan batiniah yang sadar akan ragam kemungkinan bentuk estetis, yang sanggup mewadahi dan memacu terciptanya beragam makna dengan nilai-nilainya. Penghayat seni yang baik akan selalu haus dengan ragam pengalaman estetik yang sanggup menggugah gairah kehidupan manusiawi dengan ragam kekayaan pengalaman batin yang mendalam.
g. Seniman
Ada dua pengertian arti seniman. Seniman diartikan sebagai nama profesi seseorang dalam menciptakan atau menyusun bentuk karya seni. Seniman juga dapat diartikan sebagai manusia yang mengalami proses kreativitas atau proses imajinasi, yaitu proses interaksi antara persepsi memori dan persepsi luar. Sehingga dalam hal ini, seniman di samping sebagai pencipta atau penyusun bentuk karya seni, juga sekaligus sebagai penghayat.
h. Hubungan seni dan alam
Alam dapat dikatakan sebagai pewujudan kasat mata, namun sesungguhnya ada hubungan yang tak terpisahkan antara manusia dengan lingkungan alam. Apabila seni merupakan duplikat bentuk luar dari alam, maka imitasi yang paling dekat merupakan pelukisan yang paling memuaskan. Seniman tidak bermaksud untuk menggambarkan perwujudan yang kasat mata, melainkan ingin menceritakan tentangnya.
i. Hubungan seni dan masyarakat
Seni dan masyarakat merupakan dua konsep yang masing-masing punya masalah dan punya kepentingan sendiri, walaupun di antara keduanya terdapat hubungan yang tak dapat dipisahkan. Plato, filsuf yang terkenal dengan sebutan dewa estetika, mengatakan bahwa seni dan masyarakat merupakan hubungan yang tak terpisahkan, seni integral dengan masyarakatnya, satu konsep yang tidak terpisahkan, baik seni dan masyarakat terwujud di antaranya hubungan tak terpisahkan antara manusia dan lingkungannya.
Masyarakat dan seni memang berbeda dalam pengertiannya, tetapi sebenarnya keduanya memiliki interaksi psikis. Sekelompok seniman adalah sekelompok pemikir dan idea dengan berbagai manifestasinya yang mengarah ke bagian yang lebih dalam.
2. Seni dan seni rupa
Karya seni lahir dari seniman yang kreatif, artinya seniman selalu berusaha meningkatkan sensibilitas dan persepsi terhadap dinamika kehidupan masyarakat.
a. Subject matter
Subject matter atau tema pokok ialah rangsang cipta seniman dalam usahanya untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Adakalanya seorang seniman mengambil alam sebagai obyek karyanya, tetapi karena adanya pengolahan dalam diri seniman tersebut maka tidaklah mengherankan apabila bentuk (wujud) terakhir dari karya ciptaannya akan berbeda dengan obyek semula.



b. Bentuk
Pada dasarnya apa yang dimaksud dengan bentuk (form) adalah totalitas dari pada karya seni. Bentuk fisik sebuah karya dapat diartikan sebagai konkritisasi dari subject matter tersebut.
c. Isi atau makna
Isi atau arti sebenarnya adalah bentuk psikis dari seorang penghayat yang baik. Seorang seniman pencipta adalah penghayat yang pertama yang punya bentuk psikis di dalam dunia idenya yang berhak atas karyanya dalam mengubah atau menambah.
d. Fungsi seni
Keberadaan karya seni secara teoretis mempunyai tiga macam fungsi, yaitu: fungsi personal, fungsi sosial, dan fungsi fisik.
- Fungsi personal
Manusia dikenal sebagai makhluk sosial sekaligus sebagai makhluk individu. Dikatakan makhluk individu karena setiap manusia mempunyai eksistensi pribadi yang tidak dapat dimiliki oleh manusia lain. Manusia sebagai subyek yang terikat oleh datu budaya, maka dibutuhkan alat komunikasi dengan subyek lain dengan sebuah media atau bahasa. Karya seni sebagai perwujudan perasaan dan emosi mereka adalah salah satu dari pengertian bahasa atau media.
- Fungsi sosial
Manusia sebagai makhluk sosial, maka manusia di samping mempunyai tanggung jawab atas dirinya ia terikat pula oleh lingkungan sosialnya. Semua karya seni yang berkaitan dengannya akan juga berfungsi sosial, karena karya seni diciptakan untuk penghayat. Pengertian fungsi seni sebagai fungsi sosial merupakan kecenderungan atau usaha untuk mempengaruhi tingkah laku terhadap kelompok manusia
- Fungsi fisik
Fungsi fisik yang dimaksud adalah kreasi yang secara fisik dapat digunakan untuk kebutuhan praktis sehari-hari. Seni bangunan, furnitur, dekorasi, busana, aksesori, dan segala macam perabot rumah tangga serta hampir semua perabot atau alat yang dibutuhkan manusia, dibuat lewat rencana (desain) yang berorientasi pada guna dan estetika.

e. Fungsi seni rupa
Seni rupa ditinjau dari segi fungsi terhadap masyarakat atau kebutuhan manusia, seni rupa secara teoretis dibagi menjadi dua kelompok, yaitu seni murni (fine art) dan seni terapan (applied art). Seni murni (fine art) adalah kelompok karya seni rupa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan spiritual. Seni terapan (applied art) yaitu kelompok karya seni rupa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan praktis atau memenuhi kebutuhan sehari-hari secara materiil.
- Seni lukis
Seni lukis dapat dikatakan sebagai suatu ungkapan pengalaman estetik seseorang yang dituangkan dalam bidang dua dimensi (dua matra), dengan menggunakan medium rupa, yaitu garis, warna, tekstur, shape, dan sebagainya. Pada mulanya seni gambar merupakan karya ilustrasi, yaitu untuk menerangkan atau memberi keterangan terhadap orang lain atau lebih tepat sebagai gambar keterangan. Di sisi lain menggambar merupakan medium untuk mencapai simbol figuratif dalam pencapaian bentuk seni lukis.
- Seni patung
Seni patung mempunyai masalah yang sama seperti halnya seni lukis. Seni patung merupakan seni murni sejauh ia tidak melibatkan diri pada pertimbangan untuk kebutuhan terapan. Seni patung yang cenderung mempertimbangkan nilai guna atau nilai terapan, adalah seperti yang kita lihat pada bentuk arca yang terdapat pada candi-candi atau rumah-rumah pemujaan.
- Seni grafis
Seni grafis pada dasarnya menitikberatkan pada teknik cetak mencetak, sebagai usaha untuk dapat memperbanyak atau melipatgandakan sesuatu, baik gambar atau tulisan dengan cara tertentu pula. Kalau seni grafis terapan sangat berkepentingan dengan fungsi guna, maka seni grafis murni tidak. Seni grafis murni sama dengan seni murni lainnya seperti seni lukis dan
- Seni arsitektur
Seni arsitektur sebagai seni terapan merupakan karya seni pakai yang paling serius dan kompleks permasalahannya, mengingat arsitektur merupakan karya monumental karena tidak setiap saat dapat diubah seperti mengubah rumah salju. Seorang arsitek tidak lepas perhatiannya dari kaidah-kaidah estetis atau keindahan bangunannya. Oleh karena bangunan itu merupakan satu karya tiga dimensional, maka arsitek selalu memperhitungkan apakah bentuk bangunannya sudah cukup indah bila dipandang dari berbagai arah, bagaimana komposisi ruangan dalamnya, mobilisasinya.
3. Struktur seni rupa
Seni rupa sebagai salah satu cabang kesenian memiliki peranan yang cukup penting di dalam kehidupan manusia. Seni rupa merupakan salah satu kesenian yang mengacu pada bentuk visual atau sering disebut bentuk perupaan, yang merupakan susunan atau komposisi atau satu kesatuan dari unsur-unsur rupa.
a. Unsur-unsur rupa (unsur desain)
- Garis
Sementara kata orang, bahwa garis merupakan dua titik yang dihubungkan. Barangkali memang betul bahwa garis merupakan medium yang paling sederhana, sebagai pencapaian yang paling ekonomis dibanding dengan medium lain. Garis mempunyai peranan sebagai garis, yang kehadirannya sekedar untuk memberi tanda dari bentuk logis, seperti yang terdapat pada ilmu-ilmu eksakta atau pasti. Garis di samping memiliki peranan juga mempunyai sifat formal dan non formal, misalnya garis-garis geometrik yang bersifat formal, beraturan dan resmi.
- Shape (bangun)
Shape adalah suatu bidang kecil yang terjadi karena dibatasi oleh sebuah kontur (garis) dan atau dibatasi oleh adanya warna yang berbeda atau oleh gelap terang pada arsiran atau karena adanya tekstur. Shape (bidang) yang terjadi: shape yang menyerupai wujud alam (figur), dan shape yang tidak sama sekali menyerupai wujud alam (non figur).
- Texture (rasa permukaan bahan)
Texture (tekstur) adalah unsur rupa yang menunjukkan rasa permukaan bahan, yang sengaja dibuat dan dihadirkan dalam susunan untuk mencapai bentuk rupa, sebagai usaha untuk memberikan rasa tertentu pada permukaan bidang pada perwajahan bentuk pada karya seni rupa secara nyata atau semu.



-Warna
Warna sebagai salah satu elemen atau medium seni rupa, merupakan unsur susun yang sangat penting, baik di bidang seni murni maupun seni terapan. Warna sebagai warna: kehadiran warna tersebut sekedar untuk memberi tanda pada suatu benda atau barang, atau hanya untuk membedakan ciri benda satu dengan lainnya tanpa maksud tertentu dan tidak memberikan pretensi apapun. Warna sebagai representasi alam: kehadiran warna merupakan penggambaran sifat obyek secara nyata, atau penggambaran dari suatu obyek alam sesuai dengan apa yang dilihatnya. Warna sebagai tanda atau lambang atau simbol: kehadiran warna merupakan lambang atau melambangkan sesuatu yang merupakan tradisi atau pola umum.
b. Dasar-dasar penyusunan (prinsip desain)
Penyusunan atau komposisi dari unsur-unsur estetik merupakan prinsip pengorganisasian unsur dalam desain.
- Harmoni (selaras)
Harmoni atau selaras merupakan paduan unsur-unsur yang berbeda dekat. Jika unsur-unsur estetika dipadu secara berdampingan maka akan timbul kombinasi tertentu dan timbul keserasian (harmoni).
- Kontras
Kontras merupakan paduan unsur-unsur yang berbeda tajam. Kontras merangsang minat, kontras menghidupkan desain, kontras merupakan bumbu komposisi dalam pencapaian bentuk.
- Repetisi (irama)
Repetisi merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Repetisi atau ulang merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang dan waktu, maka sifat paduannya bersifat satu matra yang dapat diukur dengan interval ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama.
-Gradasi
Gradasi merupakan satu sistem paduan dari laras menuju kontras, dengan meningkatkan masa dari unsur yang dihadirkan. Gradasi merupakan paduan dari interval kecil ke interval besar, yang dilakukan dengan penambahan atau pengurangan secara laras dan bertahap.
c. Hukum penyusunan (azas desain)
- Kesatuan (unity)
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Kesatuan merupakan efek yang dicapai dalam suatu susunan atau komposisi di antara hubungan unsur pendukung karya, sehingga secara keseluruhan menampilkan kesan tanggapan secara utuh.
- Keseimbangan (balance)
Keseimbangan dalam penyusunan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual ataupun secara intensitas kekaryaan. Keseimbangan formal adalah keseimbangan pada dua pihak berlawanan dari satu poros. Keseimbangan informal adalah keseimbangan sebelah menyebelah dari susunan unsur yang menggunakan prinsip susunan ketidaksamaan atau kontras dan selalu asimetris.
- Simplicity (kesederhanaan)
Kesederhanaan dalam desain, pada dasarnya adalah kesederhanaan selektif dan kecermatan pengelompokan unsur-unsur artistik dalam desain. Ada tiga aspek kesederhanaan, yaitu kesederhanaan unsur, kesederhanaan struktur, dan kesederhanaan teknik.
- Emphasis (aksentuasi)
Desain yang baik mempunyai titik berat untuk menarik perhatian. Perulangan unsur desain dan perulangan warna dapat memberi penekanan pada unsur tersebut. Aksentuasi melalui susunan: tata letak dari unsur visual dengan benda-benda lain yang diatur sedemikian rupa sehingga mengarahkan pandangan orang ke tempat atau obyek yang menjadi pusat perhatian.
d. Proporsi
Proporsi dan skala mengacu kepada hubungan antara bagian dari suatu desain dan hubungan antara bagian dengan keseluruhan. Warna, tekstur, dan garis memainkan peranan penting dalam menentukan proporsi. Proporsi tergantung kepada tipe dan besarnya bidang, warna garis dan tekstur dalam beberapa area.


4. Seni Lukis Indonesia
a. Masa perintisan (1807-1880)
Hadirnya kesenian dalam masyarakat Indonesia sekarang ini, seniman dalam kedudukannya sebagai pembentuk gaya dalam penciptaan karya seni, tercermin citra budaya serta corak kepribadian bangsa. Setiap situasi, ruang, dan waktu akan memberikan pengaruh penciptaan karya para seniman pada zamannya. R Saleh Syarif Bustaman (1807-1880), dinyatakan sebagai perintis perjalanan seni lukis modern Indonesia, karena ia telah menanamkan tonggak pertama perjalanan seni lukis Indonesia. Corak dan gaya lukisan R Saleh menggambarkan wajah manusia dan simbol-simbol dalam kehidupan dengan gaya naturalis yang berjiwa romantis, atau dengan kata lain naturalisme romantis.
b. Masa hindia jelita (1908-1937)
Masa hindia jelita atau masa hindia indah atau mooi indie atau apapun namanya, masa itu merupakan masa yang menonjolkan sesuatu sifat yang diakibatkan sebagai suatu cara melihat dan memandang dunia sekelilingnya dari aspek visualnya. Para seniman pada masa ini memandang gejala sekelilingnya dari sudutnya yang molek, cantik, indah, permai dalam memuja alam Indonesia, terutama gunungnya, laut, sawah, bunga-bunga, manusia terutama gadis-gadis Indonesia yang cantik. Ciri khas dalam perwarnaan karya seniman hindia jelita lebih menyala untuk meraih kejelitaan baik pada pemandangan maupun untuk melukis gadis-gadis dan pemandangan alam yang lain. Tokoh-tokohnya antara lain Abdullah Suryosubroto, Basuki Abdullah, Wakidi, Pirngadi, Ernest Dezentye, dan lainnya.
c. Masa persagi dan revolusi (1937-1950)
Lahirnya Persatuan Ahli Gambar Indonesia (Persagi) pada tahun 1937 sebenarnya merupakan mata rantai dari lahirnya Budi Utomo (1908), Pendidikan Taman Nasional (1922), Sumpah Pemuda (1928), serta Pujangga Baru yang bercita-cita tentang sastra Indonesia. Persagi merupakan salah satu perkumpulan yang merintis kesatuan pelukis-pelukis Indonesia untuk bekerja sama guna melahirkan “corak persatuan nasional”. Semangat kebangsaan yang tumbuh dalam seni lukis, berlanjut terus di masa pendudukan Jepang, baik yang berkelompok dalam Keimin Bunka Shidosho maupun bagian seni rupa dari badan Pusat Tenaga Rakyat (1942-1945). Munculnya beberapa sanggar seni rupa di Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan, muncullah karya-karya yang bertemakan perjuangan sebagai ekspresi semangat perjuangan dalam menghadapi perang mempertahankan kemerdekaan.
d. Periode kekinian
- Lahirnya akademi (seputar tahun 1950)
Modernisasi dalam bidang kesenian merupakan pencerminan dari usaha-usaha pembaharuan, pencarian kemungkinan-kemungkinan baru pengkayaan media ekspresi, dan penjelajahan wawasan kesenian. Aspirasi dan pemikiran tersebut melahirkan gagasan untuk mendirikan sekolah-sekolah seni. Seputar tahun 1950 lahirlah beberapa sekolah tinggi seni rupa di Indonesia. Berbeda dengan pembinaan di sanggar-sanggar, pembinaan pada sekolah tinggi seni rupa lebih metodis dan ilmiah.
- Pengaruh pergolakan politik seputar 1965
Masa ini meliputi kurun waktu sekitar tahun enam puluhan, hingga runtuhnya orde lama pada tahun 1966. benturan pandangan politik yang dijelmakan dalam kegiatan partai politik, mencuat secara berlebihan dan merembes ke dalam kreativitas seni, sampai pertengkaran dan perdebatan politik aktual menjadi pertengkaran seni, bahkan dengan pengerahan massa. Eksistensi seniman terpecah belah, kreativitas terlena dalam kepentingan politik dan bukan lagi merupakan kepentingan pribadinya sebagai seniman.
- Masa sesudah tahun 1965
Masa ini meliputi kurun waktu setelah lahirnya orde baru di Indonesia pada tahun 1966. kebebasan kreativitas melonjak ke depan meninggalkan penggemarnya. Ada dua masa yang perlu dicatat dalam kurun waktu terakhir ini, yaitu “Gerakan Seni Rupa Baru” di mana kebebasan kreatif mengalami puncak idealisme. Masa yang kedua adalah masa “Globalisasi Seni Lukis”, yaitu pada saat para seniman dihadapkan pada satu kenyataan ekonomi dunia atau dengan kata lain seniman adalah milik konglomerat.
e. Catatan tentang gerakan seni rupa baru
Ada semacam pertentangan antara kaum seni rupawan yang dianggap perintis, dan seniman pada gerakan seni rupa baru merasa dipagari kreativitasnya. Terdapat dua pola pikiran atau gagasan dalam gerakan seni rupa baru Indonesia. Pola pikiran pertama yang cenderung mencari faktor penyebab mandeknya perkembangan seni rupa Indonesia. Pola pemikiran kedua adalah keinginan untuk menghadirkan pembaharuan, demi perkembangan seni rupa itu sendiri, yang lebih menekankan pada pencarian konsepsi-konsepsi baru dalam berkarya.
f. Catatan tentang boom seni lukis Indonesia
Boom seni lukis Indonesia yang sering dibicarakan pada awal 1990-an, terjadi pada golongan atau rumpun seni lukis tertentu. Seluruh masa itu ditandai oleh peningkatan jumlah lukisan yang diperjualbelikan dan sangat laku. Terbukti ada peningkatan jumlah dan frekuensi pameran, pertumbuhan galeri komersial, pertumbuhan sponsor pameran dan bertambahnya kolektor lukisan.
Saat itu pertumbuhan ekonomi luar biasa, dan di sementara wilayah di Indonesia dibangun gedung-gedung modern dengan pelengkapan yang serba modern pula. Tumbuh kebutuhan akan lukisan untuk mengisi dinding berbagai bangunan, yaitu lukisan yang dapat memenuhi kebutuhan itu. Lukisan harus sesuai dengan estetika ruangan, cita rasa rancangan interior yang berlaku saat itu, serta lukisan yang pantas, yaitu sesuai dengan harga gedung dan ruangan beserta perlengkapannya.
Pada masa ini terdapat unsur pendukung kecuali pelukis, yang merupakan unsur baru yang muncul dan tumbuh bersama boom. Terdapat dua gejala yang timbul pada masa boom seni lukis Indonesia, gejala pertama yaitu gejala kemiskinan seni lukis, pemiskinan dalam ragam atau macam medium dan teknik yang semakin menyusut. Gejala kedua yaitu bahwa boom lukisan merupakan peristiwa kesenian, tetapi juga menjadi mode kaum berduit. Boom sebuah karya seni tidak sepenuhnya diukur dari nilai estetika secara an sich, tetapi dipertimbangkan dengan nilai mata uang dari harga sebuah karya seni.







Daftar Pustaka
Dharsono Sony Kartika, 2004, Seni Rupa Modern, Bandung: Penerbit Rekayasa Sains

1 comment:

Anonymous said...

saya sedang mengambil tugas akhir dan ingin mengangkat tema yang berhubungan dengan mooi-indie. dengan tulisan di atas + info buku referensinya, saya jadi sangat terbantu. saya ucapkan banyak terima kasih untuk bung saptana putra. hehe.


regards,

fauzi.