tokokopi
perpus
jumatan
thiena
pulmakan
perpus
wrgwinwin
perpus
allahakbar
just put any comment on my blog
Program Studi: PGSD / Pendidikan
Semester: 1 Semester (16 Pertemuan)
SKS: 2 SKS
Mata kuliah ini membahas konsep budaya, komunikasi lintas budaya, dinamika interaksi antarbudaya, serta penerapannya dalam konteks pendidikan dasar. Mahasiswa diharapkan mampu memiliki kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam memahami serta mengelola keberagaman budaya.
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar budaya dan elemen-elemennya.
Mahasiswa mampu menganalisis perbedaan budaya, dimensi budaya, dan potensi miskomunikasi.
Mahasiswa mampu menerapkan strategi komunikasi lintas budaya dalam konteks pendidikan.
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terbuka, empatik, dan menghargai keragaman budaya.
CPMK: 1
Sub-CPMK: Menjelaskan definisi budaya, CCU, dan urgensinya.
TP: Mahasiswa dapat mendeskripsikan budaya dan pentingnya CCU dalam konteks pendidikan.
Materi: Konsep budaya, definisi CCU.
Metode: Ceramah interaktif, diskusi.
Penilaian: Partisipasi (observasi).
CPMK: 1
Sub-CPMK: Mengidentifikasi elemen budaya (nilai, norma, kepercayaan, artefak).
TP: Mahasiswa mampu menyebutkan dan memberi contoh elemen budaya.
Materi: Values, beliefs, customs, artifacts.
Metode: Diskusi, mind-mapping.
Penilaian: Tugas ringkas.
CPMK: 2
Sub-CPMK: Menganalisis dimensi budaya.
TP: Mahasiswa dapat membandingkan budaya berdasarkan dimensi Hofstede.
Materi: Individualism–collectivism, power distance, uncertainty avoidance.
Metode: Studi kasus, diskusi kelompok.
Penilaian: Presentasi mini.
CPMK: 2
Sub-CPMK: Membedakan gaya komunikasi high context vs low context.
TP: Mahasiswa dapat memberi contoh perbedaan komunikasi antarbudaya.
Materi: High/low context communication.
Metode: Role-play, diskusi.
Penilaian: Observasi performa role-play.
CPMK: 2 & 4
Sub-CPMK: Menjelaskan identitas budaya serta risiko stereotipe dan prasangka.
TP: Mahasiswa mampu mengkritisi contoh stereotipe.
Materi: Identitas budaya, stereotyping, prejudice.
Metode: Studi kasus, refleksi individu.
Penilaian: Refleksi tertulis.
CPMK: 2
Sub-CPMK: Mengidentifikasi hambatan komunikasi antarbudaya.
TP: Mahasiswa dapat menganalisis penyebab miskomunikasi.
Materi: Ethnocentrism, anxiety, misunderstanding.
Metode: Diskusi, problem-based learning.
Penilaian: Analisis kasus.
CPMK: 3 & 4
Sub-CPMK: Menjelaskan model kompetensi lintas budaya.
TP: Mahasiswa mampu menilai kompetensinya sendiri.
Materi: Model Byram, Deardorff.
Metode: Self-assessment, diskusi kelompok.
Penilaian: Lembar penilaian diri.
Tes tulis / studi kasus.
CPMK: 3
Sub-CPMK: Menganalisis keberagaman budaya di kelas.
TP: Mahasiswa mampu merancang pendekatan pembelajaran sensitif budaya.
Materi: Budaya sekolah, hidden curriculum.
Metode: Diskusi, analisis video.
Penilaian: Tugas desain pembelajaran.
CPMK: 3 & 4
Sub-CPMK: Menerapkan strategi manajemen kelas inklusif.
TP: Mahasiswa dapat memberi solusi untuk konflik budaya di kelas.
Materi: Pendekatan inklusif, diferensiasi.
Metode: Problem-solving, role-play.
Penilaian: Observasi & laporan.
CPMK: 3
Sub-CPMK: Mengidentifikasi dan menyelesaikan konflik lintas budaya.
TP: Mahasiswa mampu merumuskan strategi resolusi konflik.
Materi: Jenis konflik, teknik resolusi.
Metode: Studi kasus, diskusi kelompok.
Penilaian: Analisis kasus tertulis.
CPMK: 2
Sub-CPMK: Menganalisis dampak globalisasi pada perubahan budaya.
TP: Mahasiswa dapat menjelaskan fenomena hybrid culture.
Materi: Global village, cultural hybridization.
Metode: Ceramah, diskusi artikel.
Penilaian: Ringkasan artikel.
CPMK: 3
Sub-CPMK: Menerapkan prinsip CCU di ruang digital.
TP: Mahasiswa memahami risiko miskomunikasi di media sosial.
Materi: Etika digital, misinformasi budaya.
Metode: Diskusi, studi kasus.
Penilaian: Tugas analisis.
CPMK: 2 & 3
Sub-CPMK: Menganalisis fenomena nyata interaksi antarbudaya.
TP: Mahasiswa mampu melakukan evaluasi kritis kasus.
Materi: Film, berita, wawancara.
Metode: Presentasi kelompok.
Penilaian: Rubrik presentasi.
CPMK: 3 & 4
Sub-CPMK: Menyajikan profil budaya dan implikasinya untuk pembelajaran.
TP: Mahasiswa dapat menyusun Cultural Profile Project.
Materi: Proyek akhir.
Metode: Presentasi.
Penilaian: Penilaian proyek + presentasi.
Tes tulis / portofolio.
Jika ingin ditambahkan rubrik penilaian, CPMK-SubCPMK diagram, atau versi format BAN-PT/SIAT kampus, saya bisa lengkapi.