Saturday, October 25, 2025

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) Mata Kuliah: Kewirausahaan

 






RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah: Kewirausahaan
Program Studi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Semester: 4 (empat)
Beban SKS: 3 SKS (2 teori, 1 praktik)
Dosen Pengampu: ————
Prasyarat: Tidak ada


Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dasar kewirausahaan yang relevan dengan profesi guru SD. Mahasiswa diajak untuk memahami konsep, karakter, dan proses berwirausaha secara kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan, termasuk pengembangan produk/jasa berbasis pendidikan. Fokus utamanya adalah menumbuhkan jiwa wirausaha, kreativitas, dan kemampuan mengelola usaha kecil (edupreneurship) di lingkungan sekolah dasar.


Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami konsep dasar kewirausahaan dan peranannya dalam pendidikan dasar.
  2. Menunjukkan sikap dan karakter wirausaha seperti mandiri, kreatif, inovatif, dan berani mengambil risiko.
  3. Merancang ide bisnis berbasis pendidikan (edupreneurship) yang relevan dengan konteks SD.
  4. Menyusun rencana bisnis sederhana yang layak diterapkan dalam bidang pendidikan.
  5. Mempresentasikan dan mengevaluasi ide usaha dengan argumentasi yang logis dan inspiratif.


Sub-CPMK dan Indikator

Minggu

Sub-CPMK

Indikator Keberhasilan

Bentuk Penilaian

1

Menjelaskan konsep dasar dan urgensi kewirausahaan

Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, tujuan, dan manfaat kewirausahaan

Kuis, diskusi

2

Mengidentifikasi karakteristik wirausahawan sukses

Mahasiswa mampu menguraikan ciri dan nilai-nilai kewirausahaan

Refleksi individu

3

Menganalisis peluang usaha di bidang pendidikan

Mahasiswa mampu menemukan peluang usaha di lingkungan sekolah

Tugas analisis

4

Mengembangkan ide kreatif dan inovatif

Mahasiswa menghasilkan ide usaha berbasis kebutuhan pendidikan

Presentasi ide

5–6

Menyusun model bisnis sederhana (Business Model Canvas)

Mahasiswa dapat membuat BMC untuk ide usaha mereka

Lembar kerja

7

Memahami aspek hukum dan etika usaha

Mahasiswa menjelaskan aspek legalitas dan etika berbisnis

Diskusi kelompok

8

UTS (Ujian Tengah Semester)

Evaluasi pemahaman konsep dasar kewirausahaan

Tes tertulis

9–10

Menyusun proposal bisnis (business plan)

Mahasiswa menyusun proposal usaha sederhana

Draft business plan

11

Mengelola sumber daya usaha (SDM, modal, dan waktu)

Mahasiswa mampu menjelaskan strategi manajemen usaha

Laporan mini project

12

Mempelajari strategi pemasaran (marketing education)

Mahasiswa mampu membuat strategi promosi produk pendidikan

Poster digital

13

Simulasi wirausaha kecil di bidang pendidikan

Mahasiswa melaksanakan mini project edupreneurship

Observasi, laporan

14

Presentasi hasil proyek wirausaha

Mahasiswa mempresentasikan hasil usaha kecilnya

Presentasi & peer review

15

Refleksi dan evaluasi hasil pembelajaran

Mahasiswa merefleksikan proses dan hasil pembelajaran

Portofolio reflektif

16

UAS (Ujian Akhir Semester)

Penilaian akhir teori dan praktik

Tes & laporan proyek

Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif
  • Diskusi kelompok
  • Studi kasus
  • Project-based learning (PjBL)
  • Simulasi/role play
  • Presentasi dan refleksi


Bahan Kajian (Pokok Bahasan)

  1. Konsep dan ruang lingkup kewirausahaan
  2. Karakteristik dan nilai-nilai wirausaha
  3. Identifikasi peluang usaha di bidang pendidikan
  4. Kreativitas dan inovasi dalam wirausaha
  5. Penyusunan model bisnis sederhana (BMC)
  6. Perencanaan usaha (business plan)
  7. Etika dan hukum bisnis
  8. Manajemen usaha kecil (SDM, keuangan, produksi, pemasaran)
  9. Simulasi dan implementasi proyek kewirausahaan pendidikan
  10. Refleksi dan evaluasi hasil usaha


Media dan Sumber Belajar

  • Buku:
    • Suryana, Yuyus. (2020). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.
    • Zimmerer, T.W. & Scarborough, N.M. (2018). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Pearson.
    • Kasmir. (2021). Kewirausahaan. Rajawali Press.
  • Media: Video inspiratif, platform digital (Canva, Google Workspace), studi kasus lokal.
  • Sumber tambahan: Artikel dan jurnal tentang edupreneurship dan inovasi pembelajaran.


Strategi Penilaian

Komponen

Bobot

Kehadiran dan partisipasi aktif

10%

Tugas individu/kelompok

25%

Proyek kewirausahaan (Business Plan & Simulasi)

35%

UTS

15%

UAS

15%

Total

100%

Profil Lulusan yang Dituju

Lulusan PGSD yang berjiwa wirausaha (edupreneur), kreatif, adaptif terhadap perubahan, serta mampu menciptakan inovasi dalam pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat sekolah dasar.

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah: Perspektif Global

 




Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Mata Kuliah: Perspektif Global

Program Studi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Semester: 4

Beban SKS: 2 SKS (2 Teori)

Dosen Pengampu: ————

Prasyarat: Tidak ada


1. Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Perspektif Global memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang isu-isu global yang memengaruhi pendidikan dasar, seperti globalisasi, keberagaman budaya, perubahan iklim, teknologi digital, dan pembangunan berkelanjutan. Mahasiswa diajak untuk memiliki wawasan global, berpikir kritis terhadap permasalahan dunia, serta mengaitkannya dengan konteks pendidikan dasar di Indonesia.


2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Kode

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK-1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar globalisasi dan dampaknya terhadap pendidikan.

CPMK-2

Mahasiswa mampu menganalisis isu-isu global (ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, teknologi) yang relevan dengan dunia pendidikan dasar.

CPMK-3

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terbuka, toleran, dan menghargai keberagaman dalam konteks global.

CPMK-4

Mahasiswa mampu merancang gagasan pembelajaran di SD yang berwawasan global dan berorientasi pada keberlanjutan.

3. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang Didukung

Kode CPL

Deskripsi CPL PGSD yang Relevan

CPL-P1

Menguasai konsep pedagogik dan keilmuan dasar untuk mendukung tugas profesional sebagai guru SD.

CPL-P3

Mampu berpikir kritis dan reflektif terhadap isu-isu pendidikan.

CPL-S1

Menunjukkan sikap toleransi, empati, dan tanggung jawab sosial dalam konteks kebinekaan global.

CPL-K2

Mampu mengembangkan pembelajaran inovatif yang responsif terhadap isu global dan kemajuan teknologi.

4. Materi Pokok dan Rencana Pembelajaran

Minggu

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Metode/Strategi

Penilaian & Tugas

1

Pengantar Perspektif Global dalam Pendidikan

Diskusi awal, refleksi globalisasi dalam kehidupan sehari-hari

Ceramah interaktif, diskusi

Kehadiran & partisipasi

2

Konsep Globalisasi dan Dampaknya bagi Pendidikan

Analisis fenomena global di Indonesia

Diskusi kelompok

Resume materi

3

Keberagaman Budaya dan Multikulturalisme

Studi kasus pendidikan lintas budaya

Studi kasus, role-play

Laporan refleksi

4

Isu Sosial dan Ekonomi Global (Kemiskinan, Kesenjangan)

Analisis video/documentary

Diskusi & refleksi

Jurnal reflektif

5

Isu Lingkungan dan Pendidikan Berkelanjutan (SDGs)

Menyusun ide pembelajaran SD berbasis SDGs

Project-based learning

Draft proyek

6

Perubahan Iklim dan Literasi Ekologis

Studi literatur dan simulasi pembelajaran

Diskusi, simulasi

Lembar observasi

7

Isu Teknologi Digital Global dan Pendidikan

Analisis dampak AI dan media digital terhadap siswa SD

Problem-based learning

Esai analitis

8

Ujian Tengah Semester

Ujian tertulis/reflektif

Evaluasi kognitif

UTS

9

Global Citizenship Education (GCE)

Menganalisis nilai-nilai kewarganegaraan global

Diskusi & presentasi

Presentasi kelompok

10

Pendidikan untuk Perdamaian dan Keadilan Sosial

Kajian kasus konflik sosial dan pendidikan

Studi kasus

Paper refleksi

11

Peran Guru SD dalam Dunia yang Terhubung Global

Diskusi panel mahasiswa

Forum diskusi

Refleksi individu

12

Inovasi Pendidikan Global (Best Practices dari Negara Lain)

Kajian perbandingan sistem pendidikan dunia

Project review

Laporan kelompok

13

Integrasi Isu Global dalam Kurikulum SD

Desain RPP berwawasan global

Workshop

Draft RPP

14

Presentasi Proyek Akhir: “Pembelajaran Global untuk SD”

Presentasi proyek kelompok

Presentasi dan peer review

Penilaian proyek

15

Refleksi Akhir dan Evaluasi Pembelajaran

Refleksi individu dan umpan balik

Diskusi terbuka

Laporan refleksi akhir

16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Tes tertulis/portofolio

UAS

Nilai akhir

5. Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif
  • Diskusi kelompok
  • Studi kasus
  • Project-based learning
  • Problem-based learning
  • Refleksi individu


6. Penilaian

Komponen

Bobot (%)

Kehadiran & partisipasi

10%

Tugas individu

20%

Tugas kelompok / proyek

25%

UTS

20%

UAS / portofolio

25%

7. Referensi

Utama

  • UNESCO (2015). Global Citizenship Education: Topics and Learning Objectives. Paris: UNESCO.
  • OECD (2021). Future of Education and Skills 2030.
  • Banks, J. A. (2020). Diversity and Citizenship Education: Global Perspectives. Jossey-Bass.
  • Tilbury, D. (2012). Education for Sustainable Development: An Expert Review of Processes and Learning. UNESCO.

Tambahan

  • Merryfield, M. M. (2018). Global Education: Preparing Teachers to Teach about the World.
  • Noddings, N. (2016). Education and Global Citizenship: Philosophical Reflections.