Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
Mata Kuliah: Perspektif Global
Program Studi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Semester: 4
Beban SKS: 2 SKS (2 Teori)
Dosen Pengampu: ————
Prasyarat: Tidak ada
1. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Perspektif Global memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang isu-isu global yang memengaruhi pendidikan dasar, seperti globalisasi, keberagaman budaya, perubahan iklim, teknologi digital, dan pembangunan berkelanjutan. Mahasiswa diajak untuk memiliki wawasan global, berpikir kritis terhadap permasalahan dunia, serta mengaitkannya dengan konteks pendidikan dasar di Indonesia.
2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Kode | Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar globalisasi dan dampaknya terhadap pendidikan. |
CPMK-2 | Mahasiswa mampu menganalisis isu-isu global (ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, teknologi) yang relevan dengan dunia pendidikan dasar. |
CPMK-3 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terbuka, toleran, dan menghargai keberagaman dalam konteks global. |
CPMK-4 | Mahasiswa mampu merancang gagasan pembelajaran di SD yang berwawasan global dan berorientasi pada keberlanjutan. |
3. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang Didukung
Kode CPL | Deskripsi CPL PGSD yang Relevan |
CPL-P1 | Menguasai konsep pedagogik dan keilmuan dasar untuk mendukung tugas profesional sebagai guru SD. |
CPL-P3 | Mampu berpikir kritis dan reflektif terhadap isu-isu pendidikan. |
CPL-S1 | Menunjukkan sikap toleransi, empati, dan tanggung jawab sosial dalam konteks kebinekaan global. |
CPL-K2 | Mampu mengembangkan pembelajaran inovatif yang responsif terhadap isu global dan kemajuan teknologi. |
4. Materi Pokok dan Rencana Pembelajaran
Minggu | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Metode/Strategi | Penilaian & Tugas |
1 | Pengantar Perspektif Global dalam Pendidikan | Diskusi awal, refleksi globalisasi dalam kehidupan sehari-hari | Ceramah interaktif, diskusi | Kehadiran & partisipasi |
2 | Konsep Globalisasi dan Dampaknya bagi Pendidikan | Analisis fenomena global di Indonesia | Diskusi kelompok | Resume materi |
3 | Keberagaman Budaya dan Multikulturalisme | Studi kasus pendidikan lintas budaya | Studi kasus, role-play | Laporan refleksi |
4 | Isu Sosial dan Ekonomi Global (Kemiskinan, Kesenjangan) | Analisis video/documentary | Diskusi & refleksi | Jurnal reflektif |
5 | Isu Lingkungan dan Pendidikan Berkelanjutan (SDGs) | Menyusun ide pembelajaran SD berbasis SDGs | Project-based learning | Draft proyek |
6 | Perubahan Iklim dan Literasi Ekologis | Studi literatur dan simulasi pembelajaran | Diskusi, simulasi | Lembar observasi |
7 | Isu Teknologi Digital Global dan Pendidikan | Analisis dampak AI dan media digital terhadap siswa SD | Problem-based learning | Esai analitis |
8 | Ujian Tengah Semester | Ujian tertulis/reflektif | Evaluasi kognitif | UTS |
9 | Global Citizenship Education (GCE) | Menganalisis nilai-nilai kewarganegaraan global | Diskusi & presentasi | Presentasi kelompok |
10 | Pendidikan untuk Perdamaian dan Keadilan Sosial | Kajian kasus konflik sosial dan pendidikan | Studi kasus | Paper refleksi |
11 | Peran Guru SD dalam Dunia yang Terhubung Global | Diskusi panel mahasiswa | Forum diskusi | Refleksi individu |
12 | Inovasi Pendidikan Global (Best Practices dari Negara Lain) | Kajian perbandingan sistem pendidikan dunia | Project review | Laporan kelompok |
13 | Integrasi Isu Global dalam Kurikulum SD | Desain RPP berwawasan global | Workshop | Draft RPP |
14 | Presentasi Proyek Akhir: “Pembelajaran Global untuk SD” | Presentasi proyek kelompok | Presentasi dan peer review | Penilaian proyek |
15 | Refleksi Akhir dan Evaluasi Pembelajaran | Refleksi individu dan umpan balik | Diskusi terbuka | Laporan refleksi akhir |
16 | Ujian Akhir Semester (UAS) | Tes tertulis/portofolio | UAS | Nilai akhir |
5. Metode Pembelajaran
- Ceramah interaktif
- Diskusi kelompok
- Studi kasus
- Project-based learning
- Problem-based learning
- Refleksi individu
6. Penilaian
Komponen | Bobot (%) |
Kehadiran & partisipasi | 10% |
Tugas individu | 20% |
Tugas kelompok / proyek | 25% |
UTS | 20% |
UAS / portofolio | 25% |
7. Referensi
Utama
- UNESCO (2015). Global Citizenship Education: Topics and Learning Objectives. Paris: UNESCO.
- OECD (2021). Future of Education and Skills 2030.
- Banks, J. A. (2020). Diversity and Citizenship Education: Global Perspectives. Jossey-Bass.
- Tilbury, D. (2012). Education for Sustainable Development: An Expert Review of Processes and Learning. UNESCO.
Tambahan
- Merryfield, M. M. (2018). Global Education: Preparing Teachers to Teach about the World.
- Noddings, N. (2016). Education and Global Citizenship: Philosophical Reflections.


No comments:
Post a Comment