Saturday, October 25, 2025

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah: Perspektif Global

 




Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Mata Kuliah: Perspektif Global

Program Studi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Semester: 4

Beban SKS: 2 SKS (2 Teori)

Dosen Pengampu: ————

Prasyarat: Tidak ada


1. Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Perspektif Global memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang isu-isu global yang memengaruhi pendidikan dasar, seperti globalisasi, keberagaman budaya, perubahan iklim, teknologi digital, dan pembangunan berkelanjutan. Mahasiswa diajak untuk memiliki wawasan global, berpikir kritis terhadap permasalahan dunia, serta mengaitkannya dengan konteks pendidikan dasar di Indonesia.


2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Kode

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK-1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar globalisasi dan dampaknya terhadap pendidikan.

CPMK-2

Mahasiswa mampu menganalisis isu-isu global (ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, teknologi) yang relevan dengan dunia pendidikan dasar.

CPMK-3

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terbuka, toleran, dan menghargai keberagaman dalam konteks global.

CPMK-4

Mahasiswa mampu merancang gagasan pembelajaran di SD yang berwawasan global dan berorientasi pada keberlanjutan.

3. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang Didukung

Kode CPL

Deskripsi CPL PGSD yang Relevan

CPL-P1

Menguasai konsep pedagogik dan keilmuan dasar untuk mendukung tugas profesional sebagai guru SD.

CPL-P3

Mampu berpikir kritis dan reflektif terhadap isu-isu pendidikan.

CPL-S1

Menunjukkan sikap toleransi, empati, dan tanggung jawab sosial dalam konteks kebinekaan global.

CPL-K2

Mampu mengembangkan pembelajaran inovatif yang responsif terhadap isu global dan kemajuan teknologi.

4. Materi Pokok dan Rencana Pembelajaran

Minggu

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Metode/Strategi

Penilaian & Tugas

1

Pengantar Perspektif Global dalam Pendidikan

Diskusi awal, refleksi globalisasi dalam kehidupan sehari-hari

Ceramah interaktif, diskusi

Kehadiran & partisipasi

2

Konsep Globalisasi dan Dampaknya bagi Pendidikan

Analisis fenomena global di Indonesia

Diskusi kelompok

Resume materi

3

Keberagaman Budaya dan Multikulturalisme

Studi kasus pendidikan lintas budaya

Studi kasus, role-play

Laporan refleksi

4

Isu Sosial dan Ekonomi Global (Kemiskinan, Kesenjangan)

Analisis video/documentary

Diskusi & refleksi

Jurnal reflektif

5

Isu Lingkungan dan Pendidikan Berkelanjutan (SDGs)

Menyusun ide pembelajaran SD berbasis SDGs

Project-based learning

Draft proyek

6

Perubahan Iklim dan Literasi Ekologis

Studi literatur dan simulasi pembelajaran

Diskusi, simulasi

Lembar observasi

7

Isu Teknologi Digital Global dan Pendidikan

Analisis dampak AI dan media digital terhadap siswa SD

Problem-based learning

Esai analitis

8

Ujian Tengah Semester

Ujian tertulis/reflektif

Evaluasi kognitif

UTS

9

Global Citizenship Education (GCE)

Menganalisis nilai-nilai kewarganegaraan global

Diskusi & presentasi

Presentasi kelompok

10

Pendidikan untuk Perdamaian dan Keadilan Sosial

Kajian kasus konflik sosial dan pendidikan

Studi kasus

Paper refleksi

11

Peran Guru SD dalam Dunia yang Terhubung Global

Diskusi panel mahasiswa

Forum diskusi

Refleksi individu

12

Inovasi Pendidikan Global (Best Practices dari Negara Lain)

Kajian perbandingan sistem pendidikan dunia

Project review

Laporan kelompok

13

Integrasi Isu Global dalam Kurikulum SD

Desain RPP berwawasan global

Workshop

Draft RPP

14

Presentasi Proyek Akhir: “Pembelajaran Global untuk SD”

Presentasi proyek kelompok

Presentasi dan peer review

Penilaian proyek

15

Refleksi Akhir dan Evaluasi Pembelajaran

Refleksi individu dan umpan balik

Diskusi terbuka

Laporan refleksi akhir

16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Tes tertulis/portofolio

UAS

Nilai akhir

5. Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif
  • Diskusi kelompok
  • Studi kasus
  • Project-based learning
  • Problem-based learning
  • Refleksi individu


6. Penilaian

Komponen

Bobot (%)

Kehadiran & partisipasi

10%

Tugas individu

20%

Tugas kelompok / proyek

25%

UTS

20%

UAS / portofolio

25%

7. Referensi

Utama

  • UNESCO (2015). Global Citizenship Education: Topics and Learning Objectives. Paris: UNESCO.
  • OECD (2021). Future of Education and Skills 2030.
  • Banks, J. A. (2020). Diversity and Citizenship Education: Global Perspectives. Jossey-Bass.
  • Tilbury, D. (2012). Education for Sustainable Development: An Expert Review of Processes and Learning. UNESCO.

Tambahan

  • Merryfield, M. M. (2018). Global Education: Preparing Teachers to Teach about the World.
  • Noddings, N. (2016). Education and Global Citizenship: Philosophical Reflections.

No comments: