Saturday, October 25, 2025

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) Mata Kuliah: Kewirausahaan

 






RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah: Kewirausahaan
Program Studi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Semester: 4 (empat)
Beban SKS: 3 SKS (2 teori, 1 praktik)
Dosen Pengampu: ————
Prasyarat: Tidak ada


Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dasar kewirausahaan yang relevan dengan profesi guru SD. Mahasiswa diajak untuk memahami konsep, karakter, dan proses berwirausaha secara kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan, termasuk pengembangan produk/jasa berbasis pendidikan. Fokus utamanya adalah menumbuhkan jiwa wirausaha, kreativitas, dan kemampuan mengelola usaha kecil (edupreneurship) di lingkungan sekolah dasar.


Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami konsep dasar kewirausahaan dan peranannya dalam pendidikan dasar.
  2. Menunjukkan sikap dan karakter wirausaha seperti mandiri, kreatif, inovatif, dan berani mengambil risiko.
  3. Merancang ide bisnis berbasis pendidikan (edupreneurship) yang relevan dengan konteks SD.
  4. Menyusun rencana bisnis sederhana yang layak diterapkan dalam bidang pendidikan.
  5. Mempresentasikan dan mengevaluasi ide usaha dengan argumentasi yang logis dan inspiratif.


Sub-CPMK dan Indikator

Minggu

Sub-CPMK

Indikator Keberhasilan

Bentuk Penilaian

1

Menjelaskan konsep dasar dan urgensi kewirausahaan

Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, tujuan, dan manfaat kewirausahaan

Kuis, diskusi

2

Mengidentifikasi karakteristik wirausahawan sukses

Mahasiswa mampu menguraikan ciri dan nilai-nilai kewirausahaan

Refleksi individu

3

Menganalisis peluang usaha di bidang pendidikan

Mahasiswa mampu menemukan peluang usaha di lingkungan sekolah

Tugas analisis

4

Mengembangkan ide kreatif dan inovatif

Mahasiswa menghasilkan ide usaha berbasis kebutuhan pendidikan

Presentasi ide

5–6

Menyusun model bisnis sederhana (Business Model Canvas)

Mahasiswa dapat membuat BMC untuk ide usaha mereka

Lembar kerja

7

Memahami aspek hukum dan etika usaha

Mahasiswa menjelaskan aspek legalitas dan etika berbisnis

Diskusi kelompok

8

UTS (Ujian Tengah Semester)

Evaluasi pemahaman konsep dasar kewirausahaan

Tes tertulis

9–10

Menyusun proposal bisnis (business plan)

Mahasiswa menyusun proposal usaha sederhana

Draft business plan

11

Mengelola sumber daya usaha (SDM, modal, dan waktu)

Mahasiswa mampu menjelaskan strategi manajemen usaha

Laporan mini project

12

Mempelajari strategi pemasaran (marketing education)

Mahasiswa mampu membuat strategi promosi produk pendidikan

Poster digital

13

Simulasi wirausaha kecil di bidang pendidikan

Mahasiswa melaksanakan mini project edupreneurship

Observasi, laporan

14

Presentasi hasil proyek wirausaha

Mahasiswa mempresentasikan hasil usaha kecilnya

Presentasi & peer review

15

Refleksi dan evaluasi hasil pembelajaran

Mahasiswa merefleksikan proses dan hasil pembelajaran

Portofolio reflektif

16

UAS (Ujian Akhir Semester)

Penilaian akhir teori dan praktik

Tes & laporan proyek

Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif
  • Diskusi kelompok
  • Studi kasus
  • Project-based learning (PjBL)
  • Simulasi/role play
  • Presentasi dan refleksi


Bahan Kajian (Pokok Bahasan)

  1. Konsep dan ruang lingkup kewirausahaan
  2. Karakteristik dan nilai-nilai wirausaha
  3. Identifikasi peluang usaha di bidang pendidikan
  4. Kreativitas dan inovasi dalam wirausaha
  5. Penyusunan model bisnis sederhana (BMC)
  6. Perencanaan usaha (business plan)
  7. Etika dan hukum bisnis
  8. Manajemen usaha kecil (SDM, keuangan, produksi, pemasaran)
  9. Simulasi dan implementasi proyek kewirausahaan pendidikan
  10. Refleksi dan evaluasi hasil usaha


Media dan Sumber Belajar

  • Buku:
    • Suryana, Yuyus. (2020). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.
    • Zimmerer, T.W. & Scarborough, N.M. (2018). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Pearson.
    • Kasmir. (2021). Kewirausahaan. Rajawali Press.
  • Media: Video inspiratif, platform digital (Canva, Google Workspace), studi kasus lokal.
  • Sumber tambahan: Artikel dan jurnal tentang edupreneurship dan inovasi pembelajaran.


Strategi Penilaian

Komponen

Bobot

Kehadiran dan partisipasi aktif

10%

Tugas individu/kelompok

25%

Proyek kewirausahaan (Business Plan & Simulasi)

35%

UTS

15%

UAS

15%

Total

100%

Profil Lulusan yang Dituju

Lulusan PGSD yang berjiwa wirausaha (edupreneur), kreatif, adaptif terhadap perubahan, serta mampu menciptakan inovasi dalam pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat sekolah dasar.

No comments: