RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah: Kewirausahaan
Program Studi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Semester: 4 (empat)
Beban SKS: 3 SKS (2 teori, 1 praktik)
Dosen Pengampu: ————
Prasyarat: Tidak ada
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dasar kewirausahaan yang relevan dengan profesi guru SD. Mahasiswa diajak untuk memahami konsep, karakter, dan proses berwirausaha secara kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan, termasuk pengembangan produk/jasa berbasis pendidikan. Fokus utamanya adalah menumbuhkan jiwa wirausaha, kreativitas, dan kemampuan mengelola usaha kecil (edupreneurship) di lingkungan sekolah dasar.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Memahami konsep dasar kewirausahaan dan peranannya dalam pendidikan dasar.
- Menunjukkan sikap dan karakter wirausaha seperti mandiri, kreatif, inovatif, dan berani mengambil risiko.
- Merancang ide bisnis berbasis pendidikan (edupreneurship) yang relevan dengan konteks SD.
- Menyusun rencana bisnis sederhana yang layak diterapkan dalam bidang pendidikan.
- Mempresentasikan dan mengevaluasi ide usaha dengan argumentasi yang logis dan inspiratif.
Sub-CPMK dan Indikator
Minggu | Sub-CPMK | Indikator Keberhasilan | Bentuk Penilaian |
1 | Menjelaskan konsep dasar dan urgensi kewirausahaan | Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, tujuan, dan manfaat kewirausahaan | Kuis, diskusi |
2 | Mengidentifikasi karakteristik wirausahawan sukses | Mahasiswa mampu menguraikan ciri dan nilai-nilai kewirausahaan | Refleksi individu |
3 | Menganalisis peluang usaha di bidang pendidikan | Mahasiswa mampu menemukan peluang usaha di lingkungan sekolah | Tugas analisis |
4 | Mengembangkan ide kreatif dan inovatif | Mahasiswa menghasilkan ide usaha berbasis kebutuhan pendidikan | Presentasi ide |
5–6 | Menyusun model bisnis sederhana (Business Model Canvas) | Mahasiswa dapat membuat BMC untuk ide usaha mereka | Lembar kerja |
7 | Memahami aspek hukum dan etika usaha | Mahasiswa menjelaskan aspek legalitas dan etika berbisnis | Diskusi kelompok |
8 | UTS (Ujian Tengah Semester) | Evaluasi pemahaman konsep dasar kewirausahaan | Tes tertulis |
9–10 | Menyusun proposal bisnis (business plan) | Mahasiswa menyusun proposal usaha sederhana | Draft business plan |
11 | Mengelola sumber daya usaha (SDM, modal, dan waktu) | Mahasiswa mampu menjelaskan strategi manajemen usaha | Laporan mini project |
12 | Mempelajari strategi pemasaran (marketing education) | Mahasiswa mampu membuat strategi promosi produk pendidikan | Poster digital |
13 | Simulasi wirausaha kecil di bidang pendidikan | Mahasiswa melaksanakan mini project edupreneurship | Observasi, laporan |
14 | Presentasi hasil proyek wirausaha | Mahasiswa mempresentasikan hasil usaha kecilnya | Presentasi & peer review |
15 | Refleksi dan evaluasi hasil pembelajaran | Mahasiswa merefleksikan proses dan hasil pembelajaran | Portofolio reflektif |
16 | UAS (Ujian Akhir Semester) | Penilaian akhir teori dan praktik | Tes & laporan proyek |
Metode Pembelajaran
- Ceramah interaktif
- Diskusi kelompok
- Studi kasus
- Project-based learning (PjBL)
- Simulasi/role play
- Presentasi dan refleksi
Bahan Kajian (Pokok Bahasan)
- Konsep dan ruang lingkup kewirausahaan
- Karakteristik dan nilai-nilai wirausaha
- Identifikasi peluang usaha di bidang pendidikan
- Kreativitas dan inovasi dalam wirausaha
- Penyusunan model bisnis sederhana (BMC)
- Perencanaan usaha (business plan)
- Etika dan hukum bisnis
- Manajemen usaha kecil (SDM, keuangan, produksi, pemasaran)
- Simulasi dan implementasi proyek kewirausahaan pendidikan
- Refleksi dan evaluasi hasil usaha
Media dan Sumber Belajar
- Buku:
- Suryana, Yuyus. (2020). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.
- Zimmerer, T.W. & Scarborough, N.M. (2018). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Pearson.
- Kasmir. (2021). Kewirausahaan. Rajawali Press.
- Media: Video inspiratif, platform digital (Canva, Google Workspace), studi kasus lokal.
- Sumber tambahan: Artikel dan jurnal tentang edupreneurship dan inovasi pembelajaran.
Strategi Penilaian
Komponen | Bobot |
Kehadiran dan partisipasi aktif | 10% |
Tugas individu/kelompok | 25% |
Proyek kewirausahaan (Business Plan & Simulasi) | 35% |
UTS | 15% |
UAS | 15% |
Total | 100% |
Profil Lulusan yang Dituju
Lulusan PGSD yang berjiwa wirausaha (edupreneur), kreatif, adaptif terhadap perubahan, serta mampu menciptakan inovasi dalam pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat sekolah dasar.


No comments:
Post a Comment