sampah
kopi
index
allahuakbar
just put any comment on my blog
kuesioner untuk mengukur HOTS (Higher-Order Thinking Skills) di kelas EFL berdasarkan konsep Susan M. Brookhart (2010), yang menekankan kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti analisis, evaluasi, dan kreasi (sintesis), bukan hanya mengingat atau memahami fakta.
Berikut contoh kuesioner dalam bentuk tabel:
No | Pernyataan / Item | Skala Likert (1–5) |
1 | Saya dapat membandingkan ide-ide dalam teks bahasa Inggris dan menjelaskan persamaan serta perbedaannya. | 1 = Sangat Tidak Setuju, 5 = Sangat Setuju |
2 | Saya mampu mengidentifikasi argumen utama dalam teks bahasa Inggris dan menilai kekuatan argumennya. | 1–5 |
3 | Saya sering mengajukan pertanyaan kritis tentang isi bacaan bahasa Inggris yang saya pelajari. | 1–5 |
4 | Saya dapat membuat kesimpulan dari informasi yang tersebar dalam berbagai paragraf teks bahasa Inggris. | 1–5 |
5 | Saya mampu menghubungkan konsep dari teks bahasa Inggris dengan pengalaman pribadi atau pengetahuan lain. | 1–5 |
6 | Saya dapat menilai keakuratan atau relevansi informasi dalam teks bahasa Inggris. | 1–5 |
7 | Saya sering menggunakan ide-ide dari teks bahasa Inggris untuk membuat tulisan atau proyek kreatif saya sendiri. | 1–5 |
8 | Saya mampu memprediksi hasil atau konsekuensi dari situasi yang dijelaskan dalam teks bahasa Inggris. | 1–5 |
9 | Saya dapat memecahkan masalah atau menemukan solusi berdasarkan informasi dalam teks bahasa Inggris. | 1–5 |
10 | Saya mampu mengevaluasi gaya bahasa atau strategi penulis dalam teks bahasa Inggris dan menyatakan opini saya. | 1–5 |
Petunjuk Penggunaan:
versi lengkap kuesioner HOTS untuk kelas EFL (20 item) yang dibagi menurut level HOTS menurut Bloom (Analisis, Evaluasi, Kreasi), berbasis Susan M. Brookhart (2010).
No | Level HOTS | Pernyataan / Item | Skala Likert (1–5) |
1 | Analisis | Saya dapat membandingkan ide-ide dalam teks bahasa Inggris dan menjelaskan persamaan serta perbedaannya. | 1 = Sangat Tidak Setuju, 5 = Sangat Setuju |
2 | Analisis | Saya mampu mengidentifikasi argumen utama dan detail pendukung dalam teks bahasa Inggris. | 1–5 |
3 | Analisis | Saya dapat memisahkan fakta dan opini dalam teks bahasa Inggris. | 1–5 |
4 | Analisis | Saya sering menguraikan informasi dari berbagai paragraf untuk menemukan pola atau hubungan. | 1–5 |
5 | Analisis | Saya dapat mengorganisasi ide-ide dari teks bahasa Inggris ke dalam diagram atau peta konsep. | 1–5 |
6 | Evaluasi | Saya dapat menilai keakuratan atau relevansi informasi dalam teks bahasa Inggris. | 1–5 |
7 | Evaluasi | Saya sering mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan argumen penulis teks bahasa Inggris. | 1–5 |
8 | Evaluasi | Saya mampu membuat penilaian terhadap keputusan karakter atau situasi dalam teks bahasa Inggris. | 1–5 |
9 | Evaluasi | Saya dapat mengevaluasi gaya bahasa atau strategi penulis dan menyatakan opini saya. | 1–5 |
10 | Evaluasi | Saya dapat menilai kebenaran informasi dari sumber berbeda dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris. | 1–5 |
11 | Kreasi | Saya sering membuat pertanyaan baru berdasarkan teks bahasa Inggris yang saya baca. | 1–5 |
12 | Kreasi | Saya mampu menulis cerita, artikel, atau esai asli berdasarkan ide dari teks bahasa Inggris. | 1–5 |
13 | Kreasi | Saya dapat menggabungkan ide dari beberapa teks bahasa Inggris menjadi satu karya baru. | 1–5 |
14 | Kreasi | Saya sering menggunakan informasi dari teks bahasa Inggris untuk membuat proyek kreatif atau presentasi. | 1–5 |
15 | Kreasi | Saya mampu memprediksi hasil atau konsekuensi dari situasi yang dijelaskan dalam teks bahasa Inggris dan membuat alternatifnya. | 1–5 |
16 | Analisis | Saya dapat menjelaskan hubungan sebab-akibat dalam teks bahasa Inggris. | 1–5 |
17 | Evaluasi | Saya menilai argumen penulis dan memutuskan apakah saya setuju atau tidak, beserta alasannya. | 1–5 |
18 | Kreasi | Saya mampu menyusun rencana atau strategi untuk menyelesaikan masalah berbasis teks bahasa Inggris. | 1–5 |
19 | Analisis | Saya dapat mengidentifikasi tema atau pesan utama dalam teks bahasa Inggris. | 1–5 |
20 | Kreasi | Saya mampu membuat produk kreatif baru (misal: cerita, dialog, poster) berdasarkan teks bahasa Inggris. | 1–5 |
Petunjuk Penggunaan:
panduan untuk membuat kuesioner untuk mengukur Reflective Thinking Skill pada kelas EFL berdasarkan Kember et al. (2000) – Reflective Thinking Questionnaire (RTQ). Saya juga bisa membuat versi dalam bahasa Inggris yang bisa langsung digunakan.
1. Struktur RTQ
Kember et al. (2000) mengembangkan RTQ untuk mengukur tingkat refleksi seseorang dalam belajar, dengan fokus pada empat aspek:
Biasanya setiap aspek diukur dengan 4–6 item, menggunakan skala Likert 5 poin:
1 = Sangat Tidak Setuju, 5 = Sangat Setuju
2. Contoh Item Kuesioner untuk Kelas EFL
Berikut versi bahasa Inggris, disesuaikan untuk konteks belajar bahasa Inggris:
Aspect | Item Example |
Habitual Action (HA) | 1. I often complete English exercises without thinking about what I am learning. 2. I follow instructions in English class without questioning them. |
Understanding (U) | 3. I try to understand the purpose of the English tasks I do. 4. I reflect on my understanding when learning new English grammar or vocabulary. |
Reflection (R) | 5. I think about how I can improve my English skills based on past learning experiences. 6. I consider why I make certain mistakes in English and how to avoid them. |
Critical Reflection (CR) | 7. I question the assumptions behind the English materials or activities. 8. I try to evaluate whether my approach to learning English is effective. |
Jumlah item bisa diperluas sesuai kebutuhan, misal 20–24 item, dengan distribusi seimbang antar aspek.
3. Petunjuk Pengisian
4. Analisis Hasil
kuesioner lengkap Reflective Thinking Questionnaire (RTQ) untuk kelas EFL berdasarkan Kember et al. (2000), versi bahasa Inggris, dengan 20 item yang siap digunakan. Skala Likert 5 poin: 1 = Strongly Disagree, 5 = Strongly Agree.
Reflective Thinking Questionnaire (RTQ) – EFL Version
Instructions:
Please read each statement carefully and indicate how much you agree or disagree based on your experience learning English.
Scale:
1 = Strongly Disagree | 2 = Disagree | 3 = Neutral | 4 = Agree | 5 = Strongly Agree
Section A: Habitual Action (HA) – 5 items
Section B: Understanding (U) – 5 items
Section C: Reflection (R) – 5 items
Section D: Critical Reflection (CR) – 5 items
Scoring
Reflective Thinking Questionnaire (RTQ) untuk kelas EFL dalam bentuk tabel, lengkap dengan aspek, nomor item, dan pernyataan, siap digunakan.
Aspect | Item No. | Statement | Scale (1–5) |
Habitual Action (HA) | 1 | I often complete English exercises without thinking about what I am learning. | 1 2 3 4 5 |
2 | I follow instructions in English class without questioning them. | 1 2 3 4 5 | |
3 | I usually rely on what I already know instead of exploring new ways to learn English. | 1 2 3 4 5 | |
4 | I do English tasks automatically without considering their purpose. | 1 2 3 4 5 | |
5 | I rarely reflect on my learning process in English class. | 1 2 3 4 5 | |
Understanding (U) | 6 | I try to understand the purpose of the English tasks I do. | 1 2 3 4 5 |
7 | I reflect on my understanding when learning new English grammar or vocabulary. | 1 2 3 4 5 | |
8 | I connect new English knowledge with what I have learned before. | 1 2 3 4 5 | |
9 | I consider why certain English rules or expressions are used. | 1 2 3 4 5 | |
10 | I try to understand the reasoning behind my mistakes in English. | 1 2 3 4 5 | |
Reflection (R) | 11 | I think about how I can improve my English skills based on past learning experiences. | 1 2 3 4 5 |
12 | I consider why I make certain mistakes in English and how to avoid them. | 1 2 3 4 5 | |
13 | I think about different strategies to learn English more effectively. | 1 2 3 4 5 | |
14 | I analyze my performance in English assignments to find areas of improvement. | 1 2 3 4 5 | |
15 | I reflect on how classroom activities help me improve my English skills. | 1 2 3 4 5 | |
Critical Reflection (CR) | 16 | I question the assumptions behind the English materials or activities. | 1 2 3 4 5 |
17 | I try to evaluate whether my approach to learning English is effective. | 1 2 3 4 5 | |
18 | I critically assess feedback from teachers and classmates to improve my learning. | 1 2 3 4 5 | |
19 | I consider alternative perspectives or methods in learning English. | 1 2 3 4 5 | |
20 | I reflect on whether my beliefs about learning English affect my progress. | 1 2 3 4 5 |