Sunday, October 5, 2025

L2MSS (L2 Motivational Self System)

 





L2MSS (L2 Motivational Self System) adalah kerangka teori yang dikembangkan oleh Zoltán Dörnyei (2005, 2009) untuk mengukur motivasi belajar bahasa kedua (L2 motivation). Teori ini terdiri dari tiga komponen utama, dan masing-masing bisa dijabarkan dalam bentuk indikator untuk disusun menjadi kuesioner penelitian.


Berikut penjelasan struktur dan contoh butir kuesionernya 👇


🧭 Komponen Utama L2 Motivational Self System (L2MSS)

1. Ideal L2 Self

→ Gambaran diri ideal yang ingin dikuasai sebagai penutur bahasa asing yang fasih.
Contoh indikator & item kuesioner:

  • Saya ingin bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar seperti penutur asli.
  • Saya membayangkan diri saya bekerja di tempat yang menggunakan bahasa Inggris.
  • Saya merasa puas bila orang lain menganggap kemampuan bahasa Inggris saya bagus.
  • Saya berusaha keras belajar bahasa Inggris karena itu bagian dari diri ideal saya.

2. Ought-to L2 Self

→ Gambaran diri yang dirasakan sebagai kewajiban, harapan, atau tanggung jawab sosial.
Contoh indikator & item kuesioner:

  • Saya belajar bahasa Inggris karena keluarga saya berharap saya bisa.
  • Saya merasa perlu menguasai bahasa Inggris agar bisa mendapat pekerjaan yang baik.
  • Saya belajar bahasa Inggris supaya tidak mengecewakan orang-orang di sekitar saya.
  • Saya belajar bahasa Inggris karena itu penting bagi masa depan saya.

3. L2 Learning Experience

→ Pengalaman belajar langsung dan faktor situasional (guru, kelas, kegiatan belajar, dll).
Contoh indikator & item kuesioner:

  • Saya menikmati kegiatan di kelas bahasa Inggris.
  • Guru bahasa Inggris saya membuat pelajaran menjadi menarik.
  • Saya merasa senang belajar bahasa Inggris dengan teman-teman saya.
  • Saya merasa tugas-tugas bahasa Inggris membantu meningkatkan kemampuan saya.


📋 Format Kuesioner (Likert Scale)

Gunakan skala 1–5 (atau 1–7), misalnya:

1 = sangat tidak setuju, 2 = tidak setuju, 3 = netral, 4 = setuju, 5 = sangat setuju

Contoh format:

No

Pernyataan

1

2

3

4

5

1

Saya ingin bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar seperti penutur asli.

2

Saya belajar bahasa Inggris karena keluarga saya berharap saya bisa.

3

Saya menikmati kegiatan di kelas bahasa Inggris.

📊 Jumlah Item yang Umum Digunakan

Dalam penelitian-penelitian L2MSS (misalnya Taguchi, Magid & Papi, 2009), biasanya:

  • Ideal L2 Self: 6–10 item
  • Ought-to L2 Self: 6–8 item
  • L2 Learning Experience: 8–10 item
    Total: sekitar 20–25 item

No comments: