๐ Berikut versi kuesioner L2 Motivational Self System (L2MSS) lengkap — 20 butir pernyataan, menggunakan bahasa Indonesia, target: mahasiswa EFL (English as a Foreign Language), dan skala Likert 1–5.
๐งพ KUESIONER MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS BERDASARKAN L2 MOTIVATIONAL SELF SYSTEM
Petunjuk:
Berikut ini adalah beberapa pernyataan tentang pandangan dan pengalaman Anda dalam belajar bahasa Inggris.
Beri tanda centang (✓) pada kolom yang sesuai dengan pendapat Anda.
Gunakan skala berikut:
1 = Sangat Tidak Setuju
2 = Tidak Setuju
3 = Netral
4 = Setuju
5 = Sangat Setuju
A. Ideal L2 Self (Diri Ideal dalam Bahasa Inggris)
No | Pernyataan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1 | Saya ingin menjadi seseorang yang mampu berbicara bahasa Inggris dengan lancar. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
2 | Saya membayangkan diri saya bisa menggunakan bahasa Inggris dengan percaya diri di masa depan. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
3 | Saya ingin orang lain menganggap kemampuan bahasa Inggris saya bagus. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
4 | Saya akan merasa bangga bila bisa berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Inggris. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
5 | Saya belajar bahasa Inggris karena saya ingin menjadi versi terbaik dari diri saya sendiri. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
6 | Saya berusaha keras belajar bahasa Inggris karena itu penting bagi impian saya di masa depan. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
7 | Saya ingin bisa menggunakan bahasa Inggris dalam pekerjaan atau studi saya nanti. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
B. Ought-to L2 Self (Diri yang Seharusnya dalam Bahasa Inggris)
No | Pernyataan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
8 | Saya belajar bahasa Inggris karena keluarga saya berharap saya bisa. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
9 | Saya merasa perlu menguasai bahasa Inggris agar bisa mendapatkan pekerjaan yang baik. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
10 | Saya belajar bahasa Inggris supaya tidak mengecewakan orang-orang di sekitar saya. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
11 | Saya belajar bahasa Inggris karena masyarakat menganggap itu penting. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
12 | Saya berusaha belajar bahasa Inggris karena dosen saya mengharapkannya. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
13 | Saya merasa tertekan jika saya tidak bisa mendapatkan nilai bagus dalam bahasa Inggris. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
C. L2 Learning Experience (Pengalaman Belajar Bahasa Inggris)
No | Pernyataan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
14 | Saya menikmati kegiatan di kelas bahasa Inggris. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
15 | Guru atau dosen bahasa Inggris saya membuat pelajaran menjadi menarik. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
16 | Saya merasa senang belajar bahasa Inggris dengan teman-teman sekelas saya. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
17 | Saya merasa tugas-tugas bahasa Inggris membantu meningkatkan kemampuan saya. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
18 | Saya merasa kelas bahasa Inggris memberi saya kesempatan untuk berbicara dan berekspresi. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
19 | Saya merasa termotivasi untuk belajar lebih giat setelah mengikuti pelajaran bahasa Inggris. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
20 | Saya merasa lingkungan belajar saya mendukung saya untuk terus belajar bahasa Inggris. | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ | ☐ |
๐ Catatan untuk Peneliti
- Jumlah total item: 20
- Ideal L2 Self: 7 item
- Ought-to L2 Self: 6 item
- L2 Learning Experience: 7 item
- Format skala: Likert 5 poin
- Semua butir positif (tidak perlu dibalik untuk scoring)
- Dapat diuji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha per subskala


No comments:
Post a Comment