Sunday, October 5, 2025

kuesioner L2 Motivational Self System (L2MSS)

 







๐Ÿ‘ Berikut versi kuesioner L2 Motivational Self System (L2MSS) lengkap — 20 butir pernyataan, menggunakan bahasa Indonesia, target: mahasiswa EFL (English as a Foreign Language), dan skala Likert 1–5.


๐Ÿงพ KUESIONER MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS BERDASARKAN L2 MOTIVATIONAL SELF SYSTEM

Petunjuk:
Berikut ini adalah beberapa pernyataan tentang pandangan dan pengalaman Anda dalam belajar bahasa Inggris.
Beri tanda centang (✓) pada kolom yang sesuai dengan pendapat Anda.
Gunakan skala berikut:

1 = Sangat Tidak Setuju
2 = Tidak Setuju
3 = Netral
4 = Setuju
5 = Sangat Setuju


A. Ideal L2 Self (Diri Ideal dalam Bahasa Inggris)

No

Pernyataan

1

2

3

4

5

1

Saya ingin menjadi seseorang yang mampu berbicara bahasa Inggris dengan lancar.

2

Saya membayangkan diri saya bisa menggunakan bahasa Inggris dengan percaya diri di masa depan.

3

Saya ingin orang lain menganggap kemampuan bahasa Inggris saya bagus.

4

Saya akan merasa bangga bila bisa berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Inggris.

5

Saya belajar bahasa Inggris karena saya ingin menjadi versi terbaik dari diri saya sendiri.

6

Saya berusaha keras belajar bahasa Inggris karena itu penting bagi impian saya di masa depan.

7

Saya ingin bisa menggunakan bahasa Inggris dalam pekerjaan atau studi saya nanti.

B. Ought-to L2 Self (Diri yang Seharusnya dalam Bahasa Inggris)

No

Pernyataan

1

2

3

4

5

8

Saya belajar bahasa Inggris karena keluarga saya berharap saya bisa.

9

Saya merasa perlu menguasai bahasa Inggris agar bisa mendapatkan pekerjaan yang baik.

10

Saya belajar bahasa Inggris supaya tidak mengecewakan orang-orang di sekitar saya.

11

Saya belajar bahasa Inggris karena masyarakat menganggap itu penting.

12

Saya berusaha belajar bahasa Inggris karena dosen saya mengharapkannya.

13

Saya merasa tertekan jika saya tidak bisa mendapatkan nilai bagus dalam bahasa Inggris.

C. L2 Learning Experience (Pengalaman Belajar Bahasa Inggris)

No

Pernyataan

1

2

3

4

5

14

Saya menikmati kegiatan di kelas bahasa Inggris.

15

Guru atau dosen bahasa Inggris saya membuat pelajaran menjadi menarik.

16

Saya merasa senang belajar bahasa Inggris dengan teman-teman sekelas saya.

17

Saya merasa tugas-tugas bahasa Inggris membantu meningkatkan kemampuan saya.

18

Saya merasa kelas bahasa Inggris memberi saya kesempatan untuk berbicara dan berekspresi.

19

Saya merasa termotivasi untuk belajar lebih giat setelah mengikuti pelajaran bahasa Inggris.

20

Saya merasa lingkungan belajar saya mendukung saya untuk terus belajar bahasa Inggris.

๐Ÿ” Catatan untuk Peneliti

  • Jumlah total item: 20
    • Ideal L2 Self: 7 item
    • Ought-to L2 Self: 6 item
    • L2 Learning Experience: 7 item
  • Format skala: Likert 5 poin
  • Semua butir positif (tidak perlu dibalik untuk scoring)
  • Dapat diuji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha per subskala

No comments: