Wednesday, September 17, 2025

sudden flair,

 



Forgive me, Lord, my lips have slipped,
I seek a place where secrets drift.
H and S with their sudden flair,
New iPads, laptops shining there.

They speak of wealth while claiming less,
While my own path is tangled stress.
Their reports are done, applause they claim,
My proposal still waits, burning with shame.

Is this the fruit of flattery’s hand?
Or am I lost in thoughts unplanned?
Forgive me, Lord, for my restless mind,
Dark suspicions I cannot bind.

Then E speaks: “Be patient, sir,
Research in English rarely stirs
A chance for aid, a chance for grant.”

But why such words? What did I chant?

I never complained of funds denied,
Yet whispers of envy stir inside.
Did H and S extend their grace,
While I still linger in this place?

Forgive me, Lord, I think untrue,
These doubts I carry, I cast to You.

17 sep 25 rabu

 





kuliah pagi

elta

servislappy

pul

arimas

doktergigi

mlmnovinda

index

px

allahuakbar




RPP Mini: Penerapan Teori Vygotsky (Reading, Speaking, Writing)

 




RPP Mini: Penerapan Teori Vygotsky (Reading, Speaking, Writing)

Topik: Pengalaman Liburan
Kelas: SD/SMP (tingkat menengah)
Durasi: 40 menit

Waktu

Kegiatan

Metode/Strategi

Penerapan Vygotsky

0–5 menit

Pendahuluan: Menyapa siswa, menanyakan pengalaman liburan singkat

Tanya jawab

Aktivasi ZPD: guru mengecek kemampuan awal siswa berbicara bahasa Inggris

5–15 menit

Reading: Membaca cerita pendek tentang liburan

Membaca bersama, diskusi kelompok kecil

Scaffolding: guru menjelaskan kata sulit, memberi pertanyaan pemicu; siswa mahir membantu teman; siswa memahami isi cerita secara bertahap

15–25 menit

Speaking: Diskusi pengalaman liburan

Paired speaking, menggunakan “sentence starters”

Scaffolding: guru memberi contoh kalimat; teman lebih mahir memodelkan bahasa; siswa menyusun kalimat sendiri

25–35 menit

Writing: Menulis email singkat tentang liburan

Menulis individu, menggunakan template email

Scaffolding: guru memberikan contoh email; template (greeting, body, closing); peer review; feedback individu

35–40 menit

Penutup: Presentasi singkat & refleksi

Siswa membacakan cerita/email atau menceritakan pengalaman

Mengevaluasi pemahaman & kemampuan siswa setelah dibimbing; siswa menginternalisasi pembelajaran

tabel ringkas penerapan teori Vygotsky dalam kelas bahasa Inggris

 

Berikut versi


tabel ringkas penerapan teori Vygotsky dalam kelas bahasa Inggris
(reading, speaking, writing) yang bisa langsung dipakai di RPP atau bahan ajar:

Keterampilan

Situasi Kelas

ZPD (Kesulitan Siswa)

Scaffolding (Bimbingan Guru/Teman)

Hasil Belajar

Reading

Membaca cerita pendek

Sulit memahami idiom atau kalimat kompleks

1. Menjelaskan kata sulit sebelum membaca

2. Memberi pertanyaan pemicu (“What do you think happens next?”)

3. Membaca bersama kelompok kecil, siswa mahir membantu teman

Siswa dapat memahami keseluruhan cerita secara bertahap

Speaking

Diskusi pengalaman liburan

Bisa menyebut kata/frasa, sulit menyusun kalimat lengkap

1. Memberi contoh kalimat sederhana

2. Menyediakan “sentence starters”/frasa bantu

3. Paired speaking dengan teman lebih mahir

Siswa mampu menyampaikan pengalaman pribadi dengan percaya diri

Writing

Menulis email singkat

Bisa menulis beberapa kalimat, belum tahu format dan ungkapan sopan

1. Memberikan contoh email sederhana

2. Memberikan template (greeting, body, closing)

3. Feedback individu & peer review

Siswa dapat menulis email sederhana sesuai konteks dan sopan

contoh konkret penerapan teori Vygotsky—khususnya konsep Zone of Proximal Development (ZPD) dan scaffolding—dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas.

 


contoh konkret penerapan teori Vygotsky—khususnya konsep Zone of Proximal Development (ZPD) dan scaffolding—dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas. Saya bagi per keterampilan: reading, speaking, dan writing.


1. Reading (Membaca)

Situasi kelas: Siswa membaca teks cerita pendek dalam bahasa Inggris.
Penerapan Vygotsky:

  • ZPD: Siswa mampu memahami sebagian kosakata, tetapi kesulitan mengerti idiom atau kalimat kompleks.

  • Scaffolding: Guru memberikan panduan bertahap:

    1. Menjelaskan kata-kata sulit sebelum membaca.

    2. Memberi pertanyaan pemicu (“What do you think happens next?”).

    3. Membaca bersama dalam kelompok kecil, di mana siswa yang lebih mahir membantu teman.

  • Hasil: Siswa akhirnya mampu memahami keseluruhan cerita dengan bantuan teman dan guru, sebelum mencoba membaca sendiri.


2. Speaking (Berbicara)

Situasi kelas: Diskusi tentang pengalaman liburan dalam bahasa Inggris.
Penerapan Vygotsky:

  • ZPD: Siswa bisa menyebutkan beberapa kata/frasa, tapi sulit menyusun kalimat lengkap.

  • Scaffolding: Guru melakukan langkah-langkah:

    1. Memberi contoh kalimat sederhana (“I went to the beach last weekend.”)

    2. Menyediakan “sentence starters” atau frasa bantu (“I liked… because…”)

    3. Mengadakan paired speaking, di mana teman yang lebih mahir memodelkan bahasa yang benar.

  • Hasil: Siswa dapat menyampaikan pengalaman pribadi secara bertahap, meningkatkan percaya diri.


3. Writing (Menulis)

Situasi kelas: Menulis email singkat kepada teman dalam bahasa Inggris.
Penerapan Vygotsky:

  • ZPD: Siswa bisa menulis beberapa kalimat, tapi belum tahu format email atau ungkapan sopan.

  • Scaffolding: Guru:

    1. Memberikan contoh email sederhana.

    2. Memberikan template dengan bagian: greeting, body, closing.

    3. Memberikan feedback individu dan mendorong peer review.

  • Hasil: Siswa dapat menulis email sederhana yang sesuai konteks dan sopan, setelah dibimbing.

📄 Rubrik Penilaian Speaking – Role Play

 




📄 Rubrik Penilaian Speaking – Role Play

Topik: Ordering Food at a Restaurant
Kelas: VIII SMP
Instrumen: Role Play Berpasangan

Aspek

Deskripsi Singkat

Skor (1–5)

Skor Dikali Bobot

Komentar Guru

Fluency (Kelancaran)

Lancar berbicara, sedikit jeda




Pronunciation (Pengucapan)

Pengucapan jelas, mudah dimengerti




Vocabulary (Kosakata)

Menggunakan kosakata sesuai konteks, bervariasi




Grammar / Structure

Kalimat sesuai aturan, sedikit kesalahan




Interaction / Response

Merespon tepat dan cepat, interaksi natural




💡 Petunjuk Penilaian:

  1. Isi kolom “Skor (1–5)” sesuai penampilan siswa.
  2. Bobot tiap aspek bisa disamakan (misal semua 20%) atau disesuaikan menurut prioritas.
  3. Skor Dikali Bobot = skor × bobot (misal 5 × 20 = 100).
  4. Jumlahkan semua skor dikali bobot → dapatkan Nilai Akhir /100.
  5. Guru bisa memberi komentar tambahan untuk feedback spesifik.

📄 Rubrik Penilaian Speaking – Role Play

 




📄 Rubrik Penilaian Speaking – Role Play

Topik: Ordering Food at a Restaurant
Kelas: VIII SMP
Instrumen: Role Play Berpasangan

Aspek

Deskripsi Singkat

Skor (1–5)

Komentar Guru

Fluency (Kelancaran)

Lancar berbicara, sedikit jeda



Pronunciation (Pengucapan)

Pengucapan jelas, mudah dimengerti



Vocabulary (Kosakata)

Menggunakan kosakata sesuai konteks, bervariasi



Grammar / Structure

Kalimat sesuai aturan, sedikit kesalahan



Interaction / Response

Merespon tepat dan cepat, interaksi natural



💡 Petunjuk Penilaian:

  1. Beri skor 1–5 untuk tiap aspek.
  2. Total maksimal = 25.
  3. Guru bisa menambahkan komentar singkat untuk memberi umpan balik.
  4. Gunakan saat role play siswa di depan kelas atau latihan berpasangan.

📊 Rubrik Penilaian Speaking – Role Play

 




📊 Rubrik Penilaian Speaking – Role Play

Aspek

Skor 1

Skor 2

Skor 3

Skor 4

Skor 5

Fluency (Kelancaran berbicara)

Sangat terputus-putus, sering berhenti

Kadang terputus, butuh bantuan

Cukup lancar, beberapa jeda

Lancar, sedikit jeda

Sangat lancar, berbicara natural tanpa jeda

Pronunciation (Pengucapan)

Sulit dimengerti

Banyak kesalahan, perlu bantuan

Beberapa kesalahan, masih dimengerti

Hampir benar, dimengerti

Benar & jelas, mudah dimengerti

Vocabulary (Kosakata)

Sangat terbatas, tidak sesuai konteks

Kosakata terbatas, sering salah

Cukup, beberapa salah

Tepat & cukup bervariasi

Tepat, bervariasi & kaya kosakata

Grammar / Structure (Tata bahasa / Struktur kalimat)

Hampir semua salah

Banyak kesalahan

Beberapa kesalahan

Sedikit kesalahan

Benar semua / sangat sedikit kesalahan

Interaction / Response (Interaksi & tanggapan)

Tidak merespon atau salah

Kadang merespon dengan salah

Merespon cukup baik

Merespon dengan tepat & cepat

Merespon tepat, cepat, dan natural

💡 Catatan Penggunaan:

  • Nilai 1–5 untuk masing-masing aspek.
  • Total skor maksimal = 25.
  • Bisa dikonversi ke nilai 0–100 jika ingin penilaian numerik standar.
  • Guru bisa memberi komentar tambahan untuk memberikan umpan balik spesifik per siswa.