Wednesday, September 17, 2025

📘 RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

 


📘 RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Satuan Pendidikan: SMP
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas/Semester: VIII / Genap
Materi Pokok: Ordering Food at a Restaurant
Alokasi Waktu: 2 × 40 menit
Model/Strategi: Scaffolding Learning


1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menyebutkan kosakata terkait makanan dan minuman dalam bahasa Inggris.

  2. Menirukan contoh percakapan sederhana tentang memesan makanan.

  3. Melengkapi dialog dengan ungkapan yang sesuai.

  4. Membuat dan mempraktikkan percakapan sederhana secara mandiri di depan kelas.


2. Kompetensi Dasar (KD)

  • 3.7: Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan sederhana sesuai konteks penggunaannya.

  • 4.7: Menyusun teks interaksi transaksional lisan sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.


3. Materi Pembelajaran

  • Kosakata makanan & minuman (fried rice, soup, tea, juice, etc.)

  • Ungkapan memesan makanan:

    • “Can I have …, please?”

    • “Anything else?”

    • “That’s all, thank you.”

  • Contoh percakapan ordering food.


4. Metode & Model Pembelajaran

  • Metode: Demonstrasi, tanya jawab, latihan, role play.

  • Strategi: Scaffolding (bertahap dari guru → bersama → siswa mandiri).


5. Media & Sumber Belajar

  • Media: Gambar/menu makanan, papan tulis, kartu dialog.

  • Sumber belajar: Buku teks Bahasa Inggris kelas VIII, materi tambahan guru.


6. Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Pendahuluan (10 menit)

  1. Guru memberi salam dan memotivasi siswa.

  2. Apersepsi: Guru menanyakan makanan/minuman favorit siswa.

  3. Menyampaikan tujuan pembelajaran.


B. Kegiatan Inti (60 menit) – Scaffolding Steps

  1. Modeling (Pemodelan oleh Guru)

    • Guru memperagakan percakapan memesan makanan di restoran.

    • Siswa mendengarkan dan menirukan.

  2. Guided Practice (Latihan Terbimbing)

    • Guru memberikan dialog setengah jadi.

    • Siswa melengkapi bersama guru.

  3. Prompts and Cues (Petunjuk/Isyarat)

    • Guru menunjukkan gambar/menu makanan.

    • Guru bertanya: “What do you want to order?” → siswa menjawab dengan bimbingan.

  4. Collaborative Practice (Latihan Berpasangan/Kelompok)

    • Siswa berpasangan.

    • Mereka berlatih dialog dengan bantuan menu.

    • Saling memberi dukungan.

  5. Independent Practice (Mandiri)

    • Siswa membuat percakapan sendiri (tanpa teks).

    • Beberapa pasangan maju untuk role play di depan kelas.


C. Penutup (10 menit)

  1. Guru memberi umpan balik tentang performa siswa (pronunciation, fluency, vocabulary).

  2. Guru menyimpulkan materi hari ini.

  3. Guru memberi motivasi agar siswa berlatih berbicara di rumah.

  4. Doa & salam penutup.


7. Penilaian

  • Sikap: Kerjasama, keaktifan, percaya diri.

  • Pengetahuan: Penguasaan kosakata & ungkapan.

  • Keterampilan: Performa speaking dalam role play.

Rubrik Speaking:

  • Fluency (1–5)

  • Pronunciation (1–5)

  • Vocabulary use (1–5)

  • Interaction (1–5)


📌 Dengan RPP ini, strategi scaffolding terlihat dari alur pembelajaran:
Guru memodelkan → latihan bersama → latihan dengan petunjuk → latihan berpasangan → mandiri.

No comments: