Wednesday, September 17, 2025

📘 RPP Ringkas – Scaffolding Strategy

 




📘 RPP Ringkas – Scaffolding Strategy

Satuan Pendidikan: SMP
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas/Semester: VIII / Genap
Materi Pokok: Ordering Food at a Restaurant
Alokasi Waktu: 2 × 40 menit


Komponen

Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

- Guru memberi salam, doa, dan motivasi. 

- Apersepsi: tanya makanan/minuman favorit siswa. 

- Menyampaikan tujuan pembelajaran.

10 menit

Kegiatan Inti 

(Scaffolding Steps)

1. Modeling (Pemodelan) 

- Guru memperagakan percakapan memesan makanan. 

- Siswa mendengarkan & menirukan. 


2. Guided Practice (Latihan Terbimbing) 

- Guru memberikan dialog setengah jadi. 

- Siswa melengkapi bersama guru. 


3. Prompts and Cues (Petunjuk/Isyarat) 

- Guru menunjukkan menu/gambar makanan. 

- Guru bertanya: “What do you want to order?” 

- Siswa menjawab dengan bantuan kata kunci. 


4. Collaborative Practice (Latihan Berpasangan) 

- Siswa berpasangan, berlatih percakapan dengan menu. 

- Saling membantu (peer scaffolding). 


5. Independent Practice (Mandiri) 

- Siswa membuat percakapan sendiri tanpa teks. 

- Beberapa pasangan maju role play di depan kelas.

60 menit

Penutup

- Guru memberi umpan balik (pronunciation, vocabulary, fluency). 

- Menyimpulkan materi. 

- Memberi motivasi untuk berlatih speaking di rumah. 

- Doa & salam penutup.

10 menit

📊 Penilaian

  • Sikap: kerjasama, keaktifan, percaya diri.
  • Pengetahuan: kosakata & ungkapan.
  • Keterampilan (Speaking Rubric):
    • Fluency (1–5)
    • Pronunciation (1–5)
    • Vocabulary (1–5)
    • Interaction (1–5)


Dengan format tabel ini, alur scaffolding sangat jelas:
👉 Guru → bersama → petunjuk → pasangan → mandiri.

No comments: