📘 RPP Ringkas – Scaffolding Strategy
Satuan Pendidikan: SMP
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas/Semester: VIII / Genap
Materi Pokok: Ordering Food at a Restaurant
Alokasi Waktu: 2 × 40 menit
Komponen | Kegiatan | Waktu |
Pendahuluan | - Guru memberi salam, doa, dan motivasi. - Apersepsi: tanya makanan/minuman favorit siswa. - Menyampaikan tujuan pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan Inti (Scaffolding Steps) | 1. Modeling (Pemodelan) - Guru memperagakan percakapan memesan makanan. - Siswa mendengarkan & menirukan. 2. Guided Practice (Latihan Terbimbing) - Guru memberikan dialog setengah jadi. - Siswa melengkapi bersama guru. 3. Prompts and Cues (Petunjuk/Isyarat) - Guru menunjukkan menu/gambar makanan. - Guru bertanya: “What do you want to order?” - Siswa menjawab dengan bantuan kata kunci. 4. Collaborative Practice (Latihan Berpasangan) - Siswa berpasangan, berlatih percakapan dengan menu. - Saling membantu (peer scaffolding). 5. Independent Practice (Mandiri) - Siswa membuat percakapan sendiri tanpa teks. - Beberapa pasangan maju role play di depan kelas. | 60 menit |
Penutup | - Guru memberi umpan balik (pronunciation, vocabulary, fluency). - Menyimpulkan materi. - Memberi motivasi untuk berlatih speaking di rumah. - Doa & salam penutup. | 10 menit |
📊 Penilaian
- Sikap: kerjasama, keaktifan, percaya diri.
- Pengetahuan: kosakata & ungkapan.
- Keterampilan (Speaking Rubric):
- Fluency (1–5)
- Pronunciation (1–5)
- Vocabulary (1–5)
- Interaction (1–5)
Dengan format tabel ini, alur scaffolding sangat jelas:
👉 Guru → bersama → petunjuk → pasangan → mandiri.
.jpg)

No comments:
Post a Comment