Berikut versi
tabel ringkas penerapan teori Vygotsky dalam kelas bahasa Inggris (reading, speaking, writing) yang bisa langsung dipakai di RPP atau bahan ajar:
Keterampilan | Situasi Kelas | ZPD (Kesulitan Siswa) | Scaffolding (Bimbingan Guru/Teman) | Hasil Belajar |
Reading | Membaca cerita pendek | Sulit memahami idiom atau kalimat kompleks | 1. Menjelaskan kata sulit sebelum membaca 2. Memberi pertanyaan pemicu (“What do you think happens next?”) 3. Membaca bersama kelompok kecil, siswa mahir membantu teman | Siswa dapat memahami keseluruhan cerita secara bertahap |
Speaking | Diskusi pengalaman liburan | Bisa menyebut kata/frasa, sulit menyusun kalimat lengkap | 1. Memberi contoh kalimat sederhana 2. Menyediakan “sentence starters”/frasa bantu 3. Paired speaking dengan teman lebih mahir | Siswa mampu menyampaikan pengalaman pribadi dengan percaya diri |
Writing | Menulis email singkat | Bisa menulis beberapa kalimat, belum tahu format dan ungkapan sopan | 1. Memberikan contoh email sederhana 2. Memberikan template (greeting, body, closing) 3. Feedback individu & peer review | Siswa dapat menulis email sederhana sesuai konteks dan sopan |


No comments:
Post a Comment