📝 Lesson Plan: Scaffolding Strategy in English Class
Topic: Ordering Food at a Restaurant
Level: Junior High School
Skill Focus: Speaking
Time: 2 × 40 minutes
1. Warm-Up (Motivation)
-
Guru menunjukkan gambar restoran dan bertanya:
“What do you say to the waiter if you want rice?” -
Tujuan: Mengaktifkan pengetahuan awal (prior knowledge).
2. Modeling (Pemodelan oleh Guru)
-
Guru memperagakan percakapan sederhana:
-
A: “Good evening. Can I have fried rice, please?”
-
B: “Sure. Anything else?”
-
A: “A glass of tea, please.”
-
-
Guru membacakan dengan intonasi yang benar.
-
Siswa mendengarkan dan menirukan.
3. Guided Practice (Latihan Terbimbing)
-
Guru memberikan dialog setengah jadi (fill in the blanks).
-
A: “Good evening. Can I have ________, please?”
-
B: “Sure. ________?”
-
A: “A glass of ________, please.”
-
-
Siswa melengkapi bersama guru.
4. Use of Prompts and Cues (Petunjuk/Isyarat)
-
Guru menunjukkan menu makanan (gambar/papan tulis).
-
Guru bertanya: “What do you want to order?”
-
Siswa menjawab dengan bimbingan kata kunci dari guru.
5. Collaborative Practice (Bantuan Teman Sebaya)
-
Siswa berpasangan.
-
Mereka berlatih percakapan dengan bantuan menu bergambar.
-
Teman yang lebih kuat membantu yang masih kesulitan.
6. Independent Practice (Mandiri)
-
Guru meminta siswa berkreasi membuat percakapan sendiri tanpa teks.
-
Beberapa pasangan maju untuk memperagakan di depan kelas.
7. Reflection and Feedback
-
Guru memberikan umpan balik (pronunciation, vocabulary, fluency).
-
Guru memuji usaha siswa dan memberi catatan perbaikan.
📌 Alur Scaffolding terlihat jelas:
-
Guru memberi dukungan penuh (modeling).
-
Guru & siswa berlatih bersama (guided practice + cues).
-
Siswa berlatih dengan bantuan teman (peer scaffolding).
-
Siswa akhirnya mandiri (independent practice).


No comments:
Post a Comment