Wednesday, September 17, 2025

📝 Lesson Plan: Scaffolding Strategy in English Class

 




📝 Lesson Plan: Scaffolding Strategy in English Class

Topic: Ordering Food at a Restaurant
Level: Junior High School
Skill Focus: Speaking
Time: 2 × 40 minutes


1. Warm-Up (Motivation)

  • Guru menunjukkan gambar restoran dan bertanya:
    “What do you say to the waiter if you want rice?”

  • Tujuan: Mengaktifkan pengetahuan awal (prior knowledge).


2. Modeling (Pemodelan oleh Guru)

  • Guru memperagakan percakapan sederhana:

    • A: “Good evening. Can I have fried rice, please?”

    • B: “Sure. Anything else?”

    • A: “A glass of tea, please.”

  • Guru membacakan dengan intonasi yang benar.

  • Siswa mendengarkan dan menirukan.


3. Guided Practice (Latihan Terbimbing)

  • Guru memberikan dialog setengah jadi (fill in the blanks).

    • A: “Good evening. Can I have ________, please?”

    • B: “Sure. ________?”

    • A: “A glass of ________, please.”

  • Siswa melengkapi bersama guru.


4. Use of Prompts and Cues (Petunjuk/Isyarat)

  • Guru menunjukkan menu makanan (gambar/papan tulis).

  • Guru bertanya: “What do you want to order?”

  • Siswa menjawab dengan bimbingan kata kunci dari guru.


5. Collaborative Practice (Bantuan Teman Sebaya)

  • Siswa berpasangan.

  • Mereka berlatih percakapan dengan bantuan menu bergambar.

  • Teman yang lebih kuat membantu yang masih kesulitan.


6. Independent Practice (Mandiri)

  • Guru meminta siswa berkreasi membuat percakapan sendiri tanpa teks.

  • Beberapa pasangan maju untuk memperagakan di depan kelas.


7. Reflection and Feedback

  • Guru memberikan umpan balik (pronunciation, vocabulary, fluency).

  • Guru memuji usaha siswa dan memberi catatan perbaikan.


📌 Alur Scaffolding terlihat jelas:

  1. Guru memberi dukungan penuh (modeling).

  2. Guru & siswa berlatih bersama (guided practice + cues).

  3. Siswa berlatih dengan bantuan teman (peer scaffolding).

  4. Siswa akhirnya mandiri (independent practice).

No comments: