Wednesday, September 17, 2025

RPP Mini: Penerapan Teori Vygotsky (Reading, Speaking, Writing)

 




RPP Mini: Penerapan Teori Vygotsky (Reading, Speaking, Writing)

Topik: Pengalaman Liburan
Kelas: SD/SMP (tingkat menengah)
Durasi: 40 menit

Waktu

Kegiatan

Metode/Strategi

Penerapan Vygotsky

0–5 menit

Pendahuluan: Menyapa siswa, menanyakan pengalaman liburan singkat

Tanya jawab

Aktivasi ZPD: guru mengecek kemampuan awal siswa berbicara bahasa Inggris

5–15 menit

Reading: Membaca cerita pendek tentang liburan

Membaca bersama, diskusi kelompok kecil

Scaffolding: guru menjelaskan kata sulit, memberi pertanyaan pemicu; siswa mahir membantu teman; siswa memahami isi cerita secara bertahap

15–25 menit

Speaking: Diskusi pengalaman liburan

Paired speaking, menggunakan “sentence starters”

Scaffolding: guru memberi contoh kalimat; teman lebih mahir memodelkan bahasa; siswa menyusun kalimat sendiri

25–35 menit

Writing: Menulis email singkat tentang liburan

Menulis individu, menggunakan template email

Scaffolding: guru memberikan contoh email; template (greeting, body, closing); peer review; feedback individu

35–40 menit

Penutup: Presentasi singkat & refleksi

Siswa membacakan cerita/email atau menceritakan pengalaman

Mengevaluasi pemahaman & kemampuan siswa setelah dibimbing; siswa menginternalisasi pembelajaran

No comments: