RPP Mini: Penerapan Teori Vygotsky (Reading, Speaking, Writing)
Topik: Pengalaman Liburan
Kelas: SD/SMP (tingkat menengah)
Durasi: 40 menit
Waktu | Kegiatan | Metode/Strategi | Penerapan Vygotsky |
0–5 menit | Pendahuluan: Menyapa siswa, menanyakan pengalaman liburan singkat | Tanya jawab | Aktivasi ZPD: guru mengecek kemampuan awal siswa berbicara bahasa Inggris |
5–15 menit | Reading: Membaca cerita pendek tentang liburan | Membaca bersama, diskusi kelompok kecil | Scaffolding: guru menjelaskan kata sulit, memberi pertanyaan pemicu; siswa mahir membantu teman; siswa memahami isi cerita secara bertahap |
15–25 menit | Speaking: Diskusi pengalaman liburan | Paired speaking, menggunakan “sentence starters” | Scaffolding: guru memberi contoh kalimat; teman lebih mahir memodelkan bahasa; siswa menyusun kalimat sendiri |
25–35 menit | Writing: Menulis email singkat tentang liburan | Menulis individu, menggunakan template email | Scaffolding: guru memberikan contoh email; template (greeting, body, closing); peer review; feedback individu |
35–40 menit | Penutup: Presentasi singkat & refleksi | Siswa membacakan cerita/email atau menceritakan pengalaman | Mengevaluasi pemahaman & kemampuan siswa setelah dibimbing; siswa menginternalisasi pembelajaran |
.jpg)

No comments:
Post a Comment