Tuesday, August 18, 2009

tesis cover k4


MOTIF-MOTIF PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LOADED KARYA CHRISTOS TSIOLKAS

Telaah Novel Australia dengan Pendekatan Psikoanalisis











TESIS


Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Mencapai
Derajat Sarjana Strata 2 dalam Ilmu Susastra



MAGISTER ILMU SUSASTRA


MUHAMMAD ARIEF BUDIMAN
A4A006013




PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER ILMU SUSASTRA
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2009


TESIS

MOTIF-MOTIF PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LOADED KARYA CHRISTOS TSIOLKAS

Telaah Novel Australia dengan Pendekatan Psikoanalisis





Disusun oleh:
Muhammad Arief Budiman
A4A006013






Telah disetujui oleh Tim Pembimbing
Penulisan Tesis pada Tanggal 1 Juni 2009








Pembimbing Utama Pembimbing Kedua




Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono Drs. Sunarwoto, MS, M.A.



Ketua Program Studi
Magister Ilmu Susastra




Prof. Nurdin H. Kistanto, M.A., Ph.D


PERNYATAAN


Dengan ini saya menyatakan bahwa tesis ini adalah hasil pekerjaan saya sendiri dan di dalamnya tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya. Pengetahuan yang diperoleh dari hasil penerbitan maupun yang belum/tidak diterbitkan, sumbernya disebutkan dan dijelaskan di dalam teks dan daftar pustaka.





Semarang, 1 Juni 2009





Muhammad Arief Budiman


























PRAKATA


Segala puji sepanjang waktu teruntuk Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang karena atas curahan kasih sayang, limpahan keridhoan, serta sentuhan ilmu-Nya tesis ini bisa selesai walalupun tidak tepat waktu. Terima kasih yang terdalam, yang terbaik, dan yang terikhlas kepada Allah SWT yang selalu memancarkan semangat belajar dalam jiwa hamba-Nya dan menjawab doa-doa hamba-Nya dengan sepenuh sifat kesempurnaan-Nya.
Samudera penghormatan yang sedalam-dalamnya untuk kedua orang tua yang tidak pernah lelah memberi semangat serta dukungan jasmani dan rohani. Terima kasih setulusnya pada seluruh keluarga yang terlah berjasa ikut menyemangati penulis ketika dalam keadaan down.
Penghargaan dan ucapan terima kasih yang tiada terhingga kepada Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono sebagai pembimbing utama penulisan tesis ini dari awal sampai akhir yang telah membagi ilmunya kepada penulis. Demikian pula ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Drs. Sunarwoto, MS, M.A selaku pembimbing kedua yang dengan segala kesabaran dan kebaikannya dalam membimbing, memberikan saran, serta kontribusi bantuan akademiknya baik selama kuliah maupaun selama proses penulisan tesis ini.
Ucapan terima kasih yang terdalam kepada Prof. Nurdin H. Kistanto, M.A., Ph.D selaku Ketua Program Studi Pascasarjana Magister Ilmu Susastra Undip dan dosen mata kuliah Seminar Sastra yang telah banyak memberikan review atas proposal tesis saya, juga kepada Drs. Redyanto Noor, M.Hum selaku sekretaris jurusan atas segala bantuan dan kebaikan pelayanan akademiknya selama ini sehingga saya mampu menyelesaikan studi ini tepat waktu.
Dukungan moral, kebikan, ketulusan, dan segala bantuan dari teman-teman seangkatan yang selalu penuh ceria sehingga menimbulkan suasana santai selama proses perkuliahan, saya sanjungkan penghormatan dan rasa terima kasih. Untuk teman-teman yang mengaku satu geng dengan saya (Mbak Elis, Dwi, dan Putu), saya ucapkan jutaan terima kasih atas saling pengertiannya selama proses penyusunan tesis ini.
Dalamnya respek dan rasa terima kasih juga untuk geng sepeda (Nina dan Olip) yang telah memberi banyak inspirasi, motivasi, spirit, ketenangan, kedamain, serta kesabaran hati selama penulisan ini. Terima kasih untuk Nina yang telah menyediakan waktunya untuk mendengarkan semua keluh kesah tentang tesis ini, dan dengan rela hati mengantar bimbingan.
Yang terakhir saya ucapkan terima kasih mbak Ari dan mas Dwi sebagai staf Magister Ilmu Susastra Undip atas keramahan dan kesabaran dalam membantu berbagai hal untuk kelancaran kuliah saya dari awal hingga akhir. Serta ucapan terima kasih kepada semua pihak baik secara langsung maupun tidak langsung yang telah membantu selesainya tesis ini.
Dengan segala kesadaran, saya mengakui bahwa penelitian tesis ini masih sangat jauh dari keserbasempurnaan, sehingga saya bersenang hati menerima segala kritik dan saran pembaca demi kesempurnaan tesis ini. Akhir kata semoga penelitian tesis ini mampu meberi pencerahan bagi dunia keilmuan sastra dan manfaat yang maksimal bagi pembaca semua. Amin.


Semarang, 1 Juni 2009





Muhammad Arief Budiman












DAFTAR ISI



BAB I PENDAHULUAN 1
1.1. Latar Belakang Masalah 1
1.1.1. Relasi antara Sastra dan Psikologi 1
1.2. Rumusan Masalah 3
1.3. Tujuan dan Manfaat Penelitian 3
1.3.1. Tujuan Penelitian 3
1.3.2. Manfaat Penelitian 4
1.4. Ruang Lingkup Penelitian 4
1.5. Metode Penelitian 4
1.5.1. Pendekatan Penelitian 4
1.5.2. Metode Pengumpulan Data 5
1.6. Sistematika Penulisan 6
BAB II TINJAUAN PUSTAKA 8
2.1. Penelitian Sebelumnya 8
2.2. Teori Psikoanalisis Freud 10
2.2.1. Struktur Kepribadian 11
2.2.2. Mekanisme Pertahanan Ego 13
2.2.3. Teori Libido dan Destrudo 17
2.2.3.1. Teori Libido 17
2.2.3.2. Teori Destrudo 18
2.2.4. Teori Hedonisme 19
2.2.5. Motif 21
BAB III MEKANISME PERTAHANAN EGO PADA TOKOH UTAMA
NOVEL LOADED KARYA CHRISTOS TSIOLKAS 24
3.1. Trigger atau Motivasi 24
3.1.1. Motif Proyeksi 24
3.1.2. Motif Pembentukan Reaksi 25
3.1.3. Motif Represi 26
3.1.4. Motif Fiksasi 28
3.1.5. Motif Regresi 36
3.1.6. Motif Introyeksi dan Identifikasi 37
3.1.7. Motif Pengalihan atau Displacement 38
3.1.8. Motif Sublimasi 40
3.1.9. Motif Rasionalisasi 41
3.2. Bentuk Mekanisme Pertahanan Ego yang Muncul 42
3.2.1. Struktur Kepribadian 42
3.2.2. Mekanisme-mekanisme Pertahanan Ego 48
3.2.2.1. Proyeksi 48
3.2.2.2. Pembentukan Reaksi 51
3.2.2.3. Represi 54
3.2.2.4. Fiksasi 56
3.2.2.5. Regresi 57
3.2.2.6. Introyeksi 59
3.2.2.7. Pengalihan 60
3.2.2.8. Sublimasi 61
3.2.2.9. Rasionalisasi 62
3.3. Dampak 63
3.3.1. Dampak Proyeksi 63
3.3.2. Dampak Pembentukan Reaksi 64
3.3.3. Dampak Represi 66
3.3.4. Dampak Fiksasi 71
3.3.5. Dampak Regresi 72
3.3.6. Dampak Introyeksi 73
3.3.7. Dampak Pengalihan 73
3.3.8. Dampak Sublimasi 74
3.3.9. Dampak Rasionalisasi 76
BAB V KESIMPULAN 81
DAFTAR PUSTAKA 84
LAMPIRAN





























ABSTRAK


Australia merupakan benua yang sekaligus berkedudukan sebagai sebuah negara. Dengan kondisi sebagai negara besar, maka terdapat berbagai percampuran kebudayaan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang berasal dari pendatang yang berbeda-beda latar belakang kebudayaannya. Hal ini menimbulkan berbagai permasalahan yang timbul karena perbedaan kultur masing-masing penduduk.
Tiga rumusan permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah; (1) apa motif tokoh utama menjalani hidup tanpa pekerjaan, (2) apa motif tokoh utama menolak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan (3) apa motif tokoh utama melakuakn freesex dan kecanduan obat-obatan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian tesis ini adalah psikologi sastra dengan memanfaatkan teori Psikoanalisis Freud sebagai pijakan untuk mrnganalisis struktur kepribadian, motif tindakan, mekanisme pertahan ego, serta dampak dari segala tindakan yang dilakukan tokoh utama.
Hasil penelitian novel Loaded ini menunjukkan bahwa tokoh utama sebagai remaja Australia mengalami kebingungan dalam pencarian jati diri. Setiap tindakan yang dilakukannya mempunyai motif untuk menyenangkan diri sendiri. Untuk menghindari segala kesengsaraan, tokoh utama melakukan berbagai macam mekanisme pertahanan ego. Dampak dari segala tindakannya untuk mencari kesenangan maksimal membawanya dalam gaya hidup yang merusak diri sendiri.



















Kata Kunci : struktur kepribadian, motif tindakan, mekanisme pertahanan ego, dampak tindakan
ABSTRACT


Australia is both a continent and a country. As a big country, there are many culture mix in daily life that come from imigrants who have different cultural background. This causes many problems that arise because of people’s different background culture.
Three problem formulations which are discussed in this thesis are; (1) what is the main character’s motive live without a job, (2) what is the main character’s motive rejecting to continue his study, (3) what is the main character’s motive doing freesex and drugs. Whereas the approach used in this thesis research is literary psichology by making use of Freud’s psychoanalysis as fudamental to analyze personality structure, motive of action, ego defend mechanism, and effect of action done by the main character.
The result of this recearsh indicates that the main character as Australian teenager having problem in finding his identity. He did every action to give maximum pleasure for himself. For avoiding misery, the main character applies some ego defend mechanisms. The effect af all his action in serching maximum pleasure leads him to destructing lifestyle.

























Key Words: personality atructure, motive of action, ego defend mechanism, effect of action

No comments: