Berikut adalah jenis-jenis media pembelajaran berbasis teknologi (technology-based learning media) yang umum digunakan dalam konteks pendidikan, termasuk di sekolah dasar:
1. Multimedia Interaktif
Media yang menggabungkan teks, gambar, audio, video, dan animasi untuk menciptakan pembelajaran yang menarik.
-
Contoh: CD pembelajaran interaktif, aplikasi edukasi seperti Khan Academy Kids atau ABCmouse.
2. Aplikasi Mobile (Mobile Learning Apps)
Aplikasi yang dirancang untuk perangkat mobile (tablet, smartphone) dengan fitur pembelajaran.
-
Contoh: Duolingo, Quizizz, Kahoot!, Google Classroom (mobile).
3. Learning Management System (LMS)
Platform online untuk mengelola aktivitas pembelajaran seperti mengunggah materi, memberikan tugas, dan melakukan penilaian.
-
Contoh: Moodle, Edmodo, Schoology, Google Classroom.
4. Game-Based Learning
Media pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa.
-
Contoh: Minecraft: Education Edition, Prodigy Math Game, Wordwall.
5. Video Pembelajaran
Video yang menjelaskan konsep pembelajaran, bisa berupa rekaman guru, animasi, atau kombinasi.
-
Contoh: YouTube Edu, video dari Khan Academy, Rumah Belajar (Kemendikbud RI).
6. Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)
Teknologi yang memungkinkan siswa merasakan pengalaman belajar yang imersif.
-
Contoh: Quiver (AR coloring), Google Expeditions, Merge Cube.
7. E-Book dan Digital Storytelling
Buku digital atau cerita interaktif yang bisa diakses melalui perangkat digital.
-
Contoh: Epic!, StoryJumper, Book Creator.
8. Podcast dan Audio Learning
Materi pembelajaran dalam bentuk audio, bisa didengarkan kapan saja.
-
Contoh: Podcast edukasi anak seperti Brains On!, audio buku edukatif.
9. Simulasi dan Virtual Lab
Media digital untuk melakukan eksperimen atau praktik secara virtual.
-
Contoh: PhET Simulations, Labster (untuk sains).
10. Artificial Intelligence (AI)-Assisted Learning
Media yang menggunakan AI untuk menyesuaikan materi dengan kebutuhan belajar siswa.
-
Contoh: Socratic by Google, ChatGPT, Carnegie Learning (untuk personalisasi pembelajaran matematika).

No comments:
Post a Comment