Istilah ilmiah yang biasa digunakan untuk benda-benda di sekitar yang digunakan sebagai media pembelajaran antara lain:
-
Media konkret (concrete media)
→ Mengacu pada benda nyata yang dapat dilihat, disentuh, atau digunakan langsung oleh siswa untuk membantu pemahaman konsep.
Contoh: daun, batu, mainan, alat dapur, atau benda di kelas. -
Media realia (realia)
→ Istilah yang lebih ilmiah dan sering digunakan dalam literatur pendidikan bahasa maupun pendidikan dasar. Realia berarti “benda nyata” yang digunakan untuk memperjelas makna atau konsep pembelajaran.
Contoh: menggunakan uang asli saat belajar matematika tentang nilai mata uang. -
Media berbasis lingkungan (environment-based media)
→ Mengacu pada pemanfaatan lingkungan sekitar (alami maupun buatan) sebagai sumber belajar atau media pembelajaran.
Contoh: taman sekolah, pasar, atau halaman rumah dijadikan media belajar. -
Media manipulatif (manipulative media)
→ Benda-benda yang bisa diubah, diatur, atau dimanipulasi untuk membantu siswa memahami konsep abstrak melalui pengalaman langsung.
Contoh: balok berhitung, kancing warna, atau potongan kertas bentuk geometri. -
Sumber belajar konkret (concrete learning resources)
→ Istilah lebih umum untuk segala bentuk benda atau objek nyata di sekitar yang mendukung kegiatan belajar.
📘 Kesimpulan:
Istilah ilmiah yang paling sering digunakan dalam konteks pendidikan untuk “benda-benda di sekitar yang digunakan sebagai media pembelajaran” adalah realia atau media konkret.
Jika konteks penelitianmu bersifat akademik (misalnya untuk artikel atau tesis), istilah realia akan terdengar paling formal dan diterima secara luas.


No comments:
Post a Comment