Monday, June 29, 2009

agama


agama sebagai tempat aman


menurut abraham maslow, salah satu kebutuhan manusia adalah rasa aman. kebutuhan akan rasa aman didorong untuk mendapatkan ketenteraman, keteraturan, dan kepuasan. seperti orang-orang yang mencari pekerjaan tetap agar merasa aman karena telah memiliki gaji tetap. namun maslow juga menyebutkan bahwa agama adalah juga merupakan salah satu cara untuk mencari perlindungan dari dunia yang tidak aman. kita beragama bukan karena kita percaya adanya tuhan. namun kita beragama karena didorong untuk percaya bahwa dengan bertuhan maka kita akan merasa aman karena tuhan sudah mengatur segalanya. jadi kepikiran.... kalo selama ini aku merasa tidak aman karena sudah sekian lama aku tidak pernah berhasil mendapatkan pekerjaan dan merasa diri tidak berguna, pesimis, putus asa, de esbe. sekarang aku mau menanamkan ke otakku bahwa semuanya akan baik2 saja karena aku adalah manusia beragama. aku percaya tuhan akan mengatur segalanya untukku. tapi aku takut kalo nanti pikiran ini membuatku kebablasan bahwa karena percaya tuhan sudah mengatur segalanya terus aku tidak bertindak apa2, hanya pasrah saja.

No comments: