Tuesday, July 6, 2010

hacho - camilan coklat yang mengandung habatusauda


Herbal Habbatussauda dalam bentuk kapsul atau minyak adalah hal biasa dalam pengobatan. Tapi bagaimana jika Habbatussauda tampil dalam bentuk camilan coklat yang manis? Hal ini tentu luar biasa karena belum pernah ada yang meramunya dalam bentuk camilan coklat.
Hacho (Habbatussauda Chocolate) adalah salah satu produk dari Coklat Dach yang mengandung herbal Habbatussauda. Disamping Habbatussauda, Hacho juga mengandung bubuk cocoa murni, jinten putih, Zingiber officinale, dan sebagainya yang membuatnya jadi camilan yang menyehatkan.


Mengenal Manfaat Jinten Hitam (Habbatussauda)

Habatussauda adalah biji jinten hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Nigella Sativa, nama latin dari Habbatussauda, sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Konon, raja-raja Yunani dikubur bersama dengan biji-biji Habbatussauda yang berfungsi untuk mengawetkan mayat.

Habbatussauda pertama ditemukan di daerah Tutankhamen, Mesir dan memiliki peranan penting dalam praktek kehidupan Mesir Kuno. Tanaman ini tumbuh liar di negara-negara Mediterania, dan dikembangbiakkan di Mesir dan Siria.

Tumbuhan ini sudah digunakan untuk pengobatan selama berabad-abad di Asia, Timur Tengah dan Afrika. Secara tradisional digunakan untuk pengobatan sakit pernafasan, perut, ginjal, liver dan memperkuat system kekebalan tubuh.

Dioscoredes, ahli fisika Yunani di abad ke satu, melaporkan bahwa Habbatussauda dipakai untuk mengobati sakit kepala, hidung tersumbat, sakit gigi, dan penyakit dalam. Selain itu juga digunakan untuk membantu masa menstruasi dan meningkatkan produksi Air Susu Ibu.

Ibnu Sina (980-1037), dalam karya terbesarnya “The Canon of Medicine”, yang dianggap banyak orang sebagai buku paling terkenal di dunia kedokteran, baik di Timur atau di Barat, menyatakan Habbatussauda bermanfaat “Menstimulasi energi di tubuh dan membantu penyembuhan dari kelelahan atau kurang semangat”.


Habbatussauda dalam Islam

Dalam agama Islam, Habbatussauda sudah dikenal sebagai obat bagi berbagai penyakit. Dalam sebuah hadist , Nabi Muhammad mengatakan;
“Sesungguhnya, al-Habbatus al-Sawda’ dapat menyembuhkan segala macam penyakit, kecuali As-sam.” Saya bertanya: “Apakah as-sam itu ?” Baginda menjawab : ‘As-sam yaitu maut !” ( Riwayat Bukhari ).

Didalam kitab Shahih Bukhari Muslim, Abu Hurairah r.a. berkata bahwa dia pernah mendengar Nabi besar Muhammad S.A.W. bersabda sebagai berikut :
“Tetaplah dengan al-Habbah al-Sawda” karena sesungguhnya ia mengandung obat bagi segala penyakit, kecuali as-sam atau mati.”


KANDUNGAN HABBATUSSAUDA

- Oleat (Omega 9), Linoleat (Omega 6), Linolenat (Omega 3)
- Minyak-minyak volatile atau minyak esensial
- Fitosterol
- Alkaloid (Nigelleine dan Nigellamine-n-oxide)
- Asam-asam Amino
- Habbbatussauda memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan kaya. Protein yang dikandungnya sekitar 21%, karbohidrat 35% dan lemak 35-38%, monosakarida dan polisakarida non-starch. Monosakarida terdapat dalam bentuk glucose, rhamnose, xylose, dan arabinose. Sedangkan kandungan polisakarida non-starch yang merupakan sumber yang berguna untuk serat diet.
- Habbatussauda juga mengandung Arginin yang penting pada masa pertumbuhan. Analisis kimia lanjutan menemukan bahwa habatussauda mengandung karotin, yang diubah oleh liver menjadi vitamin A. la juga memiliki kandungan kalsium, zat besi, sodium dan potassium.

Komposisinya yang paling penting ialah:
- Thymoquinone (TQ)
- Ditiymoquinone (DTQ)
- Thymohydroquinone (THQ)
- Thymol (THY).


KHASIAT HABBATUSSAUDA

- Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh (imunitas) terhadap penyakit. (U.S Patents Sections, Antiviral Agents Buletin #5,482,711).

- Menstimulasi sumsum tulang dan sel imun, melindungi sel normal melawan virus, sel-sel tumor, dan memacu produksi sel Limposit B. (Cancer Immunobiology Laboratory, South Carolina, USA).

- Habbatussauda mempunyai peranan penting daiam penyembuhan kanker, AIDS, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. (Saudi Pharmaceutical Journal tahun 1993 oleh Dr. Basil Ali dan rekan-rekannya dari College of Medicine, King Faisal University).

- Habbatussauda memiliki aktifitas antibiotik (Pakistan Journal Pharmacy) dan aktifitas Antihistamin/antialergi, dengan kandungan Cristaline nigellone (Study Nirmal chakravarty,M.D), juga mempunyai aktifitas Antimycotic (anti jamur), antioxidant, dan Bronchodilating effect (anti asma) (Study Blackseed Oil on Human, American Scientist).
Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dari Nigella dapat mengisolasi dithymoquinone, minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari Volatile Nigella. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma bronchial.
Penelitian yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD pada tahun 1993, membuktikan kristal dari nigellone memberi efek supresif. Kristal-kristal ini dapat menghambat proteinkinase C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamin. Penelitian lain juga membuktikan hal serupa. Kali ini dilakukan oleh Dr. Med. Peter Schleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich, ia melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi.
Hasilnya cukup meyakinkan, 70% yang menderita alergi terhadap debu, serbuk, jerawat, dan asma sembuh setelah diberi minyak
Habbatussauda. Dalam praktiknya, DR. Schleincher memberi resep Habbatussauda ke pasiennya yang menderita infuenza.

- Habbatussauda terbukti dapat melawan kanker dengan aktifitas Anti-Angiogenic (International Immunobiology Research Laboratory, South Carolina, USA).

- Menurunkan kadar gula darah pada penderita Hiperglikemi/Diabetes (Institute of Indigenous Medicine, University of Colombo).

- Menurunkan kadar Kholesterol darah pada penderita Hipercholesterolemia (Institute of Indigenous Medicine, University of Colombo).

- Memiliki khasiat Haemopoetic, anti anemia agent (Institute of Indigenous Medicine, University of Colombo).

- Memiliki aktifitas Hipotensive atau menurunkan tekanan darah tinggi. (Al Tahir).
meningkatkan produksi ASI (University of Patchefstroom).

- Memiliki aktifitas antiradang (Pharmacology Research Laboratories, Departement of Pharmacy, Kings College, London).

- Efek Antibiotiknya berkhasiat melawan kuman E.coli (penyebab diare), E.histolytica (Penyebab Amoebiasis), M.pyogenes (penyebab abses/bisul), B.subtilis, D.pneumoniae (penyebab radang Paru), Sal.typhi & paratyphi (penyebab Typhus), Shigella boydi,sonnie dan Sh.dysentriae (penyebab Dysentry), B.anthracis (penyebab penyakit anthrax), Staph.albus, Staph.aureus (penyebab macam-macam infeksi dan radang) (Barghava and Chauhan and Agarwal et.al) Vibrio cholera (penyebab kolera) (Ferdous et.al).

- Meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kewaspadaan. Dengan kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linolenat (Omega 3), Habbatussauda merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Habbatussauda juga memperbaiki peredaran darah ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.


Anjuran Konsumsi Hacho
Untuk anak-anak usia 1 – 7 tahun : 1 butir, tiga kali sehari.
Untuk anak-anak usia 8 – 12 tahun : 2 butir, tiga kali sehari.
Untuk dewasa di atas 13 tahun : 2-4 butir, tiga kali sehari.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya dikonsumsi ½ jam sebelum makan.


Harga dan Isi Perkemasan
1 Kotak Hacho berisi 36 butir Praline = Rp.150.000 (belum termasuk ongkos kirim).

Harga promo hanya untuk teman2 di facebook >> Rp 75 ribu (disc 50%).

Promo ini terbatas hanya utk 100 box. Bergegaslah untuk membeli karena dari 3000 friend fb, hanya tersedia 100 box Coklat Dach dg harga promo.

Untuk pemesanan Hacho, silahkan SMS saya di 08174745269

Pentransferan ke Rek BCA 7680110209 Cabang Teuku Umar Denpasar a/n Andreas Hermawan Arifandi

No comments: