Sunday, August 1, 2010

persiapan ramadan


Sebentar lagi Bulan Ramadhan tiba lagi , tidak terasa hari – hari cepat berlalu, lantas apa yang sudah di petik dari pelajaran ramadhan yang lalu sebelum kita menyambut datangnya Ramadhan 1430 H pada tahun ini, seharusnya kita lebih baik kan !, mudah – mudahan Amin..!.

Nah, untuk menyambut persiapan menjelang bulan Ramadhan ini apakah segala sesuatunya sudah dipersiapkan? Ada sebuah penanggalan nasyid yang saya kutip dari artikel blog lain, cukup menggelitik, ini bunyinya :

“ Menjelang berbuka, duduk di depan meja, menatap makanan yang tersedia
Kolang-kaling, kolak pisang, es buah, begitu banyak lauk lainnya
Pintu diketuk disangka bunyi beduk, makanan langsung aja diseruduk
Perut pun kembung, pikiran melembung, waktu sholat roka’at lupa hitung “

Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Khottob radiallahuanhuma berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Islam dibangun diatas lima perkara; Bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan bahwa nabi Muhammad utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan haji dan puasa Ramadhan. (Riwayat Tirmizi dan Muslim)

Maksud hati mendapatkan manfaat Ramadhan yang salah satunya untuk menyehatkan fisik kita, justru Ramadhan malah semakin meningkatkan kadar lemak di tubuh kita. Untuk itu, agar ibadah di bulan Ramadhan kita bermanfaat, paling tidak ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan.

1. Persiapan Iman, Bulan Ramadhan sudah semestinya bulan untuk beramal, dan Iman adalah ibarat energi yang menggerakkan ibadah kita di bulan Ramadhan. Seperti halnya pada sebuah klub professional , semua perlu latihan mental maupun fisik jauh-jauh hari sebelum melaksanakan pertandingan yang sebenarnya, dimaksudkan agar lebih siap dalam saat pertandingan.

2. Persiapan Fisik, Sebelum menjalani puasa bulan ramadhan sebaiknya kita latihan puasa dahulu. Rasulullah SAW membiasakan diri beliau unuk banyak berpuasa sebelum bulan Ramadhan. Sehingga ketika memasuki Ramadhan, puasanya menjadi puasa yang terbaik.

3. Persiapan Ilmu, mau bermain sepak bola, tapi nggak tahu peraturannya? Bukan kiper tapi kerjaannya menangkap bola dengan tangan. Sudah pasti wasit akan menyempritnya kan? Pun, puasa demikianlah halnya. Jangan-jangan kita puasanya nggak benar. Hadirilah kajian/pengajian yang membahas tentang fiqh puasa, amalan-amalan di bulan Ramadhan dan lain sebagainya. Sehingga puasa dan amal kita menjadi amalan yang baik dan benar.

4. Persiapan Biaya , ini yang terakhir, kenapa harus mempersiapkan biaya ? Apakah kita harus dan akan banyak mempersiapkannya untuk membeli buka puasa? Tentu tidak, Makan dengan sederhana itu sudah cukup, Apakah kita harus membeli baju – baju yang bagus dan mahal-mahal?, Tentu tidak..memakai baju lama atau baru sama saja asal bersih dan rapih, karena bersih sebagian dari pada iman.

Yang saya maksudkan di sini , apa salahnya jika kita mempunyai keuangan lebih dan mempersiapkannya untuk saling berbagi kepada sesama terutama pada yang memerlukannya, Allah SWT telah berjanji untuk melipatgandakan seluruh Infaq dan shadaqah kita di bulan Ramadhan ini. Dan jangan lupa untuk membayar zakat fitrah kita nanti.

Nah.. Sekarang apakah kita sudah siap akan menjalani puasa di bulan ramadhan, Mari kita persiapkan kembali bekal kita untuk Ramadhan kita kali ini, semoga kita mendapat keberkahan dan kembali fitrah.

No comments: