Sunday, August 1, 2010

renungan menjelang ramadan


Dengan menyebut Asma Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.
Assalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Segala puji hanya hanya bagi Allah,yg memuliakan islam dengan pertolongan-Nya,yg menghinakan kesyirikan dengan keperkasaan-Nya.Mengatur semua urusan dgn ketetapan-Nya,mengulur batas waktu bagi orang-orang kafir dengan makar-Nya.Yang mempergilirkan hari2 bagi manusia dgn keadilan-Nya,dan yg menjadikan hasil akhir sbg milik orang2 yg bertaqwa dengan keutamaan-Nya.
Shalawat serta salam senantiasa kita curahkan kepada baginda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam,keluarga,para sahabat,serta kaum muslimin yg selalu mengikuti risalahnya.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS Al-Baqarah 183)

Saudaraku !!!
Tak terasa Ramadhan telah sampai di depan pelupuk mata. Kini bulan itu akan segera datang menghampiri kita. Ramadhan adalah bulan istimewa yang selalu dinanti dan dirindukan bagi pencari kenikmatan ibadah, bagi pemburu manisnya ketaatan dan bagi yang cinta akan kepuasan ruhani. Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan dengan membawa sejuta keutamaan dan pesona. Bulan dimana Allah SWT membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu neraka.

Saudaraku tercinta,
Rasulullah SAW pun berbahagia dan biasa menyampaikan kabar gembira tentang kedatangan bulan Ramadhan kepada para sahabatnya. Abu Hurairah menuturkannya kepada kita “Rasulullah SAW biasa menyampaikan kabar gembira dengan kedatangan bulan Ramadhan. Beliau bersabda “Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan nan penuh berkah, Allah mewajibkan shaum di bulan ini atas kamu. Pada bulan-bulan ini pintu jannah dibuka, pintu neraka ditutup dan setan di belenggu. Di bulan ini ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa tidak mendapat kebaikan di bulan ini niscaya tidak ada kebaikan baginya.”

Mari kita bermuhasabah diri dengan akan datangnya Bulan Ramadhan...
Kita renungkan segala perbuatan maksiat kita agar tdk terjadi di bulan Ramadhan dan bulan setelahnya.......
Kita jadikan bulan Ramadhan yg akan tiba ini sebagai tolak ukur segala amal ibadah kita, agar seteleh berlalunya kita masih mengerjakan amal ibadah kita....

jgnlah Bulan Ramadhan ini kita sambut dgn tradisi2 yg tak ada gunanya....

Jgnlah Bulan Ramadhan ini kita jadikan sebagai bulan yg pada bulan Ramadhan ini kita semua harus memperbanyak ibadah lalu setelah berlalunya kita meninggalkan ibadah2 yg telah kita kerjakan di bulan Ramadhan itu.....

Ramadhan adalah Bulan Ujian bagi manusia yg sebenarnya bukan pada bulan Ramadhanya lah, akan tetapi bulan2 setelahnya. Karena umat muslim banyak yg giat melakukan amal shaleh pd bulan Ramadhan akan tetapi selepasnya ia meninggalkan amal2 sholeh yg ia kerjakan pd bulan ramadhan. Apakah itu yg di ajarkan oleh Rasulullah???
Ketahuilah Rasulullah mengerjkan amal sholeh bkn di bulan Ramadhan saja akan tetapi di bulan2 lainpun beliau giat melakukan amal sholeh.

Buat kaum perempuan......

Jgnlah kalian menutup aurat hny pd bulan Ramadhan saja melainkan pd bulan2 seterusnya bhkn sampai akhir hayat pun kalian harus menutup aurat kalian, karena itu memang sudah kewajiban bagi kalian dari Rabb kalian yg tdk dibenarkan hny melaksanakannya pada bln Ramadhan saja melainkan seumur hidup kalian.
perhatikanlah firman Rabb kalian :
"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Al Ahzab :59)

Buat kaum lelaki......

Jgnlah kalian berhenti minum alkohol, judi, narkoba dan segala kemaksiatan lainnya pada bulan Ramadhan saja, melaikan mulai detik ini karena semua perbuatan itu sangat di benci oleh Rabb kalian, dan akibat perbuatan tersebut kalian akan dilemparkan kedalam api yg menyala-nyala.
perhatikanlah Firman Rabb kalian :
"Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan."(An Nisaa :14)

Saudaraku.....
mulai saat ini marilah kita semua tinggalkan segala perbuatan maksiat yg akan mengantarkan kita ke jurang kehancuran.

Tinggalkan semua adat kebiasaan orang jahiliyah yg melekat pada diri kita.......
Tinggalkanlah semua segala tingkah laku jahiliyah kita......

Semoga dari Pesan yg sangat sangat singkat ini kita semua dapat menginstropeksi diri (Muhasabah) kpd-Nya. Agar di bulan Ramadhan ini menjadi tolak ukur kita menuju perubahan yg lebih baik untuk selama-lamanya sampai akhir hayat, tentunya baik menurut Allah bkn menurut orang lain.

Mohon maaf bila ada ucapan dalam tulisan saya yang tak berkenan di hati saudara semua.
Kesempurnaan adalah milik Allah,Kesalahan adalah mutlak karena kebodohan saya.
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

No comments: