Monday, April 28, 2025

Model Pembelajaran Writing berbasis IBL untuk Mahasiswa

 

Model Pembelajaran Writing berbasis IBL untuk Mahasiswa

Tema: "Societal Issues and Their Solutions"

Kompetensi yang Diharapkan:

  • Mahasiswa mampu mengembangkan tulisan esai argumentatif berbasis inquiry (1–2 halaman).

  • Mahasiswa mengintegrasikan hasil riset sederhana ke dalam tulisan akademik.

  • Mahasiswa mampu berpikir kritis terhadap isu-isu sosial.


Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Stimulation (15 menit)

  • Aktivitas:
    Tampilkan beberapa headline berita aktual tentang isu sosial (contoh: ketidaksetaraan pendidikan, perubahan iklim, krisis kesehatan mental).
    Diskusi terbuka:

    • "Which of these issues do you feel most connected to?"

    • "What questions come to your mind about this issue?"

Tujuan: Mengaitkan pembelajaran dengan realitas sosial aktual dan memicu rasa ingin tahu.


2. Problem Statement (10 menit)

  • Mahasiswa diminta merumuskan inquiry question berbasis masalah yang dipilih.
    Contoh pertanyaan:

    • "How does urban poverty impact children's access to education?"

    • "What are the most effective solutions to reduce plastic waste in cities?"

Tips: Inquiry harus spesifik, kompleks, dan bisa dijawab lewat riset argumentatif.


3. Data Collection (30 menit)

  • Aktivitas:
    Mahasiswa melakukan mini-research (dari jurnal, artikel berita, laporan penelitian).

  • Target:
    Setidaknya 3 sumber kredibel yang relevan.

  • Catat poin penting + kutipan penting untuk mendukung tulisan.

Tujuan: Mengumpulkan bukti dan membiasakan mahasiswa mencari sumber akademik.


4. Data Processing (20 menit)

  • Mahasiswa membuat thesis statement berdasarkan inquiry dan data mereka.

  • Susun outline esai:

    • Introduction (hook + background + thesis statement)

    • Body paragraphs (1 argument utama per paragraf)

    • Conclusion (summary + recommendation)

Tips: Ajarkan juga teknik mengutip sederhana (parafrase, kutipan langsung).


5. Verification (10 menit)

  • Peer review cepat:

    • Tukar outline dengan teman.

    • Teman memberikan minimal 2 saran per outline (misal tentang kejelasan ide, kesesuaian data).

Tujuan: Mengasah kemampuan kritis dan memperbaiki kerangka berpikir.


6. Generalization (Tugas Akhir)

  • Mahasiswa menulis esai utuh (400–600 kata) berdasarkan outline mereka.

  • Submit esai untuk dinilai berdasarkan kriteria:

    • Relevansi ide dan data

    • Keterpaduan paragraf

    • Argumentasi logis

    • Tata bahasa dan teknik kutipan


Tambahan:

Penilaian bisa pakai rubrik seperti ini:

AspekSkor Maksimal
Inquiry question relevance15
Strength of thesis & argument20
Evidence use and citation20
Organization (coherence & cohesion)20
Grammar & academic style15
Overall impression10
Total100

No comments: