Monday, November 24, 2025

IBL Model POEE untuk Mata Kuliah Bahasa Inggris

 




IBL Model POEE untuk Mata Kuliah Bahasa Inggris

📌 Topik Contoh: Present Continuous Tense


1. P — Predict (Memprediksi)

Mahasiswa membuat prediksi tentang aturan atau makna suatu bentuk bahasa sebelum dijelaskan oleh dosen.

Aktivitas:

  • Dosen menampilkan beberapa kalimat tanpa memberi penjelasan:

    • She is cooking right now.

    • They are studying in the library.

    • I am not working today.

  • Dosen bertanya:
    “Menurut kalian, apa kesamaan kalimat-kalimat ini? Kapan bentuk ini digunakan?”

Output Mahasiswa:

  • Menuliskan prediksi seperti:

    • “It describes actions happening now.”

    • “The structure seems to be ‘be + verb-ing’.”

    • “Maybe it’s used for temporary actions.”


2. O — Observe (Mengamati)

Mahasiswa melakukan pengamatan melalui contoh, video, dialog, atau aktivitas nyata.

Aktivitas:

  • Dosen memutar video pendek (10–20 detik) tentang orang yang sedang melakukan aktivitas (cooking, reading, cleaning).

  • Mahasiswa mengamati dan menuliskan kalimat deskriptif berdasarkan video.

Contoh Output:

  • “The boy is cleaning the room.”

  • “The woman is cooking dinner.”

Mahasiswa membandingkan hasil pengamatan dengan prediksi mereka.


3. E — Explain (Menjelaskan)

Mahasiswa menjelaskan mengapa struktur tersebut digunakan lalu menyimpulkan pola bahasa.

Aktivitas:

  • Dalam kelompok kecil, mahasiswa berdiskusi tentang:

    • Fungsi present continuous

    • Pola gramatikal

    • Perbedaan dengan present simple

Mahasiswa Menyimpulkan:

  • Fungsi: “To describe actions happening right now.”

  • Struktur:
    Subject + am/is/are + verb-ing

Dosen meluruskan konsep yang kurang tepat.


4. E — Evaluate (Mengevaluasi)

Mahasiswa mengevaluasi pemahaman sendiri dan menerapkan ke konteks baru.

Aktivitas:

  • Menulis 5 kalimat original tentang apa yang sedang terjadi di kelas.

  • Mengerjakan mini-quiz:

    • “Write the correct form: She ____ (study) English now.”

  • Refleksi:

    • “Apakah prediksi awal saya benar?”

    • “Apa yang saya pahami setelah observasi dan penjelasan?”

No comments: