IBL Model POEE untuk Mata Kuliah Bahasa Inggris
📌 Topik Contoh: Present Continuous Tense
1. P — Predict (Memprediksi)
Mahasiswa membuat prediksi tentang aturan atau makna suatu bentuk bahasa sebelum dijelaskan oleh dosen.
Aktivitas:
-
Dosen menampilkan beberapa kalimat tanpa memberi penjelasan:
-
She is cooking right now.
-
They are studying in the library.
-
I am not working today.
-
-
Dosen bertanya:
“Menurut kalian, apa kesamaan kalimat-kalimat ini? Kapan bentuk ini digunakan?”
Output Mahasiswa:
-
Menuliskan prediksi seperti:
-
“It describes actions happening now.”
-
“The structure seems to be ‘be + verb-ing’.”
-
“Maybe it’s used for temporary actions.”
-
2. O — Observe (Mengamati)
Mahasiswa melakukan pengamatan melalui contoh, video, dialog, atau aktivitas nyata.
Aktivitas:
-
Dosen memutar video pendek (10–20 detik) tentang orang yang sedang melakukan aktivitas (cooking, reading, cleaning).
-
Mahasiswa mengamati dan menuliskan kalimat deskriptif berdasarkan video.
Contoh Output:
-
“The boy is cleaning the room.”
-
“The woman is cooking dinner.”
Mahasiswa membandingkan hasil pengamatan dengan prediksi mereka.
3. E — Explain (Menjelaskan)
Mahasiswa menjelaskan mengapa struktur tersebut digunakan lalu menyimpulkan pola bahasa.
Aktivitas:
-
Dalam kelompok kecil, mahasiswa berdiskusi tentang:
-
Fungsi present continuous
-
Pola gramatikal
-
Perbedaan dengan present simple
-
Mahasiswa Menyimpulkan:
-
Fungsi: “To describe actions happening right now.”
-
Struktur:
Subject + am/is/are + verb-ing
Dosen meluruskan konsep yang kurang tepat.
4. E — Evaluate (Mengevaluasi)
Mahasiswa mengevaluasi pemahaman sendiri dan menerapkan ke konteks baru.
Aktivitas:
-
Menulis 5 kalimat original tentang apa yang sedang terjadi di kelas.
-
Mengerjakan mini-quiz:
-
“Write the correct form: She ____ (study) English now.”
-
-
Refleksi:
-
“Apakah prediksi awal saya benar?”
-
“Apa yang saya pahami setelah observasi dan penjelasan?”
-


No comments:
Post a Comment