Model IBL POEE (Predict – Observe – Explain – Evaluate)
1. P — Predict (Memprediksi)
Siswa membuat dugaan awal tentang suatu fenomena berdasarkan pengetahuan sebelumnya.
-
Guru memberi stimulus (gambar, video, masalah nyata).
-
Siswa menuliskan prediksi mereka.
-
Tujuan: membangkitkan rasa ingin tahu dan aktivasi pengetahuan awal.
Contoh: “Apa yang akan terjadi jika garam dicampur ke dalam air hangat?”
2. O — Observe (Mengamati)
Siswa melakukan pengamatan langsung melalui eksperimen, demonstrasi, atau simulasi.
-
Siswa mencatat fakta yang terlihat.
-
Guru memfasilitasi, bukan memberi jawaban.
-
Tujuan: membandingkan prediksi dengan kenyataan.
Contoh: Siswa benar-benar mencampurkan garam ke air hangat dan melihat proses pelarutannya.
3. E — Explain (Menjelaskan)
Siswa menjelaskan hasil pengamatan dengan menggunakan konsep ilmiah.
-
Diskusi kelompok dan penjelasan logis.
-
Guru membantu menghubungkan konsep dengan hasil.
-
Tujuan: mengembangkan pemahaman ilmiah melalui refleksi.
Contoh: “Garam lebih cepat larut di air hangat karena partikel air bergerak lebih cepat.”
4. E — Evaluate (Mengevaluasi)
Siswa menilai kembali pemahaman, membandingkan prediksi–observasi–penjelasannya.
-
Menilai kesesuaian konsep dengan hasil eksperimen.
-
Guru memberi umpan balik dan klarifikasi.
-
Tujuan: memperkuat berpikir kritis dan metakognisi.
Contoh: Siswa meninjau kembali prediksi awal dan menuliskan apa yang berubah dan mengapa.


No comments:
Post a Comment