Monday, November 24, 2025

Model IBL POEE (Predict – Observe – Explain – Evaluate)

 



Model IBL POEE (Predict – Observe – Explain – Evaluate)

1. P — Predict (Memprediksi)

Siswa membuat dugaan awal tentang suatu fenomena berdasarkan pengetahuan sebelumnya.

  • Guru memberi stimulus (gambar, video, masalah nyata).

  • Siswa menuliskan prediksi mereka.

  • Tujuan: membangkitkan rasa ingin tahu dan aktivasi pengetahuan awal.

Contoh: “Apa yang akan terjadi jika garam dicampur ke dalam air hangat?”


2. O — Observe (Mengamati)

Siswa melakukan pengamatan langsung melalui eksperimen, demonstrasi, atau simulasi.

  • Siswa mencatat fakta yang terlihat.

  • Guru memfasilitasi, bukan memberi jawaban.

  • Tujuan: membandingkan prediksi dengan kenyataan.

Contoh: Siswa benar-benar mencampurkan garam ke air hangat dan melihat proses pelarutannya.


3. E — Explain (Menjelaskan)

Siswa menjelaskan hasil pengamatan dengan menggunakan konsep ilmiah.

  • Diskusi kelompok dan penjelasan logis.

  • Guru membantu menghubungkan konsep dengan hasil.

  • Tujuan: mengembangkan pemahaman ilmiah melalui refleksi.

Contoh: “Garam lebih cepat larut di air hangat karena partikel air bergerak lebih cepat.”


4. E — Evaluate (Mengevaluasi)

Siswa menilai kembali pemahaman, membandingkan prediksi–observasi–penjelasannya.

  • Menilai kesesuaian konsep dengan hasil eksperimen.

  • Guru memberi umpan balik dan klarifikasi.

  • Tujuan: memperkuat berpikir kritis dan metakognisi.

Contoh: Siswa meninjau kembali prediksi awal dan menuliskan apa yang berubah dan mengapa.

No comments: