Tuesday, April 22, 2025

Contoh Skenario Pembelajaran IBL di Kelas Bahasa Inggris

 

Contoh Skenario Pembelajaran IBL di Kelas Bahasa Inggris

Topik: Global Issues – Climate Change
Kelas: XI SMA
Durasi: 2 x 45 menit
Pendekatan: Inquiry-Based Learning (IBL)


🎯 Tujuan Pembelajaran:

Siswa mampu:

  • Mengidentifikasi informasi utama dari teks berbahasa Inggris tentang perubahan iklim.

  • Menyusun dan menyampaikan pertanyaan terbuka berdasarkan teks.

  • Menyampaikan opini dan solusi terhadap isu global menggunakan bahasa Inggris.


🔍 Tahapan Inquiry-Based Learning:

1. Orientation (Fase Orientasi)

Kegiatan:

  • Guru menunjukkan gambar/video singkat tentang dampak perubahan iklim (banjir, kekeringan, kebakaran hutan).

  • Guru bertanya:

    "What do you see? What do you think causes these problems? Have you ever experienced something like this?"

Tujuan: Mengaktifkan skemata dan memicu rasa ingin tahu.


2. Conceptualization (Merumuskan Pertanyaan)

Kegiatan:

  • Siswa membaca teks pendek berjudul: “Climate Change and Its Effects”

  • Dalam kelompok kecil, siswa diminta membuat 3–5 pertanyaan terbuka berdasarkan teks. Contoh:

    • What are the biggest causes of climate change?

    • How does it affect people in our country?

    • What can young people do to help?

Tujuan: Melatih pemahaman bacaan dan keterampilan berpikir kritis.


3. Investigation (Penyelidikan)

Kegiatan:

  • Siswa mencari informasi tambahan dari sumber lain (artikel sederhana, video pendek, atau infografik).

  • Mereka mencatat informasi penting untuk menjawab pertanyaan yang mereka buat.

Tujuan: Mengembangkan keterampilan riset dan membaca intensif.


4. Conclusion (Menyusun Kesimpulan)

Kegiatan:

  • Setiap kelompok membuat mini-presentation berisi ringkasan temuan mereka dan solusi terhadap isu perubahan iklim.

  • Siswa menyampaikan presentasi ke kelas.

Tujuan: Mengembangkan keterampilan berbicara dan penyampaian ide.


5. Reflection (Refleksi)

Kegiatan:

  • Guru memfasilitasi diskusi reflektif:

    • “What did you learn today?”

    • “Which part was most interesting?”

    • “How did working in a group help you?”

Tujuan: Memperkuat metakognisi dan motivasi belajar.


📌 Penilaian (Assessment):

  • Reading comprehension quiz (individu)

  • Kualitas pertanyaan yang dibuat (kelompok)

  • Presentasi lisan (kelompok – fokus pada fluency dan content)

  • Refleksi tertulis (individu)

No comments: