๐ Modul Mingguan – Writing 1 (Minggu ke-3)
Tema: Writing a Descriptive Paragraph
๐งญ Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
-
Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf deskriptif.
-
Menyusun pertanyaan eksploratif tentang objek yang akan dideskripsikan.
-
Menulis paragraf deskriptif dengan struktur yang tepat dan kosakata yang variatif.
๐ Tahapan Pembelajaran (IBL)
1. Orientation (20 menit)
Aktivitas:
-
Dosen menampilkan 2–3 gambar tempat/objek unik (pasar malam, taman kota, kamar kos, dsb).
-
Diskusi kelas:
“What do you notice in this picture?”
“If you had to describe it to someone who can’t see it, what would you say?”
Tujuan: Menstimulasi pengamatan dan rasa ingin tahu.
2. Conceptualization (15 menit)
Aktivitas:
-
Mahasiswa memilih satu gambar/objek (boleh dari internet atau foto sendiri).
-
Mahasiswa membuat 3–5 pertanyaan eksploratif untuk membantu mereka mendeskripsikan objek tersebut.
Contoh:
-
What does the object look/sound/smell like?
-
What are the most interesting details?
3. Investigation (25 menit)
Aktivitas:
-
Mahasiswa mencari kosakata deskriptif menggunakan kamus, thesaurus, atau daftar kata yang disediakan dosen.
-
Diskusi kelompok kecil: membandingkan hasil observasi dan pertanyaan mereka.
4. Conclusion (40 menit)
Aktivitas:
-
Mahasiswa menulis paragraf deskriptif (± 100–150 kata) berdasarkan observasi dan pertanyaan mereka.
-
Mahasiswa bertukar tulisan dengan 1 teman → melakukan peer review menggunakan rubrik sederhana.
5. Reflection (10 menit)
Aktivitas:
-
Mahasiswa menulis 2–3 kalimat refleksi:
“How did asking questions help you in writing the paragraph?”
“What will you improve next time?”
๐งพ Template Tugas Mahasiswa – Descriptive Paragraph
๐ Instruksi Tugas:
-
Pilih satu objek/tempat yang menarik perhatianmu (boleh dari foto, pengalaman pribadi, atau gambar online).
-
Buat minimal 3 pertanyaan eksploratif untuk membantumu mendeskripsikan objek tersebut.
-
Tulis satu paragraf deskriptif (100–150 kata) menggunakan hasil pengamatan dan pertanyaanmu.
-
Tukar paragrafmu dengan teman dan beri umpan balik berdasarkan rubrik berikut.
-
Upload tulisan final dan refleksimu (2–3 kalimat) ke LMS atau Google Classroom.
๐งฎ Rubrik Penilaian Peer Review (10 poin)
| Aspek | Skor Maks | Catatan |
|---|---|---|
| Topic sentence jelas | 2 | |
| Detail deskriptif sesuai | 2 | |
| Organisasi paragraf rapi | 2 | |
| Kosakata variatif & tepat | 2 | |
| Grammar & ejaan cukup akurat | 2 |

No comments:
Post a Comment