Tuesday, April 22, 2025

Modul Mingguan – Writing 1 (Minggu ke-3)

 

๐Ÿ“š Modul Mingguan – Writing 1 (Minggu ke-3)

Tema: Writing a Descriptive Paragraph


๐Ÿงญ Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  • Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf deskriptif.

  • Menyusun pertanyaan eksploratif tentang objek yang akan dideskripsikan.

  • Menulis paragraf deskriptif dengan struktur yang tepat dan kosakata yang variatif.


๐ŸŒ€ Tahapan Pembelajaran (IBL)

1. Orientation (20 menit)

Aktivitas:

  • Dosen menampilkan 2–3 gambar tempat/objek unik (pasar malam, taman kota, kamar kos, dsb).

  • Diskusi kelas:

    “What do you notice in this picture?”
    “If you had to describe it to someone who can’t see it, what would you say?”

Tujuan: Menstimulasi pengamatan dan rasa ingin tahu.


2. Conceptualization (15 menit)

Aktivitas:

  • Mahasiswa memilih satu gambar/objek (boleh dari internet atau foto sendiri).

  • Mahasiswa membuat 3–5 pertanyaan eksploratif untuk membantu mereka mendeskripsikan objek tersebut.

Contoh:

  • What does the object look/sound/smell like?

  • What are the most interesting details?


3. Investigation (25 menit)

Aktivitas:

  • Mahasiswa mencari kosakata deskriptif menggunakan kamus, thesaurus, atau daftar kata yang disediakan dosen.

  • Diskusi kelompok kecil: membandingkan hasil observasi dan pertanyaan mereka.


4. Conclusion (40 menit)

Aktivitas:

  • Mahasiswa menulis paragraf deskriptif (± 100–150 kata) berdasarkan observasi dan pertanyaan mereka.

  • Mahasiswa bertukar tulisan dengan 1 teman → melakukan peer review menggunakan rubrik sederhana.


5. Reflection (10 menit)

Aktivitas:

  • Mahasiswa menulis 2–3 kalimat refleksi:

    “How did asking questions help you in writing the paragraph?”
    “What will you improve next time?”


๐Ÿงพ Template Tugas Mahasiswa – Descriptive Paragraph

๐Ÿ“Œ Instruksi Tugas:

  1. Pilih satu objek/tempat yang menarik perhatianmu (boleh dari foto, pengalaman pribadi, atau gambar online).

  2. Buat minimal 3 pertanyaan eksploratif untuk membantumu mendeskripsikan objek tersebut.

  3. Tulis satu paragraf deskriptif (100–150 kata) menggunakan hasil pengamatan dan pertanyaanmu.

  4. Tukar paragrafmu dengan teman dan beri umpan balik berdasarkan rubrik berikut.

  5. Upload tulisan final dan refleksimu (2–3 kalimat) ke LMS atau Google Classroom.


๐Ÿงฎ Rubrik Penilaian Peer Review (10 poin)

AspekSkor MaksCatatan
Topic sentence jelas2
Detail deskriptif sesuai2
Organisasi paragraf rapi2
Kosakata variatif & tepat2
Grammar & ejaan cukup akurat2

No comments: