Tuesday, April 22, 2025

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk mata kuliah Bahasa Inggris yang diperuntukkan bagi mahasiswa PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar).

 Berikut adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk mata kuliah Bahasa Inggris yang diperuntukkan bagi mahasiswa PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). RPS ini menekankan pada penguasaan dasar-dasar bahasa Inggris untuk keperluan komunikasi dasar dan mendukung kemampuan mengajar di jenjang SD.


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Nama Mata Kuliah: Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah: [Diisi oleh institusi]
Semester: 2
SKS: 2
Program Studi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Dosen Pengampu: [Nama Dosen]
Prasyarat: -


Deskripsi Singkat

Mata kuliah ini memberikan bekal kemampuan dasar berbahasa Inggris kepada mahasiswa PGSD, khususnya dalam memahami dan menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari, akademik dasar, serta konteks pembelajaran dasar di SD. Penekanan pada keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan konteks pendidikan dasar.


Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang Didukung

Kode CPLDeskripsi
CPL-K1Menguasai konsep dasar bidang keilmuan pendidikan dan pedagogik SD
CPL-P1Mampu berkomunikasi secara efektif dalam konteks pendidikan
CPL-P2Mampu menggunakan teknologi dan bahasa asing dasar dalam pembelajaran
CPL-S1Memiliki keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran SD

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

KodeCPMK
CPMK1Mahasiswa mampu memahami kosakata dan struktur kalimat dasar dalam bahasa Inggris.
CPMK2Mahasiswa mampu menggunakan bahasa Inggris untuk percakapan sederhana dalam konteks SD.
CPMK3Mahasiswa mampu memahami teks pendek dan instruksi sederhana berbahasa Inggris.
CPMK4Mahasiswa mampu menulis kalimat dan paragraf pendek dengan struktur yang benar.

Pemetaan CPL ke CPMK

CPLCPMK1CPMK2CPMK3CPMK4
CPL-K1
CPL-P1
CPL-P2
CPL-S1

Bahan Kajian dan Strategi Pembelajaran

MingguMateri PokokCPMKMetode PembelajaranPenilaian
1Pengantar Bahasa Inggris & Tes DiagnostikCPMK1Ceramah, tes awalTes awal & observasi
2Alphabet, numbers, greetings, self-introductionCPMK1Drill, dialog roleplayTugas speaking
3Classroom language & instructionsCPMK2Simulasi kelas, dialogPraktik berbicara & kuis
4Family, professions, daily routinesCPMK1Diskusi kelompok, latihan kosa kataWorksheet kosakata
5Describing people and things (to be, adjectives)CPMK1Ceramah mini, latihan deskripsiTugas menulis deskripsi
6Expressing needs and requestsCPMK2Dialog, role playPenilaian praktik
7Short reading texts (descriptive & narrative)CPMK3Membaca teks pendek, tanya jawabKuis membaca
8Ujian Tengah Semester (UTS)--Ujian tertulis
9Simple present tenseCPMK1Latihan grammar, permainan tata bahasaKuis grammar
10Talking about time and scheduleCPMK2Permainan jadwal, simulasi mengajarTugas berbicara
11Reading instructions and classroom signsCPMK3Observasi tanda, membaca fungsionalTugas membaca
12Writing simple sentences (subject + verb + object)CPMK4Latihan menulis kalimatTugas menulis
13Writing short paragraph (myself / my class)CPMK4Menulis deskripsi pendekRubrik penilaian tulisan
14Microteaching: Teaching English to young learnersCPMK2Simulasi microteachingPenilaian praktik mengajar
15Review & ReflectionSemuaTanya jawab, presentasi kelompokPenilaian portofolio mini
16Ujian Akhir Semester (UAS)Semua-Ujian tertulis & praktik

Metode Penilaian dan Bobot

KomponenBobot
Tugas dan partisipasi25%
Praktik berbicara dan microteaching20%
UTS20%
UAS25%
Portofolio akhir10%

Referensi

Utama:

  • Brown, H. Douglas. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy.

  • Cameron, Lynne. Teaching Languages to Young Learners.

  • Goh, C. C. M. & Burns, A. (2012). Teaching Speaking.

Pendukung:

  • Buku teks SD berbahasa Inggris (bilingual content books)

  • Modul pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD dari Kemendikbud

No comments: