Berikut adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk mata kuliah Bahasa Inggris yang diperuntukkan bagi mahasiswa PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). RPS ini menekankan pada penguasaan dasar-dasar bahasa Inggris untuk keperluan komunikasi dasar dan mendukung kemampuan mengajar di jenjang SD.
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Nama Mata Kuliah: Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah: [Diisi oleh institusi]
Semester: 2
SKS: 2
Program Studi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Dosen Pengampu: [Nama Dosen]
Prasyarat: -
Deskripsi Singkat
Mata kuliah ini memberikan bekal kemampuan dasar berbahasa Inggris kepada mahasiswa PGSD, khususnya dalam memahami dan menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari, akademik dasar, serta konteks pembelajaran dasar di SD. Penekanan pada keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan konteks pendidikan dasar.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang Didukung
| Kode CPL | Deskripsi |
|---|---|
| CPL-K1 | Menguasai konsep dasar bidang keilmuan pendidikan dan pedagogik SD |
| CPL-P1 | Mampu berkomunikasi secara efektif dalam konteks pendidikan |
| CPL-P2 | Mampu menggunakan teknologi dan bahasa asing dasar dalam pembelajaran |
| CPL-S1 | Memiliki keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran SD |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
| Kode | CPMK |
|---|---|
| CPMK1 | Mahasiswa mampu memahami kosakata dan struktur kalimat dasar dalam bahasa Inggris. |
| CPMK2 | Mahasiswa mampu menggunakan bahasa Inggris untuk percakapan sederhana dalam konteks SD. |
| CPMK3 | Mahasiswa mampu memahami teks pendek dan instruksi sederhana berbahasa Inggris. |
| CPMK4 | Mahasiswa mampu menulis kalimat dan paragraf pendek dengan struktur yang benar. |
Pemetaan CPL ke CPMK
| CPL | CPMK1 | CPMK2 | CPMK3 | CPMK4 |
|---|---|---|---|---|
| CPL-K1 | ✔ | ✔ | ✔ | |
| CPL-P1 | ✔ | ✔ | ✔ | |
| CPL-P2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
| CPL-S1 | ✔ | ✔ |
Bahan Kajian dan Strategi Pembelajaran
| Minggu | Materi Pokok | CPMK | Metode Pembelajaran | Penilaian |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Pengantar Bahasa Inggris & Tes Diagnostik | CPMK1 | Ceramah, tes awal | Tes awal & observasi |
| 2 | Alphabet, numbers, greetings, self-introduction | CPMK1 | Drill, dialog roleplay | Tugas speaking |
| 3 | Classroom language & instructions | CPMK2 | Simulasi kelas, dialog | Praktik berbicara & kuis |
| 4 | Family, professions, daily routines | CPMK1 | Diskusi kelompok, latihan kosa kata | Worksheet kosakata |
| 5 | Describing people and things (to be, adjectives) | CPMK1 | Ceramah mini, latihan deskripsi | Tugas menulis deskripsi |
| 6 | Expressing needs and requests | CPMK2 | Dialog, role play | Penilaian praktik |
| 7 | Short reading texts (descriptive & narrative) | CPMK3 | Membaca teks pendek, tanya jawab | Kuis membaca |
| 8 | Ujian Tengah Semester (UTS) | - | - | Ujian tertulis |
| 9 | Simple present tense | CPMK1 | Latihan grammar, permainan tata bahasa | Kuis grammar |
| 10 | Talking about time and schedule | CPMK2 | Permainan jadwal, simulasi mengajar | Tugas berbicara |
| 11 | Reading instructions and classroom signs | CPMK3 | Observasi tanda, membaca fungsional | Tugas membaca |
| 12 | Writing simple sentences (subject + verb + object) | CPMK4 | Latihan menulis kalimat | Tugas menulis |
| 13 | Writing short paragraph (myself / my class) | CPMK4 | Menulis deskripsi pendek | Rubrik penilaian tulisan |
| 14 | Microteaching: Teaching English to young learners | CPMK2 | Simulasi microteaching | Penilaian praktik mengajar |
| 15 | Review & Reflection | Semua | Tanya jawab, presentasi kelompok | Penilaian portofolio mini |
| 16 | Ujian Akhir Semester (UAS) | Semua | - | Ujian tertulis & praktik |
Metode Penilaian dan Bobot
| Komponen | Bobot |
|---|---|
| Tugas dan partisipasi | 25% |
| Praktik berbicara dan microteaching | 20% |
| UTS | 20% |
| UAS | 25% |
| Portofolio akhir | 10% |
Referensi
Utama:
-
Brown, H. Douglas. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy.
-
Cameron, Lynne. Teaching Languages to Young Learners.
-
Goh, C. C. M. & Burns, A. (2012). Teaching Speaking.
Pendukung:
-
Buku teks SD berbahasa Inggris (bilingual content books)
-
Modul pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD dari Kemendikbud

No comments:
Post a Comment