Berikut adalah contoh silabus untuk mata kuliah Writing 1 dalam konteks EFL (English as a Foreign Language), khususnya untuk mahasiswa tahun pertama di jenjang perguruan tinggi:
SILABUS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah: Writing 1
Program Studi: Pendidikan Bahasa Inggris / Sastra Inggris / Bahasa dan Sastra
Semester: 1
Jumlah SKS: 3
Jenis Mata Kuliah: Wajib
Prasyarat: -
Dosen Pengampu: [Nama Dosen]
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan dasar menulis dalam bahasa Inggris. Fokus utama adalah pada pengembangan keterampilan menulis paragraf yang baik dan koheren dengan berbagai jenis pengembangan ide, seperti deskripsi, narasi, eksposisi, dan proses. Mahasiswa juga akan belajar dasar-dasar grammar dan mekanika penulisan seperti tanda baca dan struktur kalimat.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
-
Mengidentifikasi struktur dasar paragraf dalam bahasa Inggris.
-
Menulis paragraf yang koheren dan kohesif menggunakan topik yang relevan.
-
Menerapkan kaidah grammar dan mekanika penulisan yang benar dalam paragraf.
-
Mengembangkan ide dalam berbagai jenis paragraf: deskriptif, naratif, ekspositoris, dan proses.
-
Merevisi dan menyunting tulisan secara mandiri dan kolaboratif.
Bahan Kajian / Materi Pokok
| Minggu | Materi Pokok | Aktivitas Pembelajaran |
|---|---|---|
| 1 | Pengantar Writing 1 & Pentingnya Menulis | Diskusi, penilaian diagnostik |
| 2 | Struktur dasar paragraf (Topic sentence, etc.) | Latihan menulis topic sentence dan supporting details |
| 3 | Unity & Coherence dalam paragraf | Identifikasi dan revisi paragraf |
| 4 | Tipe paragraf: Descriptive | Menulis paragraf deskriptif berdasarkan gambar |
| 5 | Tipe paragraf: Narrative | Menulis paragraf naratif dengan urutan peristiwa |
| 6 | Grammar focus: Tenses, Subject-Verb Agreement | Latihan grammar berbasis konteks |
| 7 | Peer review & revisi paragraf naratif | Review teman sejawat dan perbaikan |
| 8 | Ujian Tengah Semester (UTS) | |
| 9 | Tipe paragraf: Process | Menulis paragraf proses: how to... |
| 10 | Tipe paragraf: Expository | Menulis paragraf ekspositori: sebab-akibat, perbandingan |
| 11 | Transitions dan cohesive devices | Penggunaan connector dalam paragraf |
| 12 | Mekanika penulisan: tanda baca, kapitalisasi | Latihan mengedit tulisan |
| 13 | Menyunting dan merevisi tulisan | Latihan mandiri dan berpasangan |
| 14 | Portofolio tulisan akhir | Kompilasi dan refleksi tulisan |
| 15 | Presentasi Portofolio & Penilaian Diri | Presentasi dan diskusi kelas |
| 16 | Ujian Akhir Semester (UAS) |
Metode Pembelajaran
-
Ceramah interaktif
-
Diskusi kelompok
-
Latihan menulis terstruktur
-
Peer review
-
Penugasan mingguan
Penilaian
| Komponen Penilaian | Persentase |
|---|---|
| Tugas mingguan / latihan | 30% |
| UTS | 20% |
| Portofolio akhir | 30% |
| Partisipasi aktif | 10% |
| UAS | 10% |
Referensi Utama
-
Oshima, A., & Hogue, A. (2006). Writing Academic English. Pearson Longman.
-
Zemach, D. E., & Rumisek, L. A. (2005). Academic Writing: From Paragraph to Essay. Macmillan.
-
Boardman, C. A., & Frydenberg, J. (2008). Writing to Communicate 1 & 2. Pearson.

No comments:
Post a Comment