📘 RPS (Rencana Pembelajaran Semester) – Writing 1
1. Identitas Mata Kuliah
-
Nama Mata Kuliah: Writing 1
-
Kode: ENG101
-
SKS: 2
-
Semester: 1
-
Program Studi: Pendidikan Bahasa Inggris
-
Metode Pembelajaran: Inquiry-Based Learning (IBL), Collaborative Writing, Blended Learning
-
Dosen Pengampu: [Nama Dosen]
2. Capaian Pembelajaran (CPL)
-
CPL Prodi:
-
Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan menulis dalam bahasa Inggris secara koheren dan terstruktur.
-
Mahasiswa mampu berpikir kritis dan kreatif dalam mengembangkan ide-ide tulisan.
-
Mahasiswa mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan umpan balik secara konstruktif.
-
3. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan dasar dalam menulis paragraf berbahasa Inggris, mencakup pengenalan berbagai jenis paragraf (deskriptif, naratif, ekspositoris), penyusunan topic sentence, pengembangan ide pendukung, serta peningkatan kohesi dan koherensi tulisan. Pembelajaran dilakukan secara kolaboratif melalui pendekatan Inquiry-Based Learning (IBL), di mana mahasiswa aktif mengeksplorasi topik-topik yang relevan dengan kehidupan mereka dan menghasilkan tulisan yang bermakna.
4. Bahan Kajian & Jadwal
| Minggu | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran (IBL) | Bentuk Penilaian |
|---|---|---|---|
| 1 | Pengenalan Menulis Paragraf | Ice breaking, eksplorasi fungsi paragraf | Partisipasi diskusi |
| 2 | Struktur Dasar Paragraf | Analisis teks, diskusi struktur (topic sentence, details) | Quiz ringkas |
| 3–4 | Paragraf Deskriptif | Observasi visual, formulasi pertanyaan, menulis deskripsi | Draft paragraf, peer review |
| 5–6 | Paragraf Naratif | Cerita pengalaman pribadi, tanya jawab, penulisan naratif | Draft naratif, umpan balik |
| 7 | Peer Feedback & Editing | Pelatihan memberi umpan balik efektif | Rubrik peer review |
| 8 | Ujian Tengah Semester | Tulisan naratif final | |
| 9–10 | Paragraf Ekspositoris | Riset sederhana, pertanyaan eksploratif, penulisan expository | Paragraf ekspositoris |
| 11 | Koherensi & Kohesi Teks | Identifikasi konektor, latihan revisi teks | Latihan penghubung teks |
| 12–13 | Menulis dari Visual & Grafik | Interpretasi gambar/infografik, penulisan paragraf deskriptif | Tugas visual-based writing |
| 14 | Editing dan Self-Assessment | Refleksi proses menulis, editing mandiri | Revisi final & refleksi |
| 15 | Presentasi Portofolio | Presentasi pilihan paragraf terbaik | Portofolio tulisan |
| 16 | Ujian Akhir Semester | Final writing task |
5. Metode Penilaian
| Komponen Penilaian | Bobot |
|---|---|
| Keaktifan & Kolaborasi | 20% |
| Tugas Mingguan | 30% |
| UTS | 20% |
| UAS | 30% |
6. Referensi Utama
-
Oshima, A., & Hogue, A. (2006). Writing Academic English (4th ed.). Pearson Longman.
-
Boardman, C. A., & Frydenberg, J. (2002). Writing to Communicate. Longman.
-
Sumber tambahan: Artikel online, video, dan teks otentik sesuai topik inquiry.

No comments:
Post a Comment