Tuesday, April 22, 2025

RPS (Rencana Pembelajaran Semester) – Writing 1

 

📘 RPS (Rencana Pembelajaran Semester) – Writing 1

1. Identitas Mata Kuliah

  • Nama Mata Kuliah: Writing 1

  • Kode: ENG101

  • SKS: 2

  • Semester: 1

  • Program Studi: Pendidikan Bahasa Inggris

  • Metode Pembelajaran: Inquiry-Based Learning (IBL), Collaborative Writing, Blended Learning

  • Dosen Pengampu: [Nama Dosen]


2. Capaian Pembelajaran (CPL)

  • CPL Prodi:

    1. Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan menulis dalam bahasa Inggris secara koheren dan terstruktur.

    2. Mahasiswa mampu berpikir kritis dan kreatif dalam mengembangkan ide-ide tulisan.

    3. Mahasiswa mampu bekerja sama dalam tim dan memberikan umpan balik secara konstruktif.


3. Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan dasar dalam menulis paragraf berbahasa Inggris, mencakup pengenalan berbagai jenis paragraf (deskriptif, naratif, ekspositoris), penyusunan topic sentence, pengembangan ide pendukung, serta peningkatan kohesi dan koherensi tulisan. Pembelajaran dilakukan secara kolaboratif melalui pendekatan Inquiry-Based Learning (IBL), di mana mahasiswa aktif mengeksplorasi topik-topik yang relevan dengan kehidupan mereka dan menghasilkan tulisan yang bermakna.


4. Bahan Kajian & Jadwal

MingguMateri PokokKegiatan Pembelajaran (IBL)Bentuk Penilaian
1Pengenalan Menulis ParagrafIce breaking, eksplorasi fungsi paragrafPartisipasi diskusi
2Struktur Dasar ParagrafAnalisis teks, diskusi struktur (topic sentence, details)Quiz ringkas
3–4Paragraf DeskriptifObservasi visual, formulasi pertanyaan, menulis deskripsiDraft paragraf, peer review
5–6Paragraf NaratifCerita pengalaman pribadi, tanya jawab, penulisan naratifDraft naratif, umpan balik
7Peer Feedback & EditingPelatihan memberi umpan balik efektifRubrik peer review
8Ujian Tengah SemesterTulisan naratif final
9–10Paragraf EkspositorisRiset sederhana, pertanyaan eksploratif, penulisan expositoryParagraf ekspositoris
11Koherensi & Kohesi TeksIdentifikasi konektor, latihan revisi teksLatihan penghubung teks
12–13Menulis dari Visual & GrafikInterpretasi gambar/infografik, penulisan paragraf deskriptifTugas visual-based writing
14Editing dan Self-AssessmentRefleksi proses menulis, editing mandiriRevisi final & refleksi
15Presentasi PortofolioPresentasi pilihan paragraf terbaikPortofolio tulisan
16Ujian Akhir SemesterFinal writing task

5. Metode Penilaian

Komponen PenilaianBobot
Keaktifan & Kolaborasi20%
Tugas Mingguan30%
UTS20%
UAS30%

6. Referensi Utama

  • Oshima, A., & Hogue, A. (2006). Writing Academic English (4th ed.). Pearson Longman.

  • Boardman, C. A., & Frydenberg, J. (2002). Writing to Communicate. Longman.

  • Sumber tambahan: Artikel online, video, dan teks otentik sesuai topik inquiry.

No comments: