Tuesday, April 22, 2025

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk mata kuliah Writing 1 dalam konteks EFL (English as a Foreign Language).

 Berikut adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk mata kuliah Writing 1 dalam konteks EFL (English as a Foreign Language). RPS ini disusun berdasarkan pendekatan Outcome-Based Education (OBE) dan mengacu pada capaian pembelajaran lulusan (CPL), capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK), dan bentuk pembelajaran aktif.


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Nama Mata Kuliah: Writing 1
Kode Mata Kuliah: [Diisi oleh institusi]
Semester: 1
SKS: 3
Program Studi: Pendidikan Bahasa Inggris
Dosen Pengampu: [Nama Dosen]
Prasyarat: -
Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis paragraf bahasa Inggris secara koheren dan logis, serta membangun keterampilan menyusun jenis-jenis paragraf dasar (deskriptif, naratif, proses, dan ekspositori).


Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang Didukung

Kode CPLDeskripsi
CPL-P1Mampu berkomunikasi secara efektif dan akademik dalam bahasa Inggris.
CPL-P2Mampu menggunakan pengetahuan kebahasaan dalam konteks EFL.
CPL-S1Memiliki keterampilan berpikir kritis dan reflektif dalam pembelajaran.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

KodeCPMK
CPMK1Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan komponen paragraf dalam bahasa Inggris.
CPMK2Mahasiswa mampu menulis berbagai jenis paragraf dengan kohesi dan koherensi yang baik.
CPMK3Mahasiswa mampu menggunakan grammar dan tanda baca secara tepat dalam tulisan.
CPMK4Mahasiswa mampu menyunting dan merevisi tulisan sendiri dan teman sejawat.

Pemetaan CPL ke CPMK

CPLCPMK1CPMK2CPMK3CPMK4
CPL-P1
CPL-P2
CPL-S1

Bahan Kajian dan Strategi Pembelajaran

MingguMateri PokokCPMKStrategi PembelajaranPenilaian (Indikator dan Teknik)
1Pengantar & Diagnostik WritingCPMK1Ceramah, diskusi awal, asesmen diagnostikKuis awal (diagnostik), observasi partisipasi
2Struktur dasar paragraf (topic sentence, etc)CPMK1Diskusi, latihan analisisTugas latihan menulis struktur paragraf
3Unity & CoherenceCPMK1Latihan revisi, contoh modelRubrik tugas: penilaian paragraf
4Paragraf DeskriptifCPMK2Latihan menulis, peer reviewPenilaian produk tulisan
5Paragraf NaratifCPMK2Simulasi urutan peristiwa, menulisPenugasan paragraf naratif
6Grammar dasar untuk menulisCPMK3Latihan grammar kontekstualKuis grammar
7Review & revisi paragraf naratifCPMK4Peer review, refleksi menulisRubrik revisi tulisan teman
8Ujian Tengah Semester (UTS)CPMK1-3-Ujian tulis
9Paragraf ProsesCPMK2Proyek menulis “how to...”Penugasan tertulis
10Paragraf EkspositoriCPMK2Latihan menulis ide sebab-akibatTugas paragraf ekspositori
11Transition & cohesive devicesCPMK2Latihan integrasi transitionRubrik kohesi paragraf
12Mekanika penulisan (tanda baca, kapitalisasi)CPMK3Editing paragraph, koreksiTes editing paragraf
13Penyuntingan tulisan akhirCPMK4Workshop revisi mandiriRubrik evaluasi self-editing
14Kompilasi portofolio menulisCPMK4Penyusunan portofolioPenilaian portofolio akhir
15Presentasi & refleksi menulisCPMK4Presentasi portofolio, diskusi reflektifPenilaian presentasi & log refleksi
16Ujian Akhir Semester (UAS)CPMK1-4-Ujian tulis (esai dan editing)

Metode Penilaian dan Bobot

KomponenBobot
Partisipasi dan tugas mingguan30%
UTS20%
Portofolio akhir30%
Presentasi & refleksi10%
UAS10%

Referensi

Utama:

  • Oshima, A. & Hogue, A. (2006). Writing Academic English. Pearson Longman.

  • Zemach, D. & Rumisek, L. (2005). Academic Writing: From Paragraph to Essay. Macmillan.

Pendukung:

  • Boardman, C. A. & Frydenberg, J. (2008). Writing to Communicate. Pearson.

  • Hacker, D. (2006). A Writer’s Reference. Bedford/St. Martin's.

No comments: