Berikut adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk mata kuliah Writing 1 dalam konteks EFL (English as a Foreign Language). RPS ini disusun berdasarkan pendekatan Outcome-Based Education (OBE) dan mengacu pada capaian pembelajaran lulusan (CPL), capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK), dan bentuk pembelajaran aktif.
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Nama Mata Kuliah: Writing 1
Kode Mata Kuliah: [Diisi oleh institusi]
Semester: 1
SKS: 3
Program Studi: Pendidikan Bahasa Inggris
Dosen Pengampu: [Nama Dosen]
Prasyarat: -
Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis paragraf bahasa Inggris secara koheren dan logis, serta membangun keterampilan menyusun jenis-jenis paragraf dasar (deskriptif, naratif, proses, dan ekspositori).
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang Didukung
| Kode CPL | Deskripsi |
|---|---|
| CPL-P1 | Mampu berkomunikasi secara efektif dan akademik dalam bahasa Inggris. |
| CPL-P2 | Mampu menggunakan pengetahuan kebahasaan dalam konteks EFL. |
| CPL-S1 | Memiliki keterampilan berpikir kritis dan reflektif dalam pembelajaran. |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
| Kode | CPMK |
|---|---|
| CPMK1 | Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan komponen paragraf dalam bahasa Inggris. |
| CPMK2 | Mahasiswa mampu menulis berbagai jenis paragraf dengan kohesi dan koherensi yang baik. |
| CPMK3 | Mahasiswa mampu menggunakan grammar dan tanda baca secara tepat dalam tulisan. |
| CPMK4 | Mahasiswa mampu menyunting dan merevisi tulisan sendiri dan teman sejawat. |
Pemetaan CPL ke CPMK
| CPL | CPMK1 | CPMK2 | CPMK3 | CPMK4 |
|---|---|---|---|---|
| CPL-P1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
| CPL-P2 | ✔ | ✔ | ✔ | |
| CPL-S1 | ✔ | ✔ |
Bahan Kajian dan Strategi Pembelajaran
| Minggu | Materi Pokok | CPMK | Strategi Pembelajaran | Penilaian (Indikator dan Teknik) |
|---|---|---|---|---|
| 1 | Pengantar & Diagnostik Writing | CPMK1 | Ceramah, diskusi awal, asesmen diagnostik | Kuis awal (diagnostik), observasi partisipasi |
| 2 | Struktur dasar paragraf (topic sentence, etc) | CPMK1 | Diskusi, latihan analisis | Tugas latihan menulis struktur paragraf |
| 3 | Unity & Coherence | CPMK1 | Latihan revisi, contoh model | Rubrik tugas: penilaian paragraf |
| 4 | Paragraf Deskriptif | CPMK2 | Latihan menulis, peer review | Penilaian produk tulisan |
| 5 | Paragraf Naratif | CPMK2 | Simulasi urutan peristiwa, menulis | Penugasan paragraf naratif |
| 6 | Grammar dasar untuk menulis | CPMK3 | Latihan grammar kontekstual | Kuis grammar |
| 7 | Review & revisi paragraf naratif | CPMK4 | Peer review, refleksi menulis | Rubrik revisi tulisan teman |
| 8 | Ujian Tengah Semester (UTS) | CPMK1-3 | - | Ujian tulis |
| 9 | Paragraf Proses | CPMK2 | Proyek menulis “how to...” | Penugasan tertulis |
| 10 | Paragraf Ekspositori | CPMK2 | Latihan menulis ide sebab-akibat | Tugas paragraf ekspositori |
| 11 | Transition & cohesive devices | CPMK2 | Latihan integrasi transition | Rubrik kohesi paragraf |
| 12 | Mekanika penulisan (tanda baca, kapitalisasi) | CPMK3 | Editing paragraph, koreksi | Tes editing paragraf |
| 13 | Penyuntingan tulisan akhir | CPMK4 | Workshop revisi mandiri | Rubrik evaluasi self-editing |
| 14 | Kompilasi portofolio menulis | CPMK4 | Penyusunan portofolio | Penilaian portofolio akhir |
| 15 | Presentasi & refleksi menulis | CPMK4 | Presentasi portofolio, diskusi reflektif | Penilaian presentasi & log refleksi |
| 16 | Ujian Akhir Semester (UAS) | CPMK1-4 | - | Ujian tulis (esai dan editing) |
Metode Penilaian dan Bobot
| Komponen | Bobot |
|---|---|
| Partisipasi dan tugas mingguan | 30% |
| UTS | 20% |
| Portofolio akhir | 30% |
| Presentasi & refleksi | 10% |
| UAS | 10% |
Referensi
Utama:
-
Oshima, A. & Hogue, A. (2006). Writing Academic English. Pearson Longman.
-
Zemach, D. & Rumisek, L. (2005). Academic Writing: From Paragraph to Essay. Macmillan.
Pendukung:
-
Boardman, C. A. & Frydenberg, J. (2008). Writing to Communicate. Pearson.
-
Hacker, D. (2006). A Writer’s Reference. Bedford/St. Martin's.

No comments:
Post a Comment