Friday, October 31, 2025

RPS: Bahasa Inggris for Mahasiswa PGSD

 






RPS: Bahasa Inggris for Mahasiswa PGSD

Mata Kuliah: Bahasa Inggris for PGSD
Semester: 1 / 2
SKS: 2
Jenis: Wajib
Prasyarat: Tidak ada
Deskripsi: Memberikan kemampuan bahasa Inggris praktis bagi calon guru SD, meliputi vocabulary, grammar, listening, speaking, reading, writing, dan microteaching.

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu menggunakan kosakata dan grammar dasar untuk konteks kelas SD.
  2. Mahasiswa dapat berkomunikasi efektif dalam bahasa Inggris untuk mengajar.
  3. Mahasiswa mampu membuat dan menyajikan mini lesson untuk anak SD.
  4. Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan mendengar, berbicara, membaca, menulis dalam konteks pendidikan.


Rincian Minggu per Minggu

Minggu

Kosakata (Frayer List)

Model Pembelajaran

Aktivitas / Metode

Penilaian / Assessment

1

Vocabulary, Grammar, Sentence

CTL + TBL

Frayer Model worksheet, flashcards, membuat 3 kalimat, Bingo kosakata

Kehadiran, partisipasi, kalimat tertulis

2

Reading Comprehension, Listening Skills, Speaking Skills

TBL + Cooperative Learning

Mendengarkan paragraf, menjawab pertanyaan, role-play instruksi, diskusi berpasangan

Partisipasi, jawaban lisan dan tertulis

3

Pronunciation, Paragraph, Question

CTL + Microteaching

Latihan pengucapan, membaca paragraf keras-keras, membuat 5 pertanyaan

Latihan pengucapan, pertanyaan tertulis

4

Answer, Classroom Expression, Instruction

Cooperative Learning + TBL

Role-play guru-murid, flashcard matching, menulis 3 instruksi

Partisipasi, kalimat tertulis

5

Activity, Song, Story

PjBL + TBL

Mendengarkan lagu/cerita, menceritakan kembali, Story Building kelompok

Presentasi cerita, partisipasi

6

Game, Reading Aloud, Writing Skills

CTL + Microteaching

Membaca paragraf dengan benar, Vocabulary Hunt, menulis 3 kalimat tentang permainan

Latihan membaca, kalimat tertulis

7

Spelling, Listening Comprehension, Dialogue

TBL + Cooperative Learning

Spelling Bee, mendengarkan dialog, role-play dialog dengan teman

Spelling test, dialog lisan

8

Pronoun, Verb, Noun

CTL + TBL

Membuat kalimat menggunakan pronoun, verb, noun; “Who am I?” game; drill tanya-jawab

Kalimat tertulis, partisipasi lisan

9

Adjective, Classroom Object, Peer

Cooperative Learning + Microteaching

Men-deskripsikan benda/teman, Pictionary, menulis 3 kalimat deskripsi

Kalimat tertulis, presentasi lisan

10

Assessment, Task, Motivation

PjBL + Microteaching

Microteaching mini lesson, presentasi proyek, menulis paragraf refleksi motivasi

Microteaching, tugas proyek, paragraf refleksi

Metode Pembelajaran Singkat

  • CTL (Contextual Teaching and Learning): Mengaitkan materi dengan konteks nyata kelas SD.
  • TBL (Task-Based Learning): Pembelajaran berbasis tugas nyata.
  • PjBL (Project-Based Learning): Mahasiswa membuat proyek materi ajar.
  • Cooperative Learning: Belajar dalam kelompok/pasangan.
  • Microteaching: Simulasi mengajar untuk latihan langsung.


Penilaian / Evaluation

Jenis Penilaian

Persentase

Kehadiran & Partisipasi

10%

Tugas & Latihan Mingguan

20%

Quiz & Ujian Kecil (vocabulary/grammar/listening)

20%

Speaking / Role-Play / Microteaching

25%

Proyek / Mini Lesson / Final Assessment

25%

Referensi

  1. Harmer, J. (2015). The Practice of English Language Teaching.
  2. Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners.
  3. Hornby, A. S. (2015). Oxford Advanced Learner’s Dictionary.


No comments: