RPS: Bahasa Inggris for Mahasiswa PGSD
Mata Kuliah: Bahasa Inggris for PGSD
Semester: 1 / 2
SKS: 2
Jenis: Wajib
Prasyarat: Tidak ada
Deskripsi: Memberikan kemampuan bahasa Inggris praktis bagi calon guru SD, meliputi vocabulary, grammar, listening, speaking, reading, writing, dan microteaching.
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa mampu menggunakan kosakata dan grammar dasar untuk konteks kelas SD.
- Mahasiswa dapat berkomunikasi efektif dalam bahasa Inggris untuk mengajar.
- Mahasiswa mampu membuat dan menyajikan mini lesson untuk anak SD.
- Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan mendengar, berbicara, membaca, menulis dalam konteks pendidikan.
Rincian Minggu per Minggu
Minggu | Kosakata (Frayer List) | Model Pembelajaran | Aktivitas / Metode | Penilaian / Assessment |
1 | Vocabulary, Grammar, Sentence | CTL + TBL | Frayer Model worksheet, flashcards, membuat 3 kalimat, Bingo kosakata | Kehadiran, partisipasi, kalimat tertulis |
2 | Reading Comprehension, Listening Skills, Speaking Skills | TBL + Cooperative Learning | Mendengarkan paragraf, menjawab pertanyaan, role-play instruksi, diskusi berpasangan | Partisipasi, jawaban lisan dan tertulis |
3 | Pronunciation, Paragraph, Question | CTL + Microteaching | Latihan pengucapan, membaca paragraf keras-keras, membuat 5 pertanyaan | Latihan pengucapan, pertanyaan tertulis |
4 | Answer, Classroom Expression, Instruction | Cooperative Learning + TBL | Role-play guru-murid, flashcard matching, menulis 3 instruksi | Partisipasi, kalimat tertulis |
5 | Activity, Song, Story | PjBL + TBL | Mendengarkan lagu/cerita, menceritakan kembali, Story Building kelompok | Presentasi cerita, partisipasi |
6 | Game, Reading Aloud, Writing Skills | CTL + Microteaching | Membaca paragraf dengan benar, Vocabulary Hunt, menulis 3 kalimat tentang permainan | Latihan membaca, kalimat tertulis |
7 | Spelling, Listening Comprehension, Dialogue | TBL + Cooperative Learning | Spelling Bee, mendengarkan dialog, role-play dialog dengan teman | Spelling test, dialog lisan |
8 | Pronoun, Verb, Noun | CTL + TBL | Membuat kalimat menggunakan pronoun, verb, noun; “Who am I?” game; drill tanya-jawab | Kalimat tertulis, partisipasi lisan |
9 | Adjective, Classroom Object, Peer | Cooperative Learning + Microteaching | Men-deskripsikan benda/teman, Pictionary, menulis 3 kalimat deskripsi | Kalimat tertulis, presentasi lisan |
10 | Assessment, Task, Motivation | PjBL + Microteaching | Microteaching mini lesson, presentasi proyek, menulis paragraf refleksi motivasi | Microteaching, tugas proyek, paragraf refleksi |
Metode Pembelajaran Singkat
- CTL (Contextual Teaching and Learning): Mengaitkan materi dengan konteks nyata kelas SD.
- TBL (Task-Based Learning): Pembelajaran berbasis tugas nyata.
- PjBL (Project-Based Learning): Mahasiswa membuat proyek materi ajar.
- Cooperative Learning: Belajar dalam kelompok/pasangan.
- Microteaching: Simulasi mengajar untuk latihan langsung.
Penilaian / Evaluation
Jenis Penilaian | Persentase |
Kehadiran & Partisipasi | 10% |
Tugas & Latihan Mingguan | 20% |
Quiz & Ujian Kecil (vocabulary/grammar/listening) | 20% |
Speaking / Role-Play / Microteaching | 25% |
Proyek / Mini Lesson / Final Assessment | 25% |
Referensi
- Harmer, J. (2015). The Practice of English Language Teaching.
- Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners.
- Hornby, A. S. (2015). Oxford Advanced Learner’s Dictionary.


No comments:
Post a Comment