Saturday, May 8, 2010
rpp bhs ing smp kls 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP / MTs : SMP Negeri 2 Bantarujeg
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / 2
Jenis Teks : Descriptive
Aspek / Skill : Speaking
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
Standar Kompetensi :
10.Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar
10.2 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.
I. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Bertanya dan menjawab tentang binatang peliharaan di sekitar rumah dengan lancar.
b. Menyebutkan ciri-ciri dari salah satu binatang peliharaan.
c. Menggunakan kalimat berbentuk Simple present Tense.
d. Mendeskripsikan salah satu binatang peliharaan.
II. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary yang terkait dengan teks yang berbentuk descriptive. Misalnya: pet, cat, tail, leg, fur, claws, tame,etc.
2. Penggunaan have/has dan to be : is, am, are.
3. Contoh teks descriptive
All right students, today I would like to tell you about a pet.
I have a pet. It is a cat. Its name is “Si Manis.”
It has black and white fur. It has four legs and long tail.
It likes fish, salty fish and milk.
It usually meows when it feels hungry.
III. Metode Pembelajaran/Teknik
a. Tanya jawab
b. Diskusi
c. Triple P ( Presentation, Practice, Product )
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan untuk pertemuan 1 dan 2
Siswa :
1. Merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana kekeluargaan.
2. Merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
b. Kegiatan Inti
Pertemuan 1
Siswa :
1. Bertanya jawab tentang binatang yang ada di sekitar rumah.
2. Menentukan binatang yang termasuk binatang peliharaan.
3. Menyebutkan ciri-ciri dari salah satu binatang peliharaan.
4. Mengklasifikasikan kata-kata berdasarkan jenisnya
5. Mengucapkan kata-kata dengan pronunciation yang benar.
6. Memperhatikan penjelasan guru mengenai fungsi dan pola kalimat Simple Present Tense dan menekankan pada penggunaan have/has, to be : is, am, are.
7. Membuat kalimat sederhana berbentuk Simple Present Tense yang berhubungan dengan teks descriptive.
Pertemuan 2
Siswa :
8. Melakukan Tanya jawab berdasarkan gambar yang ditampilkan.
9. Mendengarkan deskripsi tentang binatang berdasarkan gambar.
10. Menjawab pertanyaan berdasarkan deskripsi yang diberikan oleh guru.
11. Membentuk kelompok beranggotakan 4 (empat) orang.
12. Mengisi lembar kerja tentang hewan peliharaan yang mereka amati dari gambar yang diberikan.
13. Bertanya jawab tentang hewan peliharaan yang mereka amati dengan kelompok yang lain.
14. Mendeskripsikan binatang yang diamati secara lisan di depan kelas.
RPP, KTSP, Kurikulum
c. Kegiatan Penutup untuk pertemuan 1 dan 2
Siswa :
1. Memperhatikan simpulan tentang hal-hal yang telah diajarkan guru.
2. Memberi refleksi/komentar tentang hal-hal yang telah dipelajari baik yang telah dipahami, yang belum dipahami maupun hal-hal yang menyenangkan dan yang tidak
3. Memperhatikan tugas terstruktur yang diberikan guru untuk memantapkan kompetensi berbicara tentang teks descriptive.
4. Memperhatikan harapan-harapan dan nasehat yang disampaikan guru
V. Sumber Belajar
1. Let’s Talk kelas VII
2. Expressive English For Junior High School Grade VII, PT Angkasa Bandung
3. Pictures of animal
4. Laptop dan LCD
5. Power Point
6. Handout
VI. Tugas Terstruktur:
Siswa membuat laporan lisan tentang deskripsi salah satu binatang peliharaan.
VII. Penilaian
Indikator
Penilaian
Tehnik
Bentuk
Instrument
1. Bertanya dan menjawab berbagai informasi secara lisan dalam teks berbentuk descriptive
Lisan
Tanya jawab
Answer the questions based on the pictures given by the teacher.
2. Melakukan monolog pendek dalam bentuk descriptive
Lisan
Performance
Tell about animals based on the picture.
a. Rubrik Penilaian:
Aspek
Uraian
Skor
Fluency
Pronunciation
Accuracy
Content
Expression
- Jika lancar dan tidak ada hambatan
- Jika terdapat maksimal 5 kali jeda
- Jika terdapat lebih dari 5 kali jeda.
- Jika sering kali terputus-putus dan berhenti
-
- Mudah dipahami dan memiliki aksen seperti Received Pronunciation
- Mudah dipahami meskipun seperti aksen tertentu
- Terdapat kesalahan pengucapan sehingga pendengar harus konsentrasi penuh
- Tidak bisa dipahami karena terlalu banyak permasalahan pengucapan
- Jika tidak terdapat kesalahan
- Jika terdapat maksimal 5 kalimat yang salah
- Jika terdapat lebih dari 5 kalimat yang salah
- Jika kalimat yang dihasilkan sama sekali tidak bermakna.
- Jika terdapat keruntutan langkah-langkah
- Jika salah satu langkah yang tidak urut.
- Jika terrdapat dua kesalahan langkah-langkah cara melakukan sesuatu.
- Jika langkah-langkah tidak berurutan semua.
- Jika ekspresi sesuai dengan ungkapan yang disampaikan
- Jika ekspresi kurang sesuai dengan ungkapan
- Jika ekspresi tidak sesuai dengan ungkapan
- Jika tidak ada ekspresi
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
Skor maksimal
a. Bag 1 = 5 x 2 = 10
b. Bagian 2 = 5 x 4 = 20
Nilai siswa = Skor perolehan x 100
Skor maksimal
Bantarujeg, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
……………….. ……………………..
NIP. NIP.
LAMPIRAN
1. Do you have a pet?
2. What kind of pet do you have?
3. What is your pet’s name?
4. What does it looks like?
5. What kind of food does it eat?
6. What does it usually do when it feels hungry?
Kunci Jawaban
1. yes, I do
2. I have a cat
3. My cat is “ Si Manis “
4. It has white and black fur and it has long tail.
5. It usually eats fish, salty fish and milk.
6. It usually meows when it feels hungry.
BAHAN AJAR
SMP / MTs : SMP Negeri 2 Bantarujeg
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII / 1
Jenis Teks : Descriptive
Aspek / Skill : Speaking
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
I. The animals around the house.
1. Bird
2. Cat
3. Dog
4. Fish
5. Monkey
6. Rabbit
7. Hamster
8. Iguana
9. Cock
10. Parrot
II. What pet do you have at home?
III. Find the characteristics of this animal
Gold Fish : 1. .............
2. ............
3. ............
4. ............
5. ............
I. Classify the words above
No
Adjective
Noun
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9
10.
Small
II. Grammar
a. The present form of To Be
Subject
To be
Noun /Adjective/Adv/Verb
I
She
He
It
You
We
They
Am
is
are
happy
b. Simple Present Tense
Look at the example of these sentences!
1. The dog has four legs.
2. Monkeys have long tail.
3. The rabbit likes carrot
4. My cat drinks milk.
5. The bird has two wings.
c.Study this table to know how to use have/has !
Subject
Have/has
Object
I
She
He
It
You
We
They
Have
has
has
has
have
have
have
Gold fish
III. Make the sentences about animals orally
Example : Monkey has a long tail
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment